Review

Wisata Kuliner Pelangi Balonggede di Pusat Kota Bandung



Wisata Kuliner Balonggede Bandung

Bila Anda jalan-jalan ke kawasan Alun-alun Bandung dan mencari tempat makan, area ini biasa jadi pilihan. Lokasi Jalan Balonggede tak jauh dari Pendopo Wali Kota Bandung, tepatnya berada di sebelah selatan atau area belakang tempat rumah dinas orang nomor satu di Kota Bandung tersebut. Jalan Balong Gede ini sejak dulu dikenal sebagai pusat kuliner di Kota Bandung.

Yang terkenal di sini ada Rumah Makan Ampera, Ayam Bakar Bu Imas, Mie Bakso Linggar Jati, dan warung-warung makan serta tenda PKL lainnya. Lokasinya sendiri tak jauh dari Kebon Kalapa dan Jalan Pungkur. Jln. Balonggede sendiri membentang dari arah Jln. Dalem Kaum (perempatan di dekat Taman Alun-Alun/Jln. Alun-Alun Timur/bekas gedung Palaguna Nusantara ke arah Jln. Pungkur/Kebon Kalapa di sebelah selatan).

Pada Kamis, 8 Februari 2018, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meresemikan kawasan Jln. Balonggede sebagai zona wisata di pusat kota Bandung. Di sini ada  15 titik pedagang kaki lima (PKL). Kawasan ini sekarang punya nama baru yakni "Wisata Kuliner Pelangi Balonggede". Disebut wisata kuliner pelangi karena memang di sini banyak aneka tempat kuliner dari rumah makan tradisional, jajanan, hingga oleh-oleh Bandung.

Di belakang gedung Pendopo Bandung
Lokasi wisata kuliner yang berada di belakang rumah dinas wali kota tersebut sebelumnya kumuh dan tidak tertata. Namun pada tahun ini dilakukan penataan agar lebih tertata. Lokasi kuliner Pelangi Balonggede sepanjang 400 meter itu ditata secara gotong royong menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR).

"Dulu ini di belakang Pendopo ruwet kumuh, akhirnya kita tata agar bisa dipromosikan. Nanti Infrastruktur diperbaiki, ada trotoar yang lebih baik di sisi sebelah timur, jadi orang jalan kakinya di sebelah timur dagangannya di sebelah barat," ujar Ridwan Kamil saat meresmikan sentra kuliner ini.

Di sini ada total ada 41 pedagang yang berjualan. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandung, Priana Wirasaputra, mengatakan, penataan para PKL di Balonggede bekerja sama dengan CSR PT Sosro. Disediakan 41 lapak berjualan dengan tenda sepanjang 400 meter. Seluruh PKL di sini diberi ruang dagang, meja dan kursi untuk kebutuhan berdagang. Sesuai dengan tema wisata kuliner, semua pedagang di tempat ini menjual aneka minuman dan makanan.

Pedagang kaki lima yang menempati zona wisata kuliner Balonggede dan seluruhnya warga lokal. Adapun untuk sekarang ini baru baru tahap satu. Dan tahap selanjutnya  akan dilengkapi dengan penerangan lampu jalan. Selanjutnya, tahap tiga akan dilakukan perbaikan trotoar agar lebih nyaman. Sentra kuliner Balonggede beroperasi dari pukul 07.00-22.00 WIB.

Dekat kawasan sentra belanja
Di dekat kawasan ini pun tak jauh dari sentra belanja. Ke arah Alun-alun, Anda bisa belanja aneka pakaian clothing di pusat distro sepanjang Jln. Dewi Sartika dan Parahyangan Plaza. Menyambung langsung dengan Jln. Balonggede, ada Jln. Pungkur ke arah timur (Jln. Moch. Ramdan) dikenal sebagai pusat onderdil dan aksesoris mobil dan motor serta aneka helm yang sudah sejak dulu dikenal di Kota Bandung.

Untuk akses ke kawasan ini pun tidak sulit, dari arah Dago, Cicaheum, Leuwipanjang, Stasiun Bandung, dan lainnya tinggal naik angkot yang menuju Kebon Kalapa (Abdul Muis) yang biasa jadi titik kumpulnya berbagai trayek angkot di Kota Bandung. Sementara dari arah Taman Alun-Alun Bandung/Jln. Dalem Kaum atau Gedung Merdeka, Anda tinggal jalan kaki ke arah selatan menuju Jln. Balonggede. Untuk lokasinya, silakan bisa cari di Google Maps dengan pencarian "Jalan Balonggede Bandung".





share to whatsapp