Baros International Animation Festival 2015 Digelar 7 - 10 Oktober 2015





Bagi Anda para penggemar dan pegiat Animasi datanglah ke acara Baros International Animation Festival (BIAF) yang akan digelar bulan Oktober tahun ini. Event ini digelar atas kerja sama Pemerintah Kota Cimahi dengan Cimahi Creative Association (CCA). Helatan seputar dunia animasi ini bakal diselenggarakan pada 7 hingga 10 Oktober 2015 di Area Simply Valore Hotel Baros, Cimahi, Jawa Barat.
BIAF diselenggarakan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan kota Cimahi sebagai pusat pengembanngan industri animasi di Indonesia. Ada enam program yang diselenggarakan di BIAF tahun ini, yaitu BIAF Short Animated Film Festival, Talkshow, Animation Screening, Masterclass, serta Bussiness Meeting dan Exhibition.

Agenda kegiatan yang bakal digelar dalam Baros International Animation Festival 2015, antara lain:

1. BIAF Short Animated Film Award
Ini merupakan ajang penghargaan bagi para kreator tanah air maupun luar negeri yang memiliki karya berpua film animasi pendek. Hingga saat ini, telah terdaftar 132 karya dari 42 negara.

Dari 132 karya tersebut akan diseleksi menjadi 15 nomine yang dibagi ke dalam 3 kategori, yaitu Best Short Animated Film, Best Story, dan Best Picture. Para pemenang penghargaan ini akan diumumkan pada malam penganugerahan pada 10 Oktober 2015.

2. Talkshow Seputar Dunia Animasi
Taklshow bertujuan menambah wawasan tentang tren, karier, tips, maupun film terbaru di dunia animasi. Talkshow yang diselenggarakan oleh beberapa narasumber lokal dan internasional.

3. Animation Screening
Bagi para penikmat film animasi, beberapa film pendek, seperti The Garden of Words, 5 CM Per Second dari Makoto Shinkai, serta film-film dari Eropa, Timur Tengah, dan Asia akan ditayangkan dalam program Animation Screening.

4. Program Masterclass
Merupakan program pelatihan teknis bagi para kreator atau pelajar yang ingin memperdalam ilmunya di bidang animasi. Dalam sesi ini, ada beberapa instruktur dari dalam maupun luar negeri yang akan berbagi ilmu.

5. Business Meeting
Merupakan sebuah program gathering para pebisnis animasi lokal maupun luar negeri. Melalui program ini, mereka bisa membangun relasi dan mencari kesempatan untuk berkolaborasi dalam hal produksi, distribusi, serta financing. Tahun ini, akan ada sesi khusus diskusi bersama Stephane Aldelbert (CEO M&W Singapore).

Stephane akan berbicara mengenai bagaimana memasarkan film animasi Indonesia di regional Asia, bagaimana mencari pendanaan untuk produk animasi, dan apa saja yang harus dipenuhi para perusahaan terkait legalitas produk dan perusahaan.

6. Exhibition
Ini merupakan pameran tempat ajang berkumpul dan Showcase para Stakeholder di bidang animasi, komik, dan games. Pameran ini akan berlangsung selama 4 hari dimulai dari pukul 09.00 hingga 18.00 WIB. Penyelenggara BIAF tahun ini didukung oleh Kementerian Perdagangan.

Selain Kementeriaan Perdagangan, dukungan diberikan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Acara ini juga didukung oleh pihak swasta, salah satunya Djarum Foundation, yang peduli akan pengembangan dunia pendidikan di Indonesia, termasuk animasi. 

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS