Tips Perjalanan Wisata ke Bandung Saat Liburan Akhir Tahun




Bandung menjadi pilihan wisatawan saat momen liburan Natal dan perayaan malam tahun baru. Bagi Anda yang ingin menyambangi beberapa kawasan di Kota Bandung dari arah Jakarta, sebaiknya meng-update beberapa informasi seputar kondisi jalur perjalanan Anda. Pada akhir tahun ini, ada beberapa gangguan jalur transportasi, baik di tempat wisata maupun di jalur tol.

Berikut ini beberapa tips yang semoga berguna bagi Anda yang ingin mengisi liburan sekaligus menikmati momen malam tahun baru di Bandung.

1. Pantau terus kondisi lalu lintas Bandung
Pada musim libur panjang Natal dan tahun baru, pihak kepolisian biasa memberlakukan one way di jalur Bandung-Lembang. Pemberlakuan lajur satu arah tersebut untuk Bandung - Lembang diberlakukan pagi hari. Sebaliknya, pada sore hari dan malam akan diberlakukan one way di jalur Lembang-Bandung. Pemberlakuan tersebut agar tidak terjadi kemacetan parah yang biasa mengular panjang. Sementara di tempat wisata bila area parkir kendaraan sudah overload, area parkiran akan langsung ditutup untuk tidak memaksakan memasukkan kendaraan.

Akses ke Jln. Kol. Masturi pun rencananya biasanyadiberlakukan satu lajur. Itupun bila terjadi hujan, jalan tersebut akan ditutup total oleh pihak kepolisian karena dikhawatirkan berpotensi terjadinya bencana serupa.

Untuk akses ke Lembang, memang bisa dari tol Pasteur - Jln. Surya Sumantri - Setiabudhi - Lembang, namun biasanya macet parah. Akses bisa melalui jalur alternatif Jalan Punclut Dago hingga tembus jalan raya dekat Pasar Lembang. Namun sangat disarankan, akses lain dari Jakarta supaya tidak terjebak macet menuju Lembang adalah melalui Tol Cipali - Jalur Subang - Ciater - Jln. Raya Tangkuban Parahu - Lembang.

Jalur alternatif tersebut disarankan untuk kedatangan ke Bandung juga saat pulang kembali ke Jakarta.  Untuk memantau update kondisi lalu lintas Bandung, bisa mengeceknya di akun twitter @prfmnews (update timeline PRFM News juga bisa dilihat di sidebar situs ini; untuk buka di gadget lihat di bagian bawah artikel ini).

2. Perhatikan efektivitas dan efisiensi perjalanan
Hal lainnya, bila Anda ingin jalan-jalan menjelang malam pergantian tahun, tentukan tempat wisata yang akan dikunjungi. Beberapa tempat wisata, sentra kuliner, dan pusat perbelanjaan kadang dijejali pengunjung. Inilah yang kadang menimbulkan kemacetan. Jangan sampai waktu Anda terbuang hanya karena terjebak kemacetan di beberapa ruas jalan. Untuk kondisi lalu lintas di Bandung biasanya semakin sore dan beranjak malam, kemacetan akan makin terasa.

Bila menggunakan kendaraan pribadi, siasatilah waktu kedatangan ke Bandung. Untuk dari luar kota, jangan memaksakan lewat keluar tol Pasteur. Sudah menjadi kebiasaan bila wisatawan menganggap keluar tol Pasteur lebih mudah, padahal lebih sering sebaliknya. Hal ini karena tingkat kepadatan kendaraan dari arah Jakarta menumpuk di exit tol Pasteur.

Agar perjalanan Anda tidak terbuang percuma karen memaksakan keluar lewat tol Pasteur, sangat disarankan mengambil jalur alternatif dimana bisa keluar dari tol Pasirkoja, Moh. Toha, Baros, atau dari keluar tol Buah Batu. Silakan gunakan juga aplikasi pemantau dan jalur lalu lintas di smartphone Anda, seperti Waze atau Google Maps.

3. Waspada musim hujan
Malam pergantian tahun baru masuk di musim-musim hujan. Hal ini agak sedikit ekstra bagi Anda yang ingin liburan tahun baru ke kawasan Bandung Utara, seperti kawasan Parongpong, Cisarua, dan daerah Lembang lainnya. Selain sumber titik kemacetan, jalannya pun melewati perbukitan yang kadang ada kawasan rawan longsor di beberapa titik. Potensi gangguan lain adanya banjir cileuncang yang kadang menyergap di beberapa titik di Kota Bandung. Untuk kunjungan tempat wisata di Bandung saat musim hujan, alternatifnya bisa memilih tempat wisata indoor.

4. Siapkan Agenda Wisata Selama di Bandung
Dalam hal ini, menyangkut urusan akomodasi seperti penginapan. Anda bisa jauh-jauh hari selama Desember untuk mem-booking tempat penginapan, baik itu di hotel, villa, guest house, ataupun sewa apartemen di Bandung. Maklum saja, setiap momen tahun baru di Bandung biasa penuh oleh para wisatawan terutama dari luar kota. Pilihlah tempat penginapan yang dekat dengan tempat wisata ataupun lokasi yang biasa dijadikan titik kumpul massa saat perayaan malam tahun baru.

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS