Review

Inilah Wajah Kawasan Gedebage, Bandung Beberapa Tahun ke Depan





Gedebage, sebuah kawasan di Bandung Timur yang dulu sepertinya tidak diperhitungkan. Bertahun-tahun kawasan ini lebih dikenal sebagai area persawahan juga tak sedikit yang sebagian menjadi lahan tidur. Maklum saja, daerah yang dekat dengan kawasan Cibiru dan Sapan ini lebih dikenal sebagai daerah yang sering menjadi langganan banjir jika musim penghujan tiba. Lainnya, kawasan Gedebage dikenal sebagai terminal peti kemas, Pasar Induk Gedebage, dan sekarang ini dikenal juga lokasi Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Namun kini, kawasan ini tengah siap menjelma menjadi kawasan terpadu yang mengubah wajah Bandung timur yang serba modern. Kawasan ini mulai dibangun bertahap hingga beberapa tahun ke depan. Di sini bukan hanya perumahan yang akan dibangun, juga akan ada pusat bisnis dan industri kreatif atau creative center, dan juga properti-properti komersial lainnya seperti perumahan, apartemen, hotel, ruko, pusat belanja dan perkantoran, hingga pusat rekreasi. Di kawasan ini pun akan dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya seperti fasilitas pendidikan dan olahraga

Apa saja yang akan hadir di kawasan ini? Berikut ini informasinya:

1. Bandung Technopolis
Pemkot Bandung berencana membangun "Bandung Technopolis" sebuah kawasan atau kota baru yang dikhususkan untuk mewadahi mereka yang pakar dan ingin mengembangkan bisnis di bidang teknologi informasi.  Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan kota baru khusus berbasis IT itu akan dibangun di kawasan Gedebage. Megaproyek dengan lahan sekitar 800 Hektar tersebut akan dijadikan sebagai Central Business District (CBD) berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Menurut Wali Kota, kalau konsep technopolis sudah jadi, perusahaan-perusahaan seperti Google dan Facebook sangat mungkin untuk tinggal berdampingan di lingkungan yang sama. Investor sendiri sudah ada yang berminat seperti dari Arab Saudi, Jepang, Singapura. Konsep technopolis sendiri merupakan sumbangan Bandung untuk meningkatkan perekonomian Indonesia. Kota baru ini diharapkan dapat menumbuhkan geliat investasi di sektor teknologi informasi dan komunikasi.

2. Adanya Danau
Konsep pengembangan kawasan ini sebetulnya telah direncanakan dari dulu yakni disesuaikan dengan konsep untuk mengatasi banjir di Kota Bandung dengan dibangun sebuah danau. Danau ini memiliki nilai lingkungan selain unutk mengatasi banjir juga menjadi bahan baku bair minum dan suplai air di musim kemarau juga sebagai tempat rekreasi masyarakat.

3. Akses Jalan Tol
Akses Jalan Tol Gedebage dari pintu keluar tol Padalarang-Cileunyi di KM149 menuju jalan nasional Soekarno-Hatta serta Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Jalan akses ini direncanakan menjadi bagian jalan tol BIUTR (Bandung Intra Urban Toll Road). Summarecon Bandung memiliki akses ke ruas jalan tol Cipularang maupun ke Jln. Soekarno-Hatta, Bandung. Wilayah Gedebage akan segera terkoneksi dengan akses tol Padaleunyi KM 149. Pada tanggal 10 Juli 2015, telah dilakukan groundbreaking pembangunan akses tol tersebut.

4. Perumahan, Apartemen, dan Pusat Bisnis
Mengawali pengembangan kota baru dengan total lahan seluas 300 hektar tersebut, salah satu pengembang yakni Summarecon akan membangun perumahan terlebih dulu. Dengan menyasar segmen pasar menengah ke atas, rumah-rumah yang dibangun akan ditawarkan dengan harga berkisar antara Rp 1 miliar hingga Rp 2 miliar per unit. Pengembangan rumah di Summarecon Bandung akan terdiri dari 10 klaster, masing-masing klaster sekitar 300 unit. Jadi total rumah yang akan dibangun sebanyak 3.000 unit. Selain perumahan, pengembang juga akan membangun pusat bisnis (central business district atau CBD) di dalam Summarecon Bandung.

5. Stasiun Terpadu
Rencananya di sini bakal ada stasiun kereta cepat Bandung-Jakarta di wilayah tersebut. Proyek kereta cepat ini milik Pemerintah Pusat, bukan Pemkot Bandung. Dari stasiun tersebut, para penumpang kereta cepat bisa menjangkau pusat kota Bandung dengan sarana transportasi lain. Salah satu proyek lain yang menjangkau Gedebage adalah monorel.

6. Masjid Terapung
Pembangunan masjid terapung itu akan dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bandung. Bentuk masjid di atas danau ini nantinya akan menyerupai kuncup bunga lotus, dengan fasad yang memiliki stilasi busur meruncing dengan komposisi fraktal. Masjid ini nantinya bisa menjadi salah satu ikon baru Kota Bandung, yang akan terwujud dalam beberapa tahun mendatang.

- Video masterplan Bandung Technopolis tonton di sini.
- Peta lokasi kawasan Gedebage, Bandung lihat di sini.