Review

Nikmati Sejuknya Pegunungan Bandung Timur di Curug Cilengkrang




Curug Cilengkrang Gunung Manglayang Kab Bandung

Gunung Manglayang salah satu tetengger alam yang memagari kawasan Bandung timur menyimpan aneka potensi wisata. Gunung kadang juga dijadikan tempat pendakian para pecinta alam. Gunung yang ketinggiannya sekitar 1818 mdpl mempunyai pemandangan indah. Kawasan wisata di sekitar gunung ini pun sudah mulai banyak dikenal para penghobi wana wisata. Titik-titik wisata di sekitaran Manglayang bisa ditempuh dari berbagai rute, bisa dari Ujungberung, Cilengkrang, Cinunuk (SMPN 1 Cileunyi), Ciguruwik, Cileunyi (Villa Bandung Indah dan Jln. Pesantren Al-Jawami/Manjah Beureum), atau akses dari Bumi Perkemahan Kiara Payung (Jatinangor).

Di sini ada wisata Batu Kuda,  Bumi Perkemahan Oray Tapa, Bukit Palintang, dan Curug Cilengkrang. Kesejukan alam di sini sangat terasa dengan hadirnya pohon-pohon pinus dan kopi. Batu Kuda merupakan tempat wisata pegunungan yang banyak ditumbuhi pohon pinus dan terdapat batu berbentuk kuda. Untuk nama tempat wisata yang terakhir, Curug Cilengkrang, tempat ini kini menjadi spot wisata yang banyak menarik kunjungan wisata, terutama anak-anak muda Bandung. Desa Cilengkrang pun masih bisa ditemui hewan-hewan mamalia seperti lutung dan monyet yang sering terlihat di tebing-tebing sepanjang jalur.

Curug yang dibuka pada 2011 ini memang tidak terlalu tinggi. Di sini, selain mencoba sensasi kejernihan dan dinginnya air terjun pegunungan juga sebagai spot menarik untuk berfoto-foto ria. Di area Curug Cilengkrang pun tersedia area perkemahan dan warung-warung. Lokasi di sekitar lokasi pun cocok bagi yang ingin menghirup udara segar sambil berolahraga. Namun, untuk ke tempat ini lebih baik pagi-pagi sekali untuk bisa menghirup segarnya udara di kawasan Gunung Manglayang. Dan untuk pulang kembali ke arah bawah sebaiknya jangan terlalu sore.

Rangkaian Air Terjun di Sekitar Curug Cilengkrang
Berada di sebelah timur Kota Bandung, Curug Cilengkrang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Unit 3 Bandung Utara dan masyarakat setempat. Curug Cilengkrang merupakan bagian dari aliran Sungai Cihampelas. Selain Curug Cilengkrang, di sini ada air terjun lainnya di antaranya: Curug Panganten yang menyerupai kursi pelaminan; Curug Papak dengan formasi batuan yang datar dimana permukaannya rata; Curug Batu Peti di samping curug ini terdapat bongkahan lava yang mana dua sisinya rata menyerupai peti yang tertutup.  Sementara air terjun lainnya ada Curug Kacapi, Curug Dampit dan Curug Leknan. Jadi, saat perjalanan ke Curug Cilengkrang kita akan mendapat "bonus" curug-curug lain yang letaknya berdekatan.

Curug Cilengkrang berlokasi di Desa Cilengkrang, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung (kurang lebih 10 km dari Kota Bandung). Untuk ke lokasi wisata alam ini, bisa melalui A. H Nasution di Km 12 sebelah timur Alun-alun Ujungberung.  Ambil ke Jln. Cilengkrang I dan dari ujung jalan harus menempuh jalan menanjak sekitar 10 kilometer. Dari gerbang masuk, jarak ke curug sekitar 2 Km. Perjalanan ke sini bisa menggunakan mobil, motor, atau ngagowes pakai sepeda. Dari Jalan AH Nasution bisa juga menggunakan jasa ojek. Tiket masuk perorangan Rp5000, bawa motor Rp12.000, dan tiket parkir motor Rp.2000 (harga tiket masuk bisa berubah sewaktu-waktu).