Review

Wisata Alam Gunung Putri Lembang yang Makin Ngehits




Wisata Gunung Putri Lembang

Inilah tempat wanawisat yang kian hari kian digemari para petualang alam. Namanya semakin ngehits seiring mulai populernya unggahan wisata Gunung Putri di media sosial. Tempat wisata yang selain menyajikan suasana dan pemandangan alam di ketinggian ini juga aksesnya terbilang lumayan mudah dijangkau. Untuk sampai ke titik tertinggi tak perlu ekstra tenaga, dimana untuk mencapai puncaknya hanya diperlukan lama perjalanan kurang dari setengah jam.

Maka tak heran dimana tidak sedikit kaum muda yang datang ke tempat ini touring menggunakan motor atau ada juga yang sengaja menggunakan motor trail (offroad) menerabas perbukitan. Untuk jalur offroad sendiri terpisah dengan area kemping sehingga tidak akan mengganggu pengunjung lain. Selain rute offroad motor trail, tak jarang di kawasan ini pun jadi tempat gathering offroaders kendaraan roda empat.

Sajian Wisata Alam Gunung Putri
Gunung Putri atau yang dikenal dengan Geger Bintang Matahari memiliki ketinggian 1.587 mdpl. Seiring dengan semakin ngehitsnya tempat ini, kini wanawisata Gunung Putri dikelola secara profesional oleh dikelola Perum Perhutani RPH Lembang. Pihak Perum Perhutani bekerja sama dengan Karang Taruna setempat untuk pengelolaan dan penjagaan wanawisata Gunung Putri.

Tempat wisata ini cocok buat berkemah dan menjadi area pandang untuk melihat Bandung dari ketinggian. Di titik tertinggi di Gunung Putri, pengunjung bisa melihat Gunung Bukit Tunggul yang menjulang di timur. Gunung Manglayang, Gede Pangrango, Gunung Ciremai, Gunung Cikurai, Gunung Tilu. Ada pula Gunung Rakutak yang terlihat samar di selatan. Sementara di Barat, Gunung Tangkubanparahu terlihat gagah bersebelahan dengan Gunung Burangrang.

Spot Memotret Pilihan
Bagi yang senang memotret, panorama alam Lembang dari ketinggian bisa diabadikan melalu kamera Anda. Pengunjung bisa memotret keindahan alam pegunungan Bandung utara; menyaksikan keindahan terbit matahari; menikmati keindahan bintang-bintang yang bertaburan di malam hari.

Spot untuk menyaksikan taburan bintang bisa di Puncak Tugu yang merupakan titik tertinggi di kawasan Gunung Putri. Berwisata di ketinggian Gunung Putri sangat cocok dinikmati bersama bareng teman-teman. Untuk keamanan dan kenyamanan, para pemuda Karang Taruna siap menjaga pengunjung secara bergiliran.

Sementara bagi yang ingin menyepi sejenak, sambil menikmati kopi atau teh hangat di depan tenda, pengunjung bisa menyaksikan keindahan hamparan Bandung yang ada di bawah. Bagi yang ingin jalan-jalan sambil belajar memotret, di sebelah utara Gunung Putri terhampat hutan pinus dengan pohon-pohonnya yang bengkok bahkan melengkung. Pengunjung bisa bersantai dengan menggunakan tempat tidur gantung (hammock). Spot lainnya, ada pula benteng peninggalan Belanda yang dibangun pada 1913.

Jalur ke Gunung Putri
1. Menggunakan Kendaraan Pribadi
Bila menggunakan kendaraan pribadi, bisa melalui:
□ Jalur Jalan Setiabudhi (Ledeng) - Lembang - Gunung Putri
□ Jalur Ciumbuleuit - Punclut - Lembang - Gunung Putri
□ Jalur Dago - kiri ke arah Punclut - Cijeruk- Lembang - Gunung Putri

Dari perempetana Alun-alun Lembang/Pasar Lembang ambil kiri ke arah Gunung Tangkuban Parahu. Perjalanan tidak jauh, hanya sekitar 2,5 km melewati Hotel Panorama Lembang dan Grand Paradise Hotel, setelah belokan, di sebelah kiri sebelum jalan menukik/Hotel Puteri Gunung, lihat di kiri ada Jalan Gunung Putri kemudian masuk Kampung Gunung Putri, Lembang. Untuk yang bawa kendaraan pribadi bisa memarkirnya di pos penjagaan/pos tiket.

2. Naik Angkutan Umum
Bagi yang tidak bawa kendaraan bisa naik angkot/DAMRI. Bila dari Terminal Cicaheum naik angkot Cicaheum-Ledeng dan dari Leuwipanjang bisa naik bus DAMRI Leuwipanjang - Ledeng. Dari Ledeng naik angkot Stasiun - Lembang / Ciroyom Lembang / bus umum ke Subang/Indramayu. Jika berhentai di Lembang, lanjut naik angkot Lembang - Cikole (warna kuning) atau bisa naik ojek.

Peta Lokasi Gunung Putri
Lihat di sini

Harga Tiket/Retribusi Gunung Putri Lembang
□ Tiket masuk: Rp7.500
□ Retribusi berkemah: Rp17.500

* Harga bisa berubah sewaku-waktu

Dokumentasi Wisata Gunung Putri Lembang
□ Foto-foto lokasi tonton di sini
□ Video lokasi tonton di sini
□ Video rute tonton di sini