Review

Bandung Light Fest Bakal Digelar pada Minggu, 9 Oktober 2016




Bandung Light Fest 2016

Pada bulan September dan Oktober 2016, Kota Bandung terus berdenyut dengan beragam ajang keramaian yang melibatkan ribuan pengunjung. Maka, bagi Anda yang ingin berwisata ke Bandung jangan lewatkan beberapa momen yang penuh keramaian di Kota Bandung. Untuk bulan September, Bandung menjadi salah satu kota yang menggelar aneka cabang olahraga PON XIX/2016 Jawa Barat. Gelaran olahraga nasional ini dimulai dari pertengahan hingga akhir September 2016. Selain menyajikan aneka pertandingan, PON XIX pun menyajikan event-event dari bazaar hingga lomba-lomba.

Selain kegiatan PON XIX, pada September 2016 pun Kota Bandung milangkala (ulang tahun) yang ke-206, tepatnya pada 25 September 2016. Aneka event pun digelar hingga akhir 2016. Salah satu event yang dari tahun kemarin menyedot perhatian wisatawan dan warga Bandung adalah gelaran Bandung Light Fest. Jangan lewatkan kemeriahan arak-araka yang digelar di beberapa jalur jalan di pusat Kota Bandung ini, terutama bagi Anda yang senang memotret.

Bertema Luar Angkasa
Bandung Light Fest merupakan arak-arakan di malam hari yang menyajikan aneka hiasan bercahaya dari lampu LED. Hiasan cahaya itu digunakan di mobil-mobil, sepeda, hingga kostum para peserta. Kegiatan festival bertabur cahaya ini akan diselenggarakan pada hari Minggu malam tanggal 9 Oktober 2016. Event ini merupakan puncak acara milangkala Kota Bandung ke-206. Seperti tahun-tahun sebelumnya acara tersebut akan dimeriahkan oleh pawai kendaraan lampu hias.

Adapun tema yang diangkat pada Bandung Light Fest tahun ini "Robot and Galactica", dimana peserta diwajibkan mengenakan kostum bertema robot dan luar angkasa.  Untuk itu, setiap peserta harus menggunkan lampu LED dan tidak membawa keluarga yang tidak mengenakan pakaian luar angkasa. Selain itu, peserta pun harus memperhatikan kondisi lampu LED yang dipakai agar aman jika pas pelaksanaan turun hujan. Untuk kendaraan yang hias yang digunakan yakni mobil pickup, mobil engkel, mobil truk, atau sejenisnya.

Rute Bandung Light Fest 2016
Adapun untuk rute arak-arakan bertema cahaya ini rencananya dimulai Jln. Diponegoro - Jln. Trunojoyo - Jln.Sultan Agung - Jln. Ir H Juanda (Dago) - Jln. Merdeka - Jln. Lembong - Jln.  Tamblong, dan berakhir di Jln. Asia Afrka. Para peserta pawai kendaraan hias ini akan menampilkan performa terbaik dan ide yang kreatif. Peserta yang terbaik akan mendapatkan piala Wali Kota dan hadiah utama.

Untuk peserta kendaraan hias diikuti komunitas, masyarakat umum, perusahaan-perusahaan, kecamatan, dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintahan Kota Bandung. Puncak rangkaian acara HUT ke-206 Kota Bandung tersebut  ditargetkan sekitar lebih dari 50 kendaraan hias akan ikut serta.

Sementara pada event Bandung Light Fest 2015 lalu (Hari Jadi Kota Bandung ke-205), dimeriahkan sekitar 70 kendaraan, yang berasal dari SKPD Kota Bandung, perusahaan dan seluruh Kecamatan di Kota Bandung. Waktu itu, kegiatan tersebut dimeriahkan oleh pawai kendaran hias, acara light fest, hiburan musik, dan lainnya. Adapun tema kegiatan Bandung Light Fest pada tahun kemarin tentang fauna.

Rangkaian Acara Bandung Light Fest 2016
Adapun rangkaian acara Bandung Light Fest 2016 adalah sebagai berikut:
- pukul 14.00-16.00: Daftar ulang peserta kendaraan hias mulai penjurian.
- pukul 16.00-17.00: Mulai mengkurasi urutan parade kendaraan hias
- pukul 17.00-18.45: Persiapan meninjau kembali urutan parade
- pukul 18.45-19.30: Start parade kendaraan hias menuju Jl. Asia Afrika
- pukul 18.30-18.35: MC Opening
: pukul 18.35 -18.50: Tari Merak penyambutan rangkaian parade
- pukul 18.50-19.00: Serah terima logo stunning Bandung
- pukul 19.00-19.10: Penyerahan Penghargaan Logo Milangkala Festivals
- pukul 19.10-19.30: Marching Band Obor Juglingt Urban Jedi
- pukul 19.30-19.40: Kasatlantas Polrestabes Bandung membuka Parade Kendaraan
- pukul 19.40-24.00: Main Stage DJ Performance dan Launching Bandros Terbaru penutup pawai dan closing acara.

*Acara dan jadwal jam bisa berubah sewaktu-waktu

Info lainnya seputar event dalam rangka milangkala Bandung ke-206 lihat di sini.