Review

Lakeside Glamping Rancabali Sajikan Pinisi Resto dan Kemah Eksklusif di Situ Patenggang




Restoran perahu Pinisi di Situ Patenggang Ciwidey

Wisata Ciwidey terus dieksplorasi oleh para pelaku usaha wisata. Ciwidey yang menyuguhkan panorama alam sebagai daya tarik objek wisatanya, kini semakin digarap dengan tidak hanya menyajikan panorama alam "apa adanya" alias tanpa sentuhan manusia. Inilah yang menyangkut urusan fasilitas yang semakin memanjakan para wisatawan yang melancong ke Ciwidey. Konsep unik sekarang ini mulai banyak disajikan oleh para pengelola wisata.

Dan hasilnya, tempat wisata yang dikelola dengan sarana dan prasarana lebih baik mampu menjadikan Ciwidey lebih ngehits. Tentunya disamping kelemahan lain akan objek wisata Ciwidey yakni urusan akses alias jalan raya yang kiranya perlu lebih diperhatikan oleh pihak Pemerintah Kabupaten Bandung. Ya, di sisi lain para pengelola wisata terus berlomba mempercantik objek wisata Ciwidey tapi di lain pihak akses jalan raya ke Ciwidey masih kerap membikin wisatawan kurang nyaman kalau sudah macet dan kondisi jalan yang terbilang sempit.

Menyaksikan Pesona Situ Patenggang dari Atas Perahu
Namun di balik itu semua, Ciwidey tetaplah primadona tempat kunjungan wisatawan di Bandung Selatan. Sajian hamparan perkebunan teh Rancabali, Kawah Putih, Kampung Cai, pemandian air panas Ciwalini, Curug Tilu, Barusen Hills, Kawah Rengganis, dan Situ Patenggang tetap jadi magnet wisata tersendiri.

Dan salah satu lokasi wisata yang kini trending adalah lokasi wisata Lakeside Glamping Rancabali. Lokasinya persis di pinggir Situ Patenggang (Patengan). Ciri khasnya adalah fasilitas tempat makan berbentuk perahu pinisi dan tempat berkemah ekslusif di area Situ Patenggang. Selama ini Situ Patenggang menjadi tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi.

Selain menyajikan pemandangan keindahan alam, di sini pun ada fasilitas naik perahu, kuliner khas Ciwidey aneka tempat souvenir, atau berkunjung ke Batu Cinta yang ada di pulau di tengah-tengah danau yang memiliki luas sekitar 45.000 hektare ini. Situ Patenggang sendiri adalah bagian dari cagar alam dan pada tahun 1981 dilakukan pengembangan hingga akhirnya lebih dikenal sebagai taman wisata alam. Saat ini, Situ Patenggang Ciwidey dikelola oleh PTPN VIII.

Sebetulnya, tempat ini merupakan Glamour Camping edisi dua yang dibuat Glamping Legok Kondang. Glamping Legok Kondang sendiri sudah lama berdiri di tempat yang masih dekat ke Patenggang, yakni di Jl. Kurunangan (Jalan Raya Ciwidey - Kawah Putih) Lebakmuncang, Ciwidey. Adapun cabang dari Glamping Legok Kondang yang ada di area Situ Patenggang ini baru soft opening pada Kamis, 7 Juli 2016. Walaupun masih terbilang baru, lokasi wisata ini sudah mampu menyedot perhatian para wisatawan yang berkunjung ke Ciwidey.

Pintu masuk tempat wisata baru ini berada di sebelum pintu masuk Situ Patenggang (sebelah kanan). Untuk area parkir terbilang luas. Sementara sajian utama yang menarik perhatian wisatawan adalah bisa melihat panorama Situ Patenggang dari atas perahu yang juga merupakan restoran. Keindahan dan kesejukan Situ Patenggang bisa Anda rasakan dengan memandang luas danau yang ada di area perkebunan teh tersebut. Selain itu, tempat ini pun menyediakan area camping yang memang sudah jadi ciri layanan dari Glamping Legok Kondang.

Untuk masuk ke Lakeside Glamping Rancabali, pengunjung hanya dikenakan tarif masuk Rp20.000. Sementara jika akan masuk ke perahu pinisi dikenakan deposit jaminan magnetic card seharga Rp10.000 yang bisa diambil kembali jika sudah selesai beraktivitas/makan di perahu pinisi. Selama berada di perahu ini, pengunjung bisa memilih aneka menu makanan dengan harga bervariasi.

Spot di haluan kapal adalah tempat favorit pengunjung untuk memandang luas area Situ Patenggang dan tentunya sangat cocok buat berfoto-foto. Untuk jam operasional dari pagi hingga pukul tujuh malam. Dan pada malam hari, kemewahan pinisi resto ini semakin indah dengan hadirnya lampu-lampu yang menghiasa perahu kayu tersebut.

Menginap di Tenda Eksklusif dekat Situ Patenggang
Bagi yang ingin menghabiskan waktu menginap di dekat Situ Patenggang, Lakeside Glamping Rancabali menyediakan aneka tenda eksklusif. Untuk tarfinya Rp1,8 juta per malam/4 orang (berlaku hingga 30 Agustus 2016). Bagi Anda yang penasaran ingin ke sini dan tanya-tanya seputar fasilitas, rate, atau reservasi, silakan hubungi 0821-8002-8888 (hanya WhatsApp) atau 0812-2161-8888. Untuk melihat foto-foto di Lakeside Glamping Rancabali, kunjungi akun Instagram @lakeside_glamping. Wilujeng liburan!

Video Lakeside Glamping Rancabali tonton di sini.