Inilah Lokasi-Lokasi Perayaan Malam Tahun Baru di Bandung




Lokasi-Lokasi malam perayaan tahun baru 2017 di Bandung

Anda bisa memilih merayakan malam tahun baru di hotel, tempat kuliner, dan tempat terbuka. Untuk ke tempat-tempat berikut, harap memperhatikan waktu menyambangi lokasi karena semakin malam akan penuh oleh lautan manusia. Begitu pula akses kendaraan ke tempat-tempat keramaian akan tersendat.

Beberapa lokasi terbuka yang bisa jadi titik kumpul massa dan pesta kembang api saat perayaan malam tahun baru di Bandung. Untuk perayaan tahun baru 2017 di Bandung dipusatkan di Jln. Asia Afrika. Di area ini akan digelar car free night, pertunjukan budaya tradisional dan modern,  food truck, hingga pertunjukan kembang api.

Acara doa bersama biasa dipusatkan di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat atau di Alun-alun Kota Bandung mulai pukul 19.00 WIB. Kegiatan serupa digelar di setiap masjid dan tempat-tempat ibadah lain di setiap kecamatan di Kota Bandung.

Sementara pesta rakyat di sepanjang Jalan Asia Afrika, rencananya biasa digelar mulai pukul 21.00 WIB. Ruas Jalan Asia Afrika akan ditutup dari kendaraan bermotor hingga keesokan paginya. Jalan Asia Afrika biasa ditutup pada tanggal 31 Desember sejak pukul 18.00 WIB dan dibuka kembali Minggu, 1 Januari tahun berikutnya.

Imbauan kepolisian
Biasanya ada 5 titik yang jadi prioritas pihak kepolisian, di antaranya Jalan Merdeka, Jembatan Pasupati, Alun-alun Bandung, Alun-alun Ujungberung, dan Gasibu. Pihak kepolisian mengimmbau kepada masyarakat ikut menyambut pergantian tahun, khususnya di Jembatan Pasupati, untuk tidak sampai memakirkan kendraan di sepanjang jembatan penghubung Pasteur dan Gasibu. Diimbau pula masyarakat untuk membubarkan diri setelah pukul 01.00 WIB.

Lebih lengkap, berikut ini beberapa tempat untuk perayaan malam tahun baru di Bandung, di antaranya:

Kota Bandung
a. Lapangan Gasibu, depan Gedung Sate
b. Kawasan Dago
c. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju) di Jln. Dipatiukur seberang Unpad
d. Kawasan Alun-Alun (Taman Alun-Alun Bandung dan Cikapundung River Spot)
e. Lapangan Tegallega
f. Flyover Antapani
g. Taman Alun-Alun Ujungberung
h. Jalan Braga
i. Taman-Taman (Taman Jomblo, Taman Musik, Taman Balai Kota, Taman Film, dsb.)

Kabupaten Bandung
a. Biasa dipusatkan di area Kompleks Pemkab Bandung (Bale Rame Jln. Al Fathu, area Gedong Sabilulungan, dan sekitarnya).
b. Kawasan wisata Ciwidey: Kawah Putih, Pemandian Air Panas Cimanggu, Ciwalini, Bumi Perkemahan Rancaupas, Situ Patenggang, dan beberapa di rumah makan dan tempat wisata lainnya di Ciwidey.
c. Alun-Alun Ciparay
d. Lokasi lainnya: Cimenyan (Caringin Tilu/Bukit Moko/Puncak Bintang), Cileunyi, Cicalengka, Pangalengan, dsb.

Kabupaten Bandung Barat
a. Alun-Alun Lembang
b. Beberapa kawasan wisata di daerah Lembang

Cimahi
Biasa digelar di Alun-Alun Cimahi

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS