Review

Kebun Binatang Bandung, Wisata Pendidikan dan Hiburan di Musim Liburan





Pada  momen  libur panjang di ujung tahun 2015 ini,  tidak  hanya objek-objek wisata baru dan modern yang menjadi buruan wisatawan. Objek wisata klasik seperti Kabun Binatang Bandung di Jln. Tamansari  pun ternyata tetap menjadi favorit warga Bandung dan  sekitarnya untuk memanfaatkan waktu luang bersama keluarga. Bagi sebagian warga, Kebun Binatang Bandung menjadi wisata alternatif yang murah meriah. Selain bisa melihat aneka satwa, pengunjung pun bisa bersantai di bawah pohon atau botram (makan bersama) dengan beralaskan samak (tikar) sewa atau bawa sendiri. Tempat ini pun cocok buat keluarga sambil membawa si buah hati; mengenalkan dunia satwa secara langsung pada mereka.

Pengunjung Membeludak
Bahkan  menurut seorang pegawai KBB, Sabtu (26/12/2015),  pengunjung   sudah  mulai  datang  secara bergelombang   sejak   Kamis (24/12/2015).   Jumlah  pengunjung  semakin  banyak  pada   Sabtu (26/12/2015),  diperkirakan sekitar 5.000 lebih  pengunjung  yang datang ke KBB, sementara pada hari biasa jumlahnya di bawah 1.000 orang.

Mengingat  masa  liburan anak sekolah masih  panjang,  pihak  KBB optimistis  jumlah pengunjung akan terus membengkak dan  menyamai atau bahkan melebihi jumlah kunjungan tahun lalu pada masa  liburan tahun baru yang mencapai 20 ribu wisatawan hanya dalam  satu hari.

Kebun  Binatang Bandung yang didirikan pada tahun 1930 oleh  Bandung  Zoological Park (BZP), memang sangat cocok  sebagai  tempat wisata  edukatif bagi anak-anak. Wisatawan bisa mengenalkan buah hatinya  dengan koleksi 900 satwa dari 200 spesies koleksi  kebun binatang yang dulu bernama Derenten (dari bahasa Belanda,  "dierentuin" yang berarti kebun binatang) ini.

Masih Menjadi Objek Wisata Favorit
Selain  itu, rindangnya kawasan wisata ini dengan pepohonan  membuat banyak pengunjung betah untuk bercengkerama bersama keluarga sambil  menggelar  tikar  dan makan-makan. Di  antara  spot  yang menarik  minat pengunjung adalah area menunggangi gajah dan  berperahu di danau kebun binatang. Mereka  rela antre untuk mendapat giliran merasakan  sensasi  menaiki  punggung  binatang berbelalai panjang  itu  atau mengitari danau dengan perahu berbentuk binatang.

Selain  sebagai tujuan utama kunjungan, ada juga yang  menjadikan Kebun  Binatang Bandung sebagai tempat wisata  alternatif  karena tidak bisa mencapai objek wisata lainnya di Lembang yang  tersumbat kemacetan panjang. Tak tahan dengan kepadatan di Jln.  Setiabudhi (Ledeng)  dan jalur alternatif Punclut, akhirnya sebagian  wisatawan mengalihkan kendaraannya ke Jl. Tamansari untuk mengunjungi kebun binatang.

Kebun Binatang Bandung
Jl. Kebun Binatang No.6, Coblong, Kota Bandung
Jam buka: pukul 07.00 - 18.00
Tiket masuk: Rp. 20.000
Telepon: (022) 2502770
Twitter: @derentenbdg

Lihat juga:
- Video Kebun Binatang Bandung tonton di sini.