Review

Konsep Tempat-Tempat Wisata di Bandung Favorit Wisatawan



Wisata Favorit Bandung 2018

Mungkin ada yang penasaran bertanya: "Apa sih yang membuat Bandung jadi tujuan favorit wisatawan?". Pertanyaan tersebut juga bisa sebagai pembanding Bandung dengan kota lainnya dimana sebagian besar kota-kota di Jawa Barat dalam urusan wisata tak semelesat Bandung. Berikut ini akan coba kami kupas beberapa hal mengapa Bandung jadi tujuan favorit wisatawan. Hal ini berdasarkan konsep tempat-tempat wisata yang jadi tujuan para pelancong.

1. Konsep tempat wisata dengan keindahan alam
Ini biasa menjadi faktor utama mengapa wisatawan luar Bandung kesengsem melancong ke Bandung. Menilik sejarahnya, dari zaman Belanda pun kesejukan dan keindahan alam di kawasan Bandung memang jadi alasan. Nama Lembang, Ciwidey, atau Pangalengan yang berada di perbukitan memang menyajikan pengalaman berwisata tersendiri.

Tak heran bila sampai kini pun selalu ada obyek-obyek wisata baru di kawasan perbukitan Bandung. Apalagi sekarang, faktor keindahan alam tersebut bukan saja jadi tempat rehat atau refreshing, namun jadi alasan buat berswafoto. Latar pegunungan, perkebunan teh, air terjun, atau danau jadi pesona tersendiri.

Dan para pengelola tempat wisata pun menangkap peluang tersebut dengan menghadirkan konsep wisata alam dengan pemandangan indah dan memiliki area luas. Selain pemandangan, aneka fasilitas dan wahana seru untuk adventure pun jadi daya jual tersendiri. Tipikal tempat wisata ini biasa menghadirkan wahana dengan konsep: wisata terpadu, spot-spot selfie, kuliner, wisata adventure, souvenir, hingga wisata buat anak.

2. Konsep wisata ruang publik
Untuk ruang publik ini biasa berada di area yang dikelola oleh pemerintah setempat, seperti kawasan Alun-Alun Bandung atau area Gedung Sate. Inilah tempat wisata yang biasa jadi favorit dimana tak lengkap rasanya bila ke Bandung tak mengunjungi ikon-ikon atau landmark di kota ini. Serunya juta, area luas ini jadi ruang bertemunya para wisatawan dari berbagai daerah. Apalagi di zaman pemerintahan Wali Kota Ridwan Kamil, ruang wisata area publik ditambah dengan hadirnya taman-taman atau area berkonsep alun-alun hingga sky walk seperti di Cihampelas.

3. Konsep wisata event
Ini juga jadi salah satu penarik arus kunjungan wisatawan. Bandung dikenal dengan event-eventnya yang menarik. Aneka kegiatan rutin yang digelar di Bandung biasa jadi penarik perhatian wisatawan, seperti event saat HUT Kota Bandung, peringatan Konferensi Asia Afrika, Tahun Baru, dan event lainnnya kerap mengundang lautan massa.

4. Konsep wisata kuliner
Ini yang menarik, selalu saja ada produk kuliner khas Bandung yang selalu inovatif. Selain produk kuliner legendaris dari dulu, produk kuliner kekinian pun jadi favorit wisatawan. Bahkan sekaliber para selebritas pun turut meramaikan khazanah wisata kuliner ini. Konsep wisata kuliner ini selain bisa untuk makan di tempat juga biasa jadi oleh-oleh favorit. Maka, bila buka usaha wisata kuliner di Bandung harus siap dengan segala inovasi plus persaingan.

5. Konsep wisata belanja
Untuk wisata belanja, terutama produk-produk wisata belanja, sama halnya dengan wisata kuliner. Bandung punya ciri khas dalam urusan ini, salah satunya wisata fashion. Bandung punya ciri khas wisata distro sampai factory outlet. Dan di era kekinian, wisata belanja produk busana muslimah pun kian naik daun.

Inovasi berbasis ciri khas pun jadi syarat utama untuk menarik perhatian wisatawan. Sama seperti wisata kuliner, untuk wisata belanja tak melulu berkonsep wah. Bila pelaku usaha wisata belanja bisa mengemas dan mem-branding usahanya dengan baik, mau lokasinya masuk gang atau kawasan perumahan pun akan diburu oleh wisatawan.

6. Konsep wisata edukasi
Untuk konsep wisata ini pun biasa jadi favorit wisatawan. Wisata pendidikan ini biasanya lebih khusus dengan segmentasi anak-anak atau anak sekolah. Beberapa tempat wisata di Bandung banyak yang menghadirkan konsep wisata yang ramah anak-anak, seperti tempat-tempat wisata di Lembang atau Ciwidey. Bahkan beberapa wisata kuliner pun kini tak sedikit yang menghadirkan konsep wisata ramah anak tersebut.

Tempat wisata lainnya yang jadi favorit wisata di Bandung yakni saat musim liburan sekolah adalah wisata ke museum, seperti Museum Geologi, Museum Gedung Sate, Museum Sri Baduga, dan lainnya.