Review

Sambut Libur Lebaran 2018, Bandung Zoo Hadirkan Suasana Baru




Tilket Terbaru Kebun Binatang Bandung Lebaran 2018

Kebun Binatang Bandung atau yang sekarang dikenal dengan Bandung Zoo biasa jadi tempat wisata merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Barat. Tempat wisata edukatif menjelang libur panjang dan Lebaran tahun 2018, melakukan renovasi dan pembangunan beberapa sarana dan prasarana untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Beberapa tahun belakangan ini, Bandung  Zoo memang serius membenahi area wisata di Jln. Kebun Binatang No.6, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung tersebut. Penataan kawasan kini tampak semakin rapi, dari kandang-kandang hewan, area panggung utama, parkiran, toko souvenir, toilet, mushola, hingga sistem ticketing. Juga kini ada beberapa spot booth foto dan panggung pertunjukan satwa.

Dilansir dari situs resminya, bandung-zoo.com, Marketing Komunikasi Bandung Zoo, SulhanSyafi’I mengungkapkan renovasi dikerjakan di beberapa kandang satwa seperti penambahan bangunan pada kandang singa dan harimau, perluasan kandang Beruang Madu dan perbaikan kandang ular. Selain itu, ia menjelaskan Bandung Zoo sedang dalam tahap pembangunan skywalk yang akan berada diatas kandang macan tutul.

“Skywalk ini akan ada di atas kandang macan tutul, supaya nanti pengunjung dapat melihat macan tutul-nya lebih jelas,” kata Sulhan. Sulhan menjelaskan pembangunan skywalk dan perluasan kandang beruang ditargetkan akan rampung sebelum lebaran mendatang. Selain itu, ia mengatakan akan ada penambahan pada pertunjukan satwa untuk memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1439 H / 2018 M.

“Kami ingin menyajikan sesuatu yang baru untuk libur lebaran nanti, kalau tahun lalu ada parade satwa, insya allah kami akan membuat acara untuk menghibur pengunjung,” Sulhan berharap adanya perbaikan dan pembangunan berbagai sarana dan prasarana dapat meningkatkan kesejahteraan satwa dan menarik pengunjung untuk berkunjung ke Bandung Zoo.

Taman Lestari
Bandung Zoo pun pada Sabtu (19/5/2018), resmi memiliki taman baru bernama Taman Lestari. Taman yang dibangun oleh Lions Club Bandung. Taman Lestari dibangun dengan konsep yang hasil akhirnya dapat digunakan sebagai latar swafoto atau selfie.

Taman yang dikelilingi oleh rumput dan tanaman itu, di tengahnya terdapat sebuah monumen. Di monumen itu, terdapat logo Lions Club Lestari dan gambar Gedung Sate. Di atasnya, terdapat bentuk yang menyerupai api yang merupakan simbol Bandung Lautan Api.

Pertukaran satwa
Pada Mei 2018, Bandung Zoo pun melakukan kerjasama pertukaran satwa dengan Kebun Binatang Solo. Sebanyak tiga ekor rusa timor dipindahkan dari Kebun Binatang Bandung ke Kebun Binatang Solo. Pertukaran satwa milik negara tersebut untuk menghindari inbreeding atau perkawinan sekerabat.

Sebelum adanya proses tukar menukar ini, populasi rusa timor di Kebun Binatang Bandung berjumlah 15 ekor. Sebanyak tujuh ekor di antaranya merupakan jantan. Program tukar-menukar satwa ini sudah diatur dalam Undang-Undang. Selaku lembaga konservasi, dalam satu tahun wajib melakukannya. Dari pertukaran tersebut, Kebun Binatang Bandung dikabarkan akan mendapatkan satu ekor jantan dan dua ekor betina rusa timor.

Informasi harga tiket Kebun Binatang Bandung Rp40.000. Jam buka pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB. Telepon: (022) 2502770.