Tiga Destinasi Wisata Jabar Ini Akan Dikembangkan Berkelas Dunia




Musrenbang Wisata Jawa Barat

Musrenbang RPJMD Jawa Barat 2018-2023 digelar di Grand Ballroom The Trans Luxury Hotel, Bandung pada Selasa (13/11/2018). Dalam Musrenbang ini, tiga destinasi di Jawa Barat akan  dikembangkan menjadi kelas dunia.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menegaskan, tiga destinasi pariwisata di Provinsi Jawa Barat (Jabar) tersebut yaitu Kota Bandung, Geopark Ciletuh, Pelabuhanratu, dan Pantai Pangandaran. Ketiga destinasi ini masing-masing mempunyai keunggulan yakni sebagai wisata belanja, UNESCO Global Geopark (UGG), dan sebagai destinasi marine tourism dengan beberapa spot surfing kelas dunia.

Untuk mendukung pengembangan tiga destinasi kelas dunia sebagai unsur penting dalam 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibiltas) pariwisata, khususnya untuk atraksi tersebut, telah disiapkan dukungan aksesibililitas yang memadai khususnya Bandara, Pelabuhan, maupun akses jalan tol menuju lokasi.

“Selain Bandara Internasional Husein Sastranegara yang memiliki kapasitas 1 juta penumpang, Jabar juga didukung dengan Bandara Internasional Kertajati yang mulai beroperasi 24 Mei 2018 dan sejumlah maskapai antara lain Citilink, Lion Air, Trans Nusa membuka jalur di sana,” kata Arief Yahya.

Menpar pun menjelaskan, kedua bandara ini dikelola oleh PT Angkasa Pura 2 (Persero) dan berhasil menjadikan Bandara Husein Sastranegara berada di peringkat 3 dari total 60 bandara dalam kategori Best Airport by Size dalam survey Airport Service Quality (ASQ) yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI) pada tahun 2017 dari 317 bandara.

Sementara itu untuk aksesibilitas jalan darat, kata Menpar Arief Yahya, mulai dibangun jalur kereta api (KA) Rancaekek-Tanjungsari sepanjang 11,5 km yang akan terkoneksi dengan pembangunan jalur KA menuju Bandara Internasional Kertajati. Selain itu dibangun jalur KA menuju destinasi unggulan Pantai Pangandaran dari Banjar-Pangandaran- Cijulang sepanjang 82,0 km dan Bandung-Ciwidey 37,8 km.

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS