Review

Wisata Alam Pegunungan di Terminal Wisata Grafika, Cikole, Lembang




Grafika Cikole Lembang

Kawasan wanawisata ini sudah populer di kalangan wisatawan, terutama bagi yang menuju tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu. Jika menuju Tangkuban Perahu, letaknya di sebelah kiri. Dengan konsep one stop service alias segala ada, tempat wisata ini sangat cocok buat wisata di Bandung. Berada di atas lahan seluas 9 hektare, tepat di kaki gunung Tangkuban Perahu dengan ketinggian 1400 meter dpl, udara sejuk bersuhu 20 derajat celcius langsung terasa. Bagi urang Bandung sendiri, kawasan Cikole ini dikenal sebagai tempat camping favorit.

Menikmati Kesejukan Alam Bandung Utara
Bagi Anda yang ingin merasakan dinginnya kesejukan ala Bandung, di Grafika Cikole ini Anda bisa jalan-jalan di tengah hutan pinus plus menikmati aneka fasilitas yang ada di sana. Tempat ini cocok menjadi tujuan wisata Anda untuk menyelenggarakan aktivitas luar ruangan bagi perusahaan, instansi, sekolah dan sebagai tempat wisata keluarga. Kawasan Terminal Wisata Grafika Cikole sendiri berada di bawah Grafika Group yang bergerak dalam bidang restoran, hotel, wisata outbond, catering, percetakan, dan education consultant.

Didirikan pada 2006, tempat wisata ini awalnya mengusung konsep rest area, dimana tempat istirahat para wisatawan dari Tangkuban Parahu maupun pengendara dari dan menuju Subang. Seiring semakin dikenalnya oleh para wisatawan, kawasan ini lalu berkembang menjadi Terminal Wisata Grafika Cikole. Kini, para tempat wisata di Lembang ini melengkapi aneka fasilitas, antara lain adanya fasilitas outbound, penginapan, sentra souvenir, dan restoran. Tempat ini pun sekarang dikenal sebagai wahana kegiatan di alam terbuka. Kegiatan kantor, gathering, acara keluarga, hingga kegiatan anak-anak sekolah biasa digelar di kawasan wisata populer di Lembang ini.

Fasilitas Terminal Wisata Grafika Cikole
Di sini Anda bisa menikmati fasilitas outbond, dimana ada flying fox, jembatan tali dua, jembatan borma, turun tebing, jaring laba-laba, jembatan Elvis, wisata naik kuda, ATV, wisata rumah pohon, kebun strawberry. Untuk penginapan tersedia kamar hotel, pondok wisata, rumah panggung dan area berkemah. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan kuliner tersedia masakan tradisional sunda, seafood, paket menu, dan ditunjang dengan Saung Lesehan, Restoran Sangkuriang, Restoran Sunda, Aula Bambu dan Aula Hutan. Terminal Wisata Grafika Cikole dilengkapi fasilitas pendukung area parkir kendaraan, musholla dan minimarket dengan keamanan 24 jam.

1. Pondok Wisata
Penginapan Pondok Wisata ini berada di atas bukit, di hamparan  rumput yang terletak disela pepohonan pinus dengan udara sejuk dan terdapat di kaki gunung Tangkuban Perahu. Pondok Wisata di Lembang ini menawarkan atmosfer rumah pedesaan dengan interior dan eksterior yang terbuat dari kayu. Pondok Wisata dibangun dengan konsep selaras dengan alam sekitarnya.

Dengan harga Rp.800.000,-/malam (Belum Termasuk Pajak 15% dan service charge) sudah termasuk sarapan pagi. Kapasitas 6 orang untuk tiap pondok. Kamar mandi cukup bersih dengan kloset duduk dan pancuran air panas sehingga tamu akan merasa nyaman untuk menginap di dalam pondok wisata.

2. Restoran
Di sini, ada restoran Sunda Buana untuk wisata rombongan minimal 20 orang. Di sini tersedia aneka menu khas sunda. Restoran ini mampu menampung 200 orang dan dilengkapi live music, 16 toilet, musholla, dan area parkir yang dapat menampung 24 bis wisata.

Jika pengunjung ingin makan di tengah rimbunnya pepohonan pinus, bisa mencobanya di Pendopo Hutan yang berada di alam terbuka di kawasan hutan pinus di atas bukit. Pendopo Hutan merupakan fasilitas yang disediakan bagi tamu pondok wisata dengan kapasitas mencapai 100 orang. Lalu ada juga Aula Bambu yang ditujukan bagi wisatawan rombongan dengan kapasitas 600 orang.

Mau makan ala lesehan? Di Terminal Wisata Grafika ada Saung Lesehan dengan konsep menyerupai saung di persawahan. Lantai saung lesehan menggunakan kayu dengan pagar setinggi betis dan beratap rumbia. Tempat makan ini cocok bagi pengunjung perorangan maupun keluarga. Saung Lesehan ini ada 18 bangunan berukuran kecil dan besar. Adapun saung kecil berkapasitas 4 orang dan saung besar dapat memuat 20 orang.

3. Sentra Souvenir
Anda ingin membelik aneka souvenir dengan harga bersahabat? Anda bisa membeli oleh-oleh khas Bandung dan Jawa Barat di toko souvenir ini. Di sini, tersedia aneka makanan oleh-oleh khas bandung, gantungan kunci, aneka kerajinan dari bambu, kaos khas Bandung, souvenir keramik, hingga souvenir wayang golek. 

Terminal Wisata Grafika Cikole
Jln Raya Tangkuban Perahu km 8
Desa Cikole, Kec. Lembang
Kab. Bandung Barat
[Lihat peta lokasi]

Informasi dan kontak:
Telp. (022) 8278 2441
Fax. (022) 8278 05 05
PIN BB:
- 74D33BD2
- 2B5D6DBF
Mobile phone :
- 081 322 500 284
- 0817 426 244
Email :
info@ grafikacikole.com

Video Terminal Wisata Grafika, Cikole tonton di sini.