Review

Ridwan Kamil dan Kemajuan Wisata Bandung



Wisata Populer di Bandung

Ridwan Kamil dan Oded M Danial dilantik jadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Senin (16/9/2013). Dan dalam masa kepemimpinan Kang Emil aneka jurus untuk membenahi Kota Bandung mendapat respons positif dalam sektor wisata. Dengan latar belakang arsitek, Kang Emil jeli menangkap peluang dalam menjual wisata Bandung. Tentunya pula program mendukung indeks kebahagiaan ala Ridwan Kamil bukan saja buat warga Bandung tapi juga berimbas kepada para pelancong yang berkunjung ke Kota Bandung.

Apa saja di antaranya yang jadi catatan sepak terjang Ridwan Kamil dalam membangun sektor wisata Kota Bandung?

1. Revitalisasi ruang publik
Selama kepemimpinannya,  Kang Emil membenahi taman/ruang publik lebih ramah wisata, seperti Taman Jomblo, Taman Musik, Taman Sejarah, Alun-Alun Cicendo, Alun-Alun Regol, Alun-Alun Ujungberung, Teras Cikapundung, Teras Cihampelas, Taman Bali Kota, Taman Vanda, Taman Radio, Taman Lansia, dan lainnya. Dan yang paling fenomenal adalah pembenahan Taman Alun-Alun Bandung yang jadi ikon wisata Bandung. Juga lainnya pembenahan trotoar di beberapa titik di Kota Bandung.

2. Pembenahan wisata kuliner
Juga dalam urusan wisata kuliner, beberapa lokasi dibenahi seperti di kawasan Pasar Cihapit atau area Jln. Balong Gede. Fasilitas lain yang tak kalah  menarik di mata wisatawan adalah hadirnya sarana transportasi wisata Bandung Tour on Bus (Bandros) dan Bike On The Street Everybody Happy (Boseh).

Bukan itu saja, dukungan kepada para pelaku usaha kuliner pun dilakukan Kang Emil. Di antaranya dukungan terhadap bisnis kuliner yang dikelola oleh para selebritas seperti Makuta, Princess Cake, atau Kunafe. Selain itu, jangan lupa pula ada gelaran Culinary Night yang dilaksanakan di kecamatan-kecamatan yang ada di Kota Bandung.

3. Wisata sejarah Bandung
Nama China Town Bandung pun tak lepas dari dukungan Ridwan Kamil. Hadirnya China Town bukan saja sebagai wisata sejarah Bandung, juga mengokohkan eksistensi Bandung sebagai kota yang tinggi toleransi beragama. Tempat wisata yang berada di Jalan Kelenteng nomor 41 ini dekat dengan Kelenteng Satya Budhi, salah satu kelenteng tertua di Bandung. Lokasi lainnya ada di belakang kompleks perkantoran Balai Kota Bandung dengan hadirnya Taman Sejarah dan Bandung Planning Gallery.

4. Aneka event wisata
Salah satu lokasi yang jadi favorit wisatawan untuk menghadiri event wisata Bandung di era Wali Kota Ridwan Kamil adalah Jl. Ir. Sukarno di sebelah Gedung Merdeka. Jln. Asia Afrika pun tak luput dari jadi lokasi event wisata sejarah. Salah satunya pelaksanaan peringatan KAA ke-60 pada tahun 2015 lalu.

5. Promosi jalur medsos
Gaya Kang Emil yang juga bisa merangkul kaum muda lewat jalur media sosial turut mendukung dalam promosi wisata. Kang Emil selain sebagai konseptor dalam pembenahan/revitalisasi aneka area publik, seperti taman, juga sukses menjadi corong promosi lewat media sosial. Memang di zaman digital ini, bila promosi wisata lewat jalur konvensional agak kurang. Namun, lewat jalur medsos, respons dari pengguna gadget pun bisa langsung viral.

Tak bisa dimungkiri, saat ini naiknya Ridwan Kamil dari Wali Kota Bandung menjadi Gubernur Jawa Barat menyisakan kenangan bagi dunia wisata Bandung. Pertanyaannya: apakah Wali Kota Oded M Danial dapat mengikuti jejak Ridwan Kamil dalam pengembangan potensi dan promosi wisata Bandung? Dan tentunya pengalaman Ridwan Kamil dalam mengelola sektor wisata Bandung bisa ditularkan ke kota-kota lain di Jawa Barat.





share to whatsapp