Review

Hari Belanja Online Nasional, 10 - 12 Desember 2015 Digelar Diskon Besar-Besaran





Seiring dengan perkembangan teknologi informasi berbasis internet, budaya belanja di Indonesia pun kini mulai beralih lewat layanan online. Dengan kemudahan pembayaran, pengiriman, plus harga yang lebih murah membuat para pembeli di zaman gadget ini lebh memilih belanja lewat layanan e-commerce. Sementara Indonesia memiliki potensi yang luar biasa untuk menjadi negara dengan industri e-commerce terbesar di Asia Tenggara. Hal ini dimana setiap tahunnya terus meningkatnya jumlah pelaku e-commerce juga konsumen belanja online.

Dengan transaksi digital, tradisi jual-beli pun lebih banyak dipangkas dari urusan waktu, tenaga, hingga biaya. Pembeli pun tinggal masuk situs, memilih barang, memasukan barang di chart, dan melakukan pembayaran via online (SMS/internet banking maupun dengan transfer langsung). Malah, tak sedikit situs toko online yang menyediakan layanan cash on delivery (COD) alias bayar di tempat ketika barang sampai.

Hari Belanja Online Nasional 2015
Dilansir dari harbolnas.com, Hari Belanja Online Nasional (HarBolNas) di Tanah Air atau biasa dikenal dengan ‘Cyber Monday‘ atau ‘Black Friday‘ di negara seperti Amerika, Kanada, Inggris, Jerman, dan Jepang. HarBolNas merupakan hari perayaan untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan berbelanja online (daring) dengan aman dan nyaman. Kemeriahan perayaan HarBolNas juga sudah terlihat sejak beberapa waktu lalu hingga hari ini di jejaring sosial.

Hari Belanja Online Nasional (HarBolNas) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh berbagai e-commerce di Indonesia dengan dukungan dari berbagai mitra kerja sama, seperti pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logisitik, hingga media online. Diselenggarakan pertama kali pada tahun 2012 dengan tujuh e-commerce (Lazada, Zalora, BerryBenka, PinkEmma, Bilna, Traveloka, dan Luxola) partisipan awal, Harbolnas menjadi kampanye cyber sale terbesar di Indonesia.

Pada perayaan keduanya tahun 2013, Harbolnas melibatkan 22 e-commerce dan berlanjut pada tahun 2014 dengan 78 e-commerce yang ikut serta berpartisipasi. Setelah sukses menggelar tiga kali hari belanja online nasional di tahun 2012, 2013, dan 2014 di tahun 2015 ini kembali akan digelar Hari Belanja Online Nasional yang akan jatuh pada tanggal 10 - 12 Desember dengan 130 lebih e-commerce yang ikut serta berpartisipasi, itulah sebabnya Hari Belanja Online Nasional ini lebih dikenal juga sebagai hari #1212Sale.

Diskon Besar-Besaran
HarBolNas yang digelar di penghujung tahun selama tiga hari ini diharapkan bisa meningkatkan kenyamanan konsumen berbelanja secara online.  Situs-situs e-commerce akan menarik perhatian calon konsumen yang merupakan pengguna internet untuk memanfaatkan belanja dengan penawaran harga miring dari Kamis - Sabtu, 10 - 12 Desember 2015. Pada Harbolnas, diprediksi terjadi peningkatan traffic internet 8 - 10 kali lipat. Sementara di mancanegara, kebiasaan perayaan diskon belanja online beesar-besaran sudah biasa dikemas dengan sebutan Cyber Monday dimulai pukul 00.00.

Bagi pelaku usaha online ini kesempatan promosi toko online-nya masing-masing. Adpaun bagi konsumen merupakan kesempatan mendapatkan barang super murah yang ditawarkan situs-situs toko online. Sejumlah pelaku industri yang terlibat antara lain Zalora, Berrybenka, PinkEmma, Bilna, Traveloka, Luxola, Bukalapak, Blibli, MatahariMall, Lazada, Cantik, Happy Fresh, dan lainnya.