Review

Karnaval Konferensi Asia Afrika Bakal Digelar 29 April 2018



Foto Konferensi Asia Afrika 1955 Bandung

Tahun ini, Bandung akan memperingati Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-63. Untuk memperingati peristiwa bersejarah tersebut, Pemkot Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung tahun ini kembali akan menggelar peringatan khusus  KAA ke-64/

Salah satunya, tahun ini kembali akan digelar Karnaval KAA dengan mengundang minimal 73 kelompok peserta dari perwakilan negara tetangga, berbagai perwakilan daerah di Indonesia, dan juga pihak swasta. Asian African Carnival telah menjadi sebuah event unik Kota Bandung yang dijuluki sebagai Capital of Asia Africa karena menjadi tuan rumah dari Konferensi Asia Afrika tahun 1955.

Bahkan yang spesial di peringatan ke-63 tahun ini, Disbudpar Kota Bandung melibatkan seluruh perwakilan sekolah dari tingkat SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi untuk menyemarakkan karnaval.

Tahun ini rangkaian acara mengambil tema Beyond The Bandung Spirit yang merupakan perwujudan dari spirit Dasasila Bandung pada generasi muda. Rangkaian KAA 63 sudah dimulai sejak Bulan Maret lalu dengan berbagai perlombaan dan aksi donor darah. Selanjutnya pada Rabu 18 April 2018 yang merupakan hari diselenggarakannya KAA akan digelar pengibaran bendera negara-negara peserta Asia Afrika dan satu bendera PBB. Pengibaran akan melibatkan 400 pasukan Paskibra Kota Bandung yang diikuti oleh perwakilan pelajar.

Rangkaian acara juga akan diisi oleh Jamuan Teh Petang di Aula Utama Gedung Merdeka yang menghadirkan sejumlah saksi hidup KAA pada Senin 23 April mulia pukul 14.00 WIB. Lalu pada Jumat 27 April yakni jelajah Museum KAA malam hari mulai pukul 19.00 WIB.

Berikut ini informasi seputar Karnaval KAA tahun 2018:

1. Diselenggarakan 29 April 2018
Karnaval KAA difokuskan pada 29 April nanti dan merupakan puncak kegiatan dari peringatan ke-63 tahun KAA. Di tahun ini karnaval akan lebih banyak mengundang para pelajar. Sebab, sebelumnya sudah banyak mengundang banyak negara atau sebagainya hanya untuk euforia saja, tapi tahun ini anak-anak muda harus muncul dan membangun spiritnya ke permukaan.

2. Rute Karnaval
Karnaval KAA akan melalui rute sepanjang 3,1 kilometer. Titik start-nya dari Savoy Homann selanjutnya menuju Jalan Banceuy-Jalan Cikapundung-Braga Pendek-Jalan Preanger-dan kembali ke Savoy Homan.

3. Waktu pelaksanaan Karnaval KAA
Karnaval KAA akan berlangsung mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai. Kegiatan akan disambung hiburan musik dari Kahitna malam harinya. Sementara konfirmasi kehadiran dari para delegasi tamu undangan berasal dari perakilan Kota/Kabupaten, Provinsi di Indonesia, dan beberapa perwakilan negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand.

4. Asia Africa Week
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung yang akan menyelenggarakan Asia Africa Week 2018 pada 23-29 April 2018 di ibu kota Asia Afrika Bandung. Di dalam siaran persnya dijelaskan, selama satu minggu itu ada lima agenda kegiatan utama yakni Asian African Carnival, Unity Run, Photo and Short Movie Competition, Youth Conference, dan Cultural and Tourism Expo.





share to whatsapp