Wisata Rumah Bunga Rizal Maribaya Lembang




Anggrek dan Kaktus Rumah Rizal Maribaya Lembang

Daerah Lembang sejak lama merupakan salah satu sentra penghasil pertanian bunga. Ini bisa dilihat di daerah Cihideung ataupun di kawasan Maribaya. Salah satu sentra bunga yang sedang ngehits adalah Rumah Bunga Rizal yang terletak di Jalan Maribaya, Lembang. Ini merupakan kebun produksi yang telah lama yakni sejak tahun 1978. Kehadiran Rumah Bunga Rizal berawal dari hobi  dan kemudian pembubidayaan aneka tanaman hias dari jenis anggrek, kaktus, serta tanaman hias lain. Di Tempat ini pun tersedia aneka cover pot, kawat penyangga tanaman, kawat gantung, dan lain-lain.

Rumah Bunga Rizal akhirnya mengubah konsep dengan konsep kebun wisata pada 2002. Maka penataan pun dilakukan sehingga tempat ini lebih nyaman untuk dikunjungi wisatawan. Di sini, silakan Anda bisa memilih dan membeli aneka tanaman hias. Selain fasilitas dan ketersediaan aneka bunga, di sini pun wisatawan bisa membeli aneka makanan dan minuman. Tempat yang buka dari pukul 7 sampai 4 sore ini cocok juga untuk Anda yang ingin mengadakan arisan, reuni, atau karyawisata.

Bagi Anda yang menggemari tanaman hias anggrek, di sini tersedia anggrek bulan kalimantan, anggrek tebu, anggrek kantung kolopaking, anggrek hitam jayapura, anggrek bulan bali, anggrek langka kasut kumis, anggrek kebutan, anggrek sendok, anggrek bulan bintang, anggrek liar jamrud, anggrek hartinah, anggrek jingga, anggrek hitam, anggrek langka serat, anggrek hitam kalimantan, anggrek pensil, anggrek pandan, dan lainnya.

Selain memproduksi berbagai macam anggrek, kaktus, dan tanaman hias, Rumah Bunga Rizal juga memproduksi berbagai peralatan penunjang hobi dan berkebun. Produksi yang dihasilkan di sini, di antaranya kawat gantung berbagai ukuran, ring pot holder, pot batok kelapa, dsb. Selain itu, pengunjung bisa bisa mengikuti pelatihan teknis budidaya tanaman hias, khususnya anggrek dan kaktus.

Dengan mengikuti pelatihan, peserta dapat memperoleh informasi lengkap mengenai teknis budidaya, peluang pasar, dan prospek usaha skala pekarangan. Untuk paket ini ada pilihan: Paket Kalangan Pelajar, Paket Kalangan Umum, Paket Pelatihan Lanjutan.

Rute ke Rumah Bunga Rizal
Dari Ledeng - Lembang - di bundaran dekat Pasar Lembang ambil lurus ke Jln. Maribaya (ke kiri ke Cikole/Tangkuban Parahu) - lewat De'Ranch/Pusdikajen - Sespim Polri ke kanan - Rumah Bunga Rizal. Jika naik kendaraan umum, naik angkot Stasiun - Lembang berhenti di Pasar Panorama Lembang. Dari sana bisa naik angkot Lembang-Maribaya-Cibodas. Karena jarak lumayan dekat dari pasar, Anda juga bisa naik ojek atau delman dan minta diantar ke Rumah Bunga Rizal.

RUMAH BUNGA RIZAL
Jl. Raya Maribaya km. 2,4 Lembang, Kab.. Bandung Barat
[Lihat peta lokasi]
Telp./Fax. : (022) 2786321
e-mail : rizalorchids@yahoo.com

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS