Review

Semarak Wisata Ramadhan 2018 di Pusdai Berlangsung Meriah



Semarak Wisata Ramadhan 2018

Event rutin "Semarak Wisata Ramadan" yang biasa diadakan Kemenpar di Pusdai, Bandung kembali digelar pada Sabtu, 2 Juni 2018. Pada tahun lalu, event ini digelar pada 14 Juni 2017. Acara yang digelar dari pukul 4 sore ini menghadirkan konsep sajian pertunjukan seni budaya dan religi.  Berlangsung di Plaza Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Jln. Diponegoro, No. 63, Bandung. Dalam event ini, unsur seni dan budaya Jawa Barat berkolaborasi dengan nuansa Islami yang kental.

Diinisiasi oleh Pusdai Jawa Barat dengan dukungan Kementerian Pariwisata RI, event Semarak Wisata Ramadan 1439 H jadi destinasi ideal untuk kajian pengetahuan wawasan keagamaan. Dari event ini, diharapkan munculnya kepedulian sosial masyarakat untuk menebarkan kebaikan.

Untuk menunggu waktu berbuka, event Wisata Ngabuburit pun digulirkan. Konsepnya ‘Barudak Ngoprek Wayang’. Wisata Ngabuburit mulai berlangsung mulai pukul 16.00 WIB. Ada beragam menu yang ditawarkan, seperti Kaulian Urang Lembur, Barudak Ngoprek Wayang, Tetabeuhan, hingga Lagu-Lagu Islami.

Menguatkan konsep nuansa Ramadan, Pameran Wayang Santri dan Pertunjukan Wayang Dakwah juga digulirkan. Agenda ini dipandu Dalang Mursidin dan Bubun Subandara. Kemeriahan berlanjut. Gemyung Ununeun dan Seni Cigawiran. Kegiatan ini dibawa oleh tim kesenian dan ditabuh hingga menjelang buka puasa.

Usai menjalankan Sholat Isya dan Tarawih, kemeriahan Semarak Wisata Ramadan 1439 H ini pun dilanjutkan. Tepatnya mulai pukul 20.10 WIB. Kemeriahan Wisata Ramadan dilanjutkan dengan Puisi Sufi dan Doa. Dibawakan oleh tim kesenian, Tari Religi Nusantara pun dirilis. Ada juga live music religi dari Rita Tila. Memberi space lebar bagi kearifan lokal, Tari Topeng Kelana juga disajikan.

Dengan durasi waktu sekitar 1 jam, tausyiah pun disampaikan. Lebih spesial, tausyaih ini disampaikan dengan duet KH Dadang Muliawan dengan Ustadzah Hj Witrin Al Justry. Memberikan kesegaran dan nuansa lain, tausyiah juga dikolaborasikan dengan musik religi. Rangkaian Semarak Wisata Ramadan 1439 H ini pun ditutup dengan Harmoni Musik Bambu Ramadan.





share to whatsapp