Review

Inilah Lokasi-Lokasi Pusat Perayaan Malam Tahun Baru 2018 di Bandung



Lokasi perayaan malam tahun baru 2018 di Bandung

Liburan Natal dan Tahun Baru berbarengan dengan libur panjang dimana anak-anak sekolah masuk masa libur dan para orang tua biasanya mengambil cuti. Dan Bandung pada saat liburan tahun baru biasa jadi kota tujuan para wisatawan. Salah satu momen yang ditunggu adalah malam perayaan tahun baru. Dipastikan, beberapa titik pusat penyelenggaraan perayaan malam tahun baru bakal dijejali oleh massa, baik itu wisatawan maupun warga Bandung sendiri.

Untuk malam perayaan tahun baru 2018, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melarang warga merayakan pergantian tahun 2018 di jembatan layang Pasupati. Menurut Kang Emil, jembatan layang Pasupati masih dalam tahap perbaikan saluran air. Selain itu, bertumpuknya massa dan kendaraan yang diam di atas jembatan layang tersebut bakal berpengaruh pada jembatan.

Lalu, di manakah tempat-tempat yang bakal jadi lokasi perayaan malam tahun baru 2018? Ada tiga yang disediakan untuk titik kumpul massa, yaitu Taman Cicendo, Alun-alun Ujungberung, dan Jalan Asia Afrika. Dipilihnya tiga tempat sebagai tempat perayaan Tahun Baru, karena telah mewakili tiga wilayah di Kota Bandung, yaitu bagian barat, timur, dan tengah. Di samping itu, bertujuan agar aktivitas warga terpusat di satu titik.

Berikut ini profil ketiga lokasi tempat perayaan malam tahun baru 2018 di Kota Bandung:

1. Taman/Alun-Alun Cicendo
Alun-alun atau Taman Cicendo berada di sudut Jalan Komodor Udara Supadio-Jalan Aruna, Kelurahan Husein Sastranegara. Alun-alun ini hanya berjarak sekitar 400 meter dari stasiun kereta api Ciroyom dan 1,4 kilometer dari Bandara Husein Sastranegara.

Taman seluas sekitar lima ribu meter persegi ini berada di tengah los pedagang onderdil kendaraan bekas yang dikenal sebagai Pasar Jatayu. Di ujung pertemuan ketiga jalan itu adalah gerbang utamanya, dengan area terbuka luas 71 meter persegi dan dihiasi tangga batu andesit.

Di permukaan alun-alun, pengunjung akan disambut air terjun cantik. Di area itu juga terdapat Art Market (pasar seni) seluas 543 meter persegi yang berisi 24 kios seni. Selain kios berisi karya para seniman, terdapat ruang komunitas lengkap dengan atap peneduh yang bisa diisi segala jenis kegiatan. Alun-alun Cicendo ini mengangkat unsur besi sebagai tema lokalitas yang mewakili pengusaha besi rongsokan dan onderdil di sekitarnya.

Di sini pun ada mini ampiteater di area utara seluas 132 meter persegi. Sementara di ujung kawasan, dibangun dek kayu seluas 700 meter persegi.  Kekhasan lain Alun-alun Cicendo adalah adanya plasa seluas sekurangnya 4 ribu meter persegi, hampir dari setengah lahan yang tersedia. Area ini diperuntukkan bagi masyarakat yang berinteraksi sosial, dilengkapi undakan tangga di sekelilingya, mirip taman-taman yang ada di Kota Bandung.

Rencananya dalam acara perayaan malam tahun baru 2018 di sini bakal dihadiri Miss Internasional 2017 Kevin Liliana.

2. Alun-Alun Ujungberung
Lokasinya di Bandung Timur, tepatnya dekat Pasar Ujungberung. Taman Alun-alun Ujungberung diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pada Minggu, 14 Juni 2015 lalu. Sebagi ruang publik, Alun-Alun Ujungberung kini jadi destinasi wisata favorit di Bandung Kulon. Kawasan ini pun dikenal dengan kebersihan dan kenyamanannya.

Adapun beberapa fasilitas yang ada di sini, di antaranya: jogging track sepanjang sekira 50 meter; beberapa gazebo (saung); area bermain anak-anak; panggung pertunjukan; juga tempat duduk yang memiliki kapasitas sekira 500 orang. Tempat duduknya ada bentuk yang memanjang, seperti cafe disertai meja, dan mirip tribun stadion.

3. Jalan Asia Afrika (Alun-Alun Bandung)
Inilah lokasi yang dipastikan jadi pusat berkumpulnya warga Bandung dan wisatawan. Sepanjang Jalan Asia Afrika dari sekitaran Gedung Merdeka, Jln. Cikapundung Timur (Cikapundung River Spot/Jln. Ir. Sukarno), dan tak ketinggalan Taman Alun-Alun di depan Masjid Raya Bandung bakal tumplek oleh lautan manusia. Memang, inilah spot favorit para wisatawan dan warga Bandung yang akan merayakan malam pergantian tahun.

Sebagai tips, sebaiknya yang bawa kendaraan agar bisa memperhatikan waktu kedatangan ke tempat-tempat tersebut. Karena dipastikan mulai sore hingga hampir tengah malam bakal dipenuhi aneka kendaraan yang menuju ke lokasi-lokasi tersebut. Ada baiknya jangan memaksakan bawa mobil, bisa naik sepeda motor atau sepeda karena tempat parkiran mobil biasanya suka penuh atau parkir pun biasa jauh dari lokasi perayaan malam tahun baru.

4. Kabupaten Bandung dan Cimahi
Di Kabupaten Bandung ada event ”Suruput Kopi, Kehangatan Sambut Tahun Baru 2018” yang digelar di Bale Rame Sabilulungan, Minggu 31 Desember 2017 mulai pukul 15.00. Kegiatan itu diisi konser budaya, parade kopi, seruput seribu cup kopi, dan pasosore edas

Adapun di Kota Cimahi, dalam meramaikan perayaan malam tahun baru 2018 akan digelar Car Free Night di Jalan Gandawijaya. Di kawasan ini bakal diterapkan pengalihan arus kendaraan. Dimanaakan disiapkan pengalihan arus dari arah Bandung yang hendak memasuki kawasan Gandawijaya

Sementara itu, Satbrimob Polda Jawa Barat menyiapkan sedikitnya 4.000 porsi nasi goreng. Makana dan minuman gratis akan didistribusikan lewat dua posko, yaitu di kawasan Gasibu serta Alun-Alun Kota Bandung.





share to whatsapp