Review

Tiga Taman Akan Hadir di Bandung





Upaya Pemkot Bandung untuk menyediakan ruang publik taman terus digenjot. Hal ini selain untuk meningkatkan indeks kebahagiaan warganya, juga untuk memberikan fasilitas yang bisa digunakan warga sebagai sarana edukatif dan rekreatif. Setelah Ramadhan 2015, taman-taman ini rencananya akan dibangun dan mulai digunakan warga Bandung. 

Beberapa taman yang akan digarap oleh Pemkot Bandung, di antaranya:

1. Taman Asia Afrika, Kiaracondong
Taman ini akan didirikan di bekas reruntuhan bangunan di kawasan Kiaracondong, yakni dekat perempatan Jln. Jakarta depan Gang Soma/bekas Cimol. Taman itu berada di lahan kota yang disewa swasta. Taman Asia Afrika ini ditargetkan pada September 2015 (ulang tahun Bandung) sudah bisa digunakan. Selain mencirikan identitas negara-negara peserta Konfrensi Asia Afrika, Taman Asia Afrika memiliki keistimewaan bila dibanding dengan taman tematik lainnya.

Taman ini berfungsi ekologis juga untuk menyerap air, juga untuk edukatif. Sampai saat ini, desain taman yang bakal dibangun di kawasan Kiaracondong ini masih dalam tahap perencanaan tim Wali Kota. Sementara untuk dana, pembangunan Taman Asia Afrika didapat melalui dana hibah.


2. Taman Maluku
Tamana di dekat GOR Saparua ini rencananya akan dijadikan taman terapis (healing garden). Taman ini merupakan ruang terbuka hijau yang cukup tua di Kota Bandung. Walaupun dulu taman ini pernah dicap sebagai tempat mangkalnya kaum waria. Sekarang, Taman Maluku hanya berupa hutan kota yang jarang dikunjungi warga.

Taman ini nantinya akan jadikan taman untuk penyembuhan. Fasilitas yang disediakan diantaranya media terapi batu juga disediakan alat-alat kebugaran untuk penyembuhan penyakit. Taman ini juga akan diusahakan aksestabel untuk kaum difabel.

3. Taman Pers, Jln. Malabar
Taman ini rencanya dibangun di Jalan Malabar. Area RTH yang selama ini sudah ada, nanti akan didesain kembali untuk taman pers. Taman nantinya ini bisa jadi tempat berkumpul wartawan, tempat diskusi, atau mengetik berita. Fasilitas yang akan dibangun antara lain: joglo/saung, toilet portabel, dan tentunya WiFi untuk mendukung para wartawan mengirim berita ke redaksi.