Review

Taman Veteran, Sajikan Cahaya Warna-Warni di Senja Hari




Taman Veteran Bandung

Konsep warna-warni ceria menjadi ikon baru pada ruang publik di Bandung pada awal 2017 ini. Sebelumnya, konsep warna-warni tersebut terdapat di hiasan Jembatan Antapani atau dikenal dengan Jembatan Pelangi. Kini, public space yang menerapkan sajian warna-warni ceria tersebut ada di Taman Veteran, Bandung. Lukisan dinding dari tiang-tiang besar berwarna-warni yang ada di Jalan Veteran menjadi magnet baru bagi pengunjung yang hobi swafoto alias selfie.

Lokasi taman baru ini terdapat di Jln. Veteran - Jln. Ahmad Yani,  di persimpangan Jalan Naripan dan Jalan Ahmad Yani. Lokasi persisnya beberapa meter sebelum simpang lima dari arah Jln. Ahmad Yani (Pasar Kosambi ke barat). Patokannya, dekat sentra penjual sepeda.

Didesain Ridwan Kamil
Taman Veteran dibangun sejak November 2016 lalu dengan anggaran sebesar Rp 800 juta. Taman ini didesain langsung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Adapun luas area taman ini  560 meter persegi dan termasuk dalam proyek pengerjaan trotoar Jln. Ahmad Yani.

Di Taman Veteran pun kini jadi wahana seru untuk dijadikan tempat bermain rollerblade untuk anak-anak.  Taman tersebut sengaja dihadirkan untuk melengkapi taman tematik yang telah ada di Kota Bandung. Khususnya untuk menambah destinasi wisata foto di Kota Bandung. Tamannya berbentuk segitiga dengan hiasan tambahan berupa tumbuhan baru.

Spot selfie
Taman ini memang dibuat seunik mungkin untuk menambah destinasi wisata foto di Kota Bandung.Taman ini dibuat dari bahan granit  yang ditanam pipa-pipa setinggi 2,5 m dengan diameter 15 cm. Taman Veteran ini paling pas bila dikunjungi saat senja dimana setiap pipa akan mengeluarkan cahaya warna-warni dari setiap lampu di dalamnya. Pipa bolong-bolong tersebut merupakan hibah PDAM.

Lokasi wisata terdekat dari Taman Veteran:
- Arah timur: Pasar Kosambi
- Arah selatan: sentra kuliner Jln. Burangrang
- Arah barat: Gedung Merdeka/Museum KAA, Cikapundung Riverspot, Taman Alun-Alun
- Arah utara: Taman Musik, Taman Lalu Lintas, sentra kuliner Jln. Riau