Review

Wisata Edukasi Seni-Budaya Tradisional Sunda di ECO Bambu Cipaku





Wisata Bandung bukan hanya urusan hiburan atau belanja. Bagi Anda yang ingin berwisata edukasi mengenal kesenian dan budaya tradional Sunda, tempat ini bisa menjadi pilihan. Terletak di utara Kota Bandung, ECO Bambu menyajikan nuansa tradisional khas Sunda. Di sini, Anda bisa menikmati suasana ala perkampungan dengan saung-saung berbahan bambu. Saung-saung tersebut berukuran luas juga ada beberapa yang cocok buat nongkrong.

Kekhasan di sini adalah dengan biasa digelarnya aneka pementasan tradisional khas Sunda, dari pencak silat, angklung, arumba, kaulinan barudak, jaipongan, dan sebagainya. Di tempat ini pula pusat latihan wushu, barongsay, dan pencak silat. Dengan nuansa alam yang berada di perbukitan, pengunjung akan dibawa pada suasana alam yang nyaman dan asri. ECO Bambu sendiri merupakan bagian dari Hotel Cipaku.

Dimana di sini pun Anda bisa sekalian mengunjungi tempat wisata lain, yakni Kolam Renang Cipaku, Restoran Kemangi, dan area pemancingan. Anda pun bisa jalan-jalan menghirup udara segar di area jogging track yang dipenuhi rimbunnya pepohonan dan gemericik aliran air sungai yang sangat jernih. Aliran sungai tersebut berasal dari mata air yang dikelola oleh Hotel Cipaku.

Nuansa  Tradisional Khas Sunda
Education Cipaku Oase (ECO) Barisan Muda Bandung Utara berada di kawasan Cipaku Indah, Jln. Dr. Setiabudhi/Ledeng Bandung. Arah masuknya persis berada di belokan Kampus UPI.  ECO Bambu Cipaku merupakan salah satu wahana rekreasi yang tidak hanya menyuguhkan beragam hiburan dari kesenian, namun juga memberikan edukasi. Di sini, Anda bisa melihat beragam permainan zaman dahulu atau pembuatan salah satu alat musik tradisional yakni angklung.

Di sini, para pengunjung akan dihibur dan diberikan pembelajaran serta interaksi dengan wahana di ECO Bambu Cipaku selama 3 jam per sesinya. ECO Bambu Cipaku sendiri membuka beberapa sesi dalam setiap harinya. Untuk tiket masuknya pun terjangkau dimana ada menu paketnya juga dimana pengunjung dapat menikmati aneka sajian makanan khas Sunda (nasi liwet kumplit) dan mendapatkan souvenir angklung. ECO Bambu Cipaku yang merupakan bagian dari The Cipaku Garden Hotel ini diproyeksikan akan menjadi salah satu tempat wisata keluarga baik lokal maupun mancanegara.

ECO Bambu Cipaku
Jln. Cipaku Indah XII No. 8
Kelurahan Ledeng, Bandung
(Samping Kolam Renang Cipaku)

Telepon/SMS/WA: 085722700945