Review

Profil Reonaldy Gomer Pemeran Copet Enang di Sinetron Preman Pensiun





Pada tayangan sinetron Preman Pensiun 2, Saep (diperankan Icuk Baros) berkomitmen ingin meramaikan khazanah percopetan. Rekan-rekan Saep yakni Ubed dan Dewi memilih pensiun dari profesinya. Begitu pun Juned yang mulai mengurangi aksinya mencomot dompet di angkutan kota (angkot). Untuk mengembangkan usahanya tersebut, Saep akhirnya merekrut tiga orang copet amatiran. Ketiga copet tersebut magang dan di-training oleh Saep.

Ketiga komplotan copet amatir tersebut yakni Arman, Enang, dan Putri. Ketiganya biasa dilatih Saep di Viaduct (jembatan kereta api) daerah Banceuy serta di sebuah jembatan di Stasiun Bandung. Saep melatih mereka untuk mahir dalam mencopet.

Tokoh copet anyar yang sering muncul adalah Arman dan Enang. Sedangkan Putri kadang muncul di beberapa episode Preman Pensiun 2. Ketidakmunculan Putri dikarenakan ia sebelumnya dikenali wajahnya oleh anak Kang Bahar. Hal ini saat Putri dan kedua rekannya tersebut mencopet di Pasar Palasari. Maka, Arman dan Enang yang kemudian kerap menjalankan aksi. Walaupun keduanya sampai beberapa episode beruntun  mengalami kesialan demi kesialan.

Profil Aldy Pemeran Tokoh Copet Enang

Salah satu sosok copet yang kerap muncul di tayangan Preman Pensiun 2 adalah copet Enang. Enang dipasangkan dengan Arman. Keduanya mempunyai ciri khas selalu membawa tas ransel yang diletakkan di depan, untuk menyamarkan pergerakan tangan saat mencopet.

Siapakah pemeran copet Enang? Nama lengkapnya Reonaldy Gomer Pasande. Jejaka yang biasa dipanggil Aldy ini lahir di Bandung, 26 Agustus 1994. Penyuka olaharaga futsal ini dulu menempuh pendidikan SD dan SMP di Kemala Bhayangkari, Bandung. Masa SMA ia tempuh di SMA Taman Siswa, Bandung. Penggemar film komedi ini sekarang sedang menempuh kuliah di Universitas Islam Bandung (Unisba) Jurusan Manajemen, Angkatan 2013.

Keikutsertaanya main di Preman Pensiun 2 setelah ia ikut casting yang diselenggarakan pada Februari 2015 di Hotel Lodaya, Bandung. Penyuka ayam bakar ini kemudian terpilih bersama Aditya Peratama. Aldy mengaku bahwa ia sangat menggemari Preman Pensiun. Saat season 2 tayang, ia termasuk penggemar berat yang kerap berkunjung ke Hotel Sebelas, Jln. Lodaya demi bertemu dengan Kang Komar, Ucup, Ubed, dan pemain lainnya.

Bahkan, pada Preman Pensiun 1 ia pernah diajak untuk menjadi pemain figuran. Makanya, saat ada info casting untuk Preman Pensiun 2, Aldy pun bertekad ikut audisi. Nasib mujur berpihak padanya, ia kemudian dipanggil Kang Dodi untuk ikut main. Aldy yang anak tunggal di keluarganya ini menutukan bahwa ia Preman Pensiun merupakan sinetron pertamanya. Sebelumnya pula, ia tak punya basic akting di depan layar kaca. Keterlibatannya di Preman Pensiun sekarang ini merupakan media baginya untuk berlatih akting secara serius. Ia pun mengaku belajar banyak kepada pemain-pemain yang sebelumnya telah lebih dulu main di Preman Pensiun 1.