Review

Paguyuban Bandung Motret Gelar Pameran Foto Landscape "Hidden Paradise"




Paguyuban Bandung Motret PMB

Paguyuban Bandung Motret (PBM) Landscape merupakan suatu wadah bagi orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama di bidang fotografi dengan latar belakang yang berbeda. Pembentukan PBM Landscape sebagai salah satu komunitas yang berbentuk group sharing di media sosial Facebook tidak lepas dari kesamaan hobi memotret pemandangan alam dari masing-masing anggotanya.

Kolaborasi dengan Komunitas Foto Lain
Dari rilis yang diterima wisatabdg.com, dalam perjalanannya anggota PBM Landscape semakin bertambah, dan kegiatan yang dilakukan pun semakin bervariasi, tidak hanya sekadar sharing karya di Facebook, tetapi juga menjalin kerja sama dengan komunitas foto lain dan aktif dalam setiap event yang digelar, baik oleh instansi formal maupun komunitas sosial media.

Pada tanggal 11-12 Juni 2016, PBM Landscape mengikuti event Braga Ramadhan Inspiration yang diinisiasi oleh Braga Citywalk dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, dengan mengisi salah satu area stand pameran di Braga City Walk.

Dalam event tersebut PBM Landscape menggelar pameran sederhana karya foto pemandangan dari anggotanya. Gelar karya yang mengambil tema “Air” tersebut, meskipun sederhana penyajiannya tetapi dianggap sukses menarik animo masyarakat.

Dari gelar karya sederhana tersebut kemudian muncul sebuah ide untuk menggelar sebuah event pameran foto yang lebih representatif. Di Kota Bandung sendiri, dengan atmosfer fotografi yang begitu kental, belum pernah diadakan suatu pameran foto yang khusus bertema landscape/pemandangan.

Pameran Foto Landscape
Maka kemudian tercetuslah ide untuk menggelar, tidak hanya merupakan pameran foto landscape yang pertama kali diadakan di Kota Bandung, tetapi juga sebuah rangkaian acara yang berkaitan dengan fotografi pemandangan. Di antaranya akan digelar juga workshop dan seminar tentang fotografi landscape selama berlangsungnya pameran tersebut.

Jumlah foto yang masuk untuk dikurasi sebanyak 250 foto dari 62 fotografer yang akhirnya tersaring jadi 89 foto dari 57 fotografer.  Adapun kegiatan yang digelar adalah Workshop Dasar Landscape Photography untuk mahasiswa 24 September 2016; pameran mini dalam rangka Soreang Festival di Gedung Sabilulungan, Kab. Bandung 23–25 September 2016; dan peduli bencana berupa donasi untuk korban bencana alam di Garut, yang telah diserahkan pada tanggal 24 September 2016 di Posko Fotografer Peduli Bencana Garut.

Pameran Foto Landscape “Hidden Paradise” sendiri akan diselenggarakan pada tanggal 3–10 Oktober 2016 di Braga City Walk Bandung. Sedangkan lomba foto “Bandung in Golden Time” akan diselenggarakan tanggal 3–9 Oktober 2016. Pemenang dari lomba foto akan langsung diumumkan pada tanggal 10 Oktober 2016 di Braga City Walk.