Review

Gerai Sentra Oleh-Oleh di Lembang




Pusat Oleh-Oleh Lembang

Kabupaten Bandung Barat (KBB) selama ini menjadi destinasi wisata para pelancong lokal maupun mancanegara. Memang, potensi wisata alam di KBB selalu menjadi pilihan para wisatawan, terutama saat akhir pekan dan musim liburan. Nama objek wisata Gunung Tangkuban Parahu, Grafika Cikole, Floating Market, Curug Pelangi, The Lodge Maribaya, Maribaya Hot Spring, Kampung Gajah Wonderland, De'Ranch, Rumah Hobbit Farmhouse, hingga Dusun Bambu semuanya berada di kawasan Kabupaten Bandung Barat.

Toko oleh-oleh di Lembang
Dan nama Lembang memang sudah tak asing bagi kalangan wisatawan. Lembang adalah wilayah di Kabupaten Bandung Barat yang  merupakan salah satu tujuan wisata favorit dengan fasilitas tempat wisata dan kuliner yang beraneka ragam. Namun, untuk sentra kerajinan dan oleh-oleh lainnya bisa dikatakan di daerah Lembang, Kab. Bandung Barat memang belum mengalami kemajuan yang berarti. Inilah potensi wisata di Lembang yang belum digarap optimal oleh pihak pemerintah setempat.

Kini di bulan kedua 2017, pihak pemerintah Kab. Bandung Barat bersama Forum Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kab. Bandung Barat telah menyiapkan toko oleh-oleh di Lembang bagi wisatawan. Adapun Forum UMKM KBB merupakan wadah silaturahmi antarpengusaha mikro, kecil, dan menengah dengan tujuan untuk mewujudkan industri, perdagangan, koporasi dan UMKM yang tanggung, maju, mandiri, inovatif, berdaya saing, harmonis (Indagku Taman Indah).

Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) KBB dan Disperindagkop UMKM KBB memberikan fasilitas kepada UMKM KBB dengan menyediakan Gerai Pusat Oleh-Oleh Bandung Barat (Gerai ProdukUMKM KBB) yang berlokasi di Jl. Sesko AU No. 2 Lembang (dekat Jln. Maribaya/Tahu Tauhid) Di sentra oleh-oleh Lembang ini dijual aneka kuliner, kerajinan, hingga produk fashion.

Pusat Oleh-Oleh Bandung Barat (Gerai Produk  UMKM KBB) ini akan di-launching pada hari Sabtu, 18 Februari 2017. Selain acara launching Pusat Oleh-Oleh Bandung Barat (Gerai Produk UMKM KBB) juga akan digelar Festival nasi liwet KBB dan diskusi bersama ketua Dekranasda KBB. Peluncuran gerai tersebut akan dihadiri oleh Bupati Bandung Barat Abubakar dan para pelaku UMKM serta masyarakat umum.