Review

Bandung Planning Gallery, Mengenal Lebih Dekat Kota Bandung dari Masa ke Masa




Bandung Planning Gallery

Bila Anda sedang berkunjung ke Taman Sejarah di area belakang Balai Kota Bandung, cobalah untuk mampir ke Bandung Planner Gallery yang tak jauh dari spot ruang publik tersebut. Kini, warga dapat mengetahui identitas Bandung masa lalu, masa kini, dan masa depan dalam media interaktif anjungan perencanaan kota di Bandung Planning Gallery (BPG).

BPG sendiri rencananya akan diluncurkan pada tanggal 1 Agustus 2017 oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Namun, masyarakat sudah bisa berkunjung secara gratis per 25 Juli 2017 mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Untuk masuk dan menjajal aneka multimedia di dalamnya tidak dipungut biaya alias gratis.

Kehadiran Bandung Planner Gallery berangkat dari permasalahan terkait pembangunan dari kebijakan masa lalu. Galeri ini terinspirasi untuk menjadi ruang transparansi kebijakan publik. Di BPG terdapat gambaran mengenai pembangunan Kota Bandung dalam 30 tahun ke depan, termasuk rancangan Bandung Teknopolis. Selain memuat proyeksi lengkap mengenai pembangunan Kota Bandung, di sini pun dirancang satu ruangan khusus dalam galeri untuk menunjukkan rencana pembangunan yang tengah diproses perizinannya.

Para pengembang yang akan mengajukan izin harus memasang gambar proyeknya lengkap dengan berbagai detail lokasi serta maketnya untuk di pajang di ruangan tersebut. Galeri khusus mengenai pembangunan ini bertujuan untuk memperlihatkan kepada masyarakat mengenai keseluruhan pembangunan di Kota Bandung yang luasnya mencapai 16.000 hektare.

Galeri tata kota Bandung ini merupakan konsep galeri tata kota sama seperti galeri tata kota lainnya seperti Singapore Planning Gallery dan Shanghai Planning Gallery.  BPG pun memadaukan dengan konsep teknologi, dimana bakal ada video mapping dan diambil gambar dari atas, bangunannya akan bermunculan dengan menarik. Ada juga dinding-dinding sejarah Bandung di masa lalu supaya warga bisa melihat masa lalu Bandung.

Area di Bandung Planning Gallery
1. Area Lobi
Resepsionis siap melayani pengunjung untuk mendapatkan informasi umum dan menerima kelompok dalam jumlah besar. Di area ini juga pengunjung akan disambut oleh video perkenalan mengenai Bandung Planning Gallery langsung dari Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

2. Area Utama
Area ini dikhususkan untuk menampilkan gambaran besar kota Bandung, dalam sebuah maket. Dengan projeksi video mapping pada maket, pengunjung dapat melihat rencana pengembangan kawasan di kota Bandung. Layar sentuh interaktif di sisi-sisi maket pun dapat digunakan untuk mengakses informasi lebih lengkap akan apa yang ditampilkan pada video mapping. Sebagai contoh, potensi seluruh kecamatan di kota Bandung rencana project Urban Mobility.

3. Bandung Masa Lalu dan Masa Kini
Mengusung tema “Cintai Bandung Seutuhnya”, area ini mengajak pengunjung untuk mengenali profil kota Bandung baik di masa lalu maupun masa kini. “Bandung Baheula” ditampilkan dalam bentuk video berisikan informasi menarik mengenai konteks geografis, sejarah berdirinya kota, dan peran Bandung di masa-masa penting Indonesia. Pengunjung juga dapat menjelma menjadi warga Bandung zaman dulu dengan teknologi augmented reality.

Bandung Masa Kini diwakilkan dengan layar sentuh interaktif yang menampilkan luas dan populasi dari tahun ke tahun, pencapaian serta tantangan kota Bandung.

4. Smart City dan Urban Mobility
Di area ini, pengunjung dapat melihat rencana pengembangan kota pintar (smart city) dan transportasi kota (urban mobility). Pada enam layar video, pengunjung dapat menikmati penuturan konsep umum, tahap pengembangan, dan harapan masyarakat akan rencana-rencana tersebut.

Detail projek smart city seperti Bandung Command Center dan Panic Bandung serta projek urban mobility seperti monorel, (bus) Trans Metro Bandung, Skybridge (cable car), dan Bike Sharing disuguhkan secara menarik melalui layar sentuh. Selain itu, pengunjung juga dapat merasakan sensasi menaiki monorel dengan teknologi virtual reality.

5. Bandung Teknopolis
Bandung Teknopolis adalah konsep baru yang dirancang agar Bandung menjadi world class city. Untuk itu, masyarakat pun berhak untuk mengetahui rencana pengembangan area dan infrastruktur yang akan dibangun di kawasan Gedebage ini. Melalui video dan layar sentuh, kawasan kota teknologi ini dijelaskan dari mulai bentuk teknopolis di kota lain, keuntungan Bandung Teknopolis, dan infrastruktur yang akan ada di Bandung Teknopolis.

6. Post It Room
Area dengan struktur kubah ini khusus untuk memfasilitasi partisipasi warga dalam bentuk:

a. Post It
Pengunjung dapat menuliskan impiannya akan masa depan Bandung dan peran yang dapat dilakukannya untuk kemajuan kota Bandung.

b.  Toolkit “Menjadi Bandung”
Pengunjung juga dapat memilih toolkit yang sesuai dengan perannya sebagai aksi nyata kontribusi mewujudkan Bandung masa depan. Contohnya, bibit tanaman dilengkapi brosur yang disediakan oleh komunitas Bandung Berkebun.

7. Galeri Temporer
Area eksklusif ini diperuntukkan sebagai showcase dimana para investor dapat menunjukkan rencana-rencana pembangunan kota Bandung dalam bentuk maket atau gambar. Publik juga dapat meminjam area ini untuk acara-acara diskusi terkait perencanaan pembangunan kota.

Dengan perangkat teknologi terkini, Bandung Planning Gallery menjadi galeri tercanggih se-Indonesia yang ada sampai saat ini. Rasakan serunya berinteraksi dengan teknologi multitouchsreen, virtual reality, augmented reality dan bagikan pengalaman Anda melalui media sosial.

Bandung Planning Gallery
Anjungan Perencanaan Kota
Jln. Aceh no. 36 Bandung
[Lihat peta lokasi]

Jam buka: Senin s.d. Sabtu pukul 09.00 s.d. 16.00 WIB
HTM: Gratis
Instagram: @bdgplanninggallery
Facebook: Bandung Planning Gallery