Review

25 Tempat Kuliner Kekinian Saat Liburan di Bandung



Kuliner favorit di Bandung 2018

Akhir tahun biasa sudah masuk musim hujan. Dan jalan-jalan di Bandung akan lebih asyik dengan hunting kuliner. Saat cuaca Bandung dingin, memang menikmati kuliner sambil nongkrong bareng jadi keseruan tersendiri. Nah, bagi Anda yang sedang mencari tempat kuliner kekinian di Bandung yang pas buat makan-makan sambil nongkrong, berikut ini rekomendasi tempat kuliner di Bandung.

1.  Mie Baso Joko Sirod
Anda bisa datang ke Jln. Embong.  Baso disini dilengkapi dengan pangsit rebus, taburan ayam suwir dan ceker. Bisa juga dipadukan tahu goreng atau siomay (by request). Selain rasanya lezat, porsinya pun bikin kenyang. Tak heran bila tempat ngebaso ini laris manis ramai oleh pengunjung. Jangan lupa pula cobain es campurnya. Untuk kisaran harga basonya dibawah Rp30.000.

2. Kafetaria Jasmine
Bagi yang kuliah di ITB atau Unpad Dipatiukur, cobain deh ke tempat makan di Jl. Dayang Sumbi No. 10, Bandung, (samping Mushola klinik Jasmine MQ Medika). Kisaran harga dari Rp3000 s.d. Rp25.000 (rata-rata dibawah Rp20.000). Buka dari pukul 9 pagi sampai 10 malam. Instagram @kafetariajasmine.

3. Vitamin Seafood Cafe
Lokasinya di Jln. Golf Raya 1 Dago Bandung (kavling ruko rooftop seberang perumahan Resor Dago Pakar), telepon 022-20453500. Cafe ini cocok banget buat nyantai sambil menikmati aneka menu seafood dan kopi. Instagram @vitaminseafoodcafe.

4. Magma Plate Resto
Lokasinya di Jln. Brigjen Katamso no. 45, Bandung. Buku dari pukul 10.00 s.d. 22.00 WIB. Telepon 0895-60358-7961 (WA). Di musim hujan gini, cocok banget nih buat nyoba aneka menu yang disajikan ala hot plate di sini. Instagram @magmaplate.

5. Sate Anggrek
Bagi yang lagi jalan-jalan di sekitaran Jln. Riau atau Pasar Kosambi, bisa mampir dulu ke tempat sate legendaris di Bandung ini. Di sini ada sate sapi, sate kambing, dan sate ayam. Bumbu kacangnya mantap bener. Lokasinya di Jl. Anggrek (kawasan Jl Riau). Untuk kisaran harganya dibawah Rp30.000/porsi.

6. Sate Gandapura
Ini tak jauh dari Tugu Taman Pramuka nyeberang ke Jln. Gandapura arah tembus ke Stasiun Cikudapateuh. Ini pun masuk tempat nyate favorit warga Bandung dan wisatawan. Cobain juga sotonya yang ajib banget.

7. Lontong Kari dan Kupat Tahu Cicendo
Kuliner Legendaris yang sudah eksis sejak 1967 di Bandung. Bagi yang lagi nyari sarapan pagi bisa mampir ke Jl. Cicendo, samping Apotek Cicendo, dekat Gg. Polisi.

8. Mie Ayam Mas Joko Gepeng
Bagi yang lagi lewat Pasteur, bisa melipir dulu ke tempat mie ayam yang terkenal di Bandung Utara ini. Lokasinya di Jl. Soetami (pertigaan kolam renang Karang Setra). Topping semangkuk mie ayamnya ada ayam semur, baso,  dan ceker. Kisaran harga dibawah Rp15.000/porsi.

9. Ketoprak Surya
Buat yang nyari sarapan, tempat ini buka biasa dari pukul 6 sampai 10 pagi. Lokasinya di Jln. Pagarsih (depan toko nomor 196).

10. Seafood Kiloan Bang Bopak
Berdiri sejak April 2016, Seafood Kiloan Bang Bopak kini semakin jadi primadona para penggemar kuliner di Kota Bandung. Bahkan tak sedikit para selebritas pun yang suka mampir ke sini. Tempat makan ini awal berdiri di Jlm. Katamso, dan kini sudah buka cabang di Jln. Pahlawan, Jln. Riau, dan di Jatinangor.

11. Picknick Kaliki atau Picknick on The Roof
Lokasi cafe yang dibuka pertengahan 2018 ini berada  di Jln. Pasirklaki no. 176. Biar ga bingung cari lokasinya cari aja di Google Maps "Picknick Bandung". Untuk tempatnya sendiri berada di lantai puncak (lantai 4) rooftop Gormetaria. Buat ke Picknick on The Roof tinggal naik lift aja. Di sini, pengunjung bisa bersantai di area tempat duduk yang nyaman banget  sambil menikmati view citylight kota Bandung  360 derajat. Instagram: @picknick.kaliki

12. Utara Cafe
Terletak dikawasan Dago atas dan berada sebelum kawasan Tebing Keraton. Tempatnya nyaman banget dan instagrambale. Jika Anda pernah ke Tebing Keraton, di area sini ada cafe D’Pakar. Café Utara ini masih satu manajemen dengan Cafe D’Pakar yang jaraknya pun tidak terlalu berjauhan.Utara Cafe buka dari pukul 11.00 s.d. pukul 22.00 WIB.  Di tempat ini pun tersedia WiFi gratis dan bayar bisa pakai kartu debet. Bila masih penasaran dengan cafe ini, silakan lihat-lihat di instagramnya @utaracafe.

13. Heavens Cafe
Cafe ini cocok buat ngebincangin bisnis atau kumpul. Akses mudahnya sih dari arah stopan Buah Batu belok kanan ke arah Jln. Pelajar Pejuang 45 terus saja sampai perempatan lalu belok kiri ke arah Jln. Lodaya. Cafe ini berseberangan dengan Mie Baso Akung. Untuk area parkir mobil di pinggir jalan dan motor bisa di dalam. Saat sampai di cafe ini, pengunjung akan merasakan suasana cafe ala rumahan banget. Untuk area duduk ada indoor dan outdoor. Anak-anak muda biasanya nongkrong di outdoor.

14. Bebeke Om Aris
Nama tempat makan warung tenda ini sudah dikenal sejak 2010 lalu terutama oleh kalangan mahasiswa yang ada di Jln. Dipatiukur. Lokasinya sendiri berada di arah gerbang selatan kampus Universitas Padjadjaran alias Unpad persis di seberang barat Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat atau lebih dikenal dengan Monju. Instagram @bebekeomaris.

15. Sydwic Cafe
Merupakan kafe yang jadi salah satu favorit wisatawan di Jln. Cilaki No 63, Bandung. Lokasinya tak jauh dari SMAN 20 Bandung di jalan yang satu arah. Jadi Anda bisa masuk dari arah sisi timur Gedung Sate lewat Jln. Cisangkuy lalu putar balik melewati Jln. Cilaki. Kafe ini pun bisa diakses dari Jln. LLRE Martadinata (Jln. Riau) lewat Jln. Ciliwung ke Jln. Cilaki (area Taman Pustaka Bunga).

16. Indischetafel
Di Jln. Sumatera ini pun ada cafe yang mengusung konsep bangunan tempo doeloe. Namanya Indischetafel. Ini merupakan sebuah restoran bernama Indischetafel berbentuk rumah Belanda bergaya klasik.  Cafe favorit wisatawan ini persisnya ada di Jln. Sumatera No 19, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

17. Cafe Cinde
Menawarkan konsep foodcourt yang menarik, unik, dan tentunya bikin suasana santai. Pengunjung dapat merasakan atmosfer galeri dengan menikmati mahakarya patung dan lukisan yang membuat suasanan Cafe tampak berbeda. Cafe bergaya vintage ini sangat pas buat ngariung (berkumpul) dengan konsep semi terbuka.

Cafe Cinde terletak di Jln. Pahlawan no. 58 Bandung.Untuk rute ke lokasi, bila dari arah Jembatan Pasupati, terus saja ke arah timur sampai melewati Gedung Telkom ke arah Jln. Suci. Nah, di perempatan/stopan Jln. Surapati - Jln. Pahlawan, ambil kiri ke arah Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra lalu putar balik ke arah jalan kiri (karena jalan satu jalur) persis sebelum stopan. Tempatnya memang tidak terlalu terlihat dari jalan karena terhalang pepohonan di pinggir jalan. Namun ada penanda sign board Cafe Cinde.

18. Lomie ST1 Aquarius
Lomie Ayam dan Yamien Manis dari Lomie ST1 Aquarius yang cocok banget disantap ketika cuaca lagi dingin. Lokasinya Jln. Dago (samping bekas tokok kaset Aquarius). Lomie di sini dilengkapi taburan pangsit goreng.

19. Cocorico Fantasy Garden 
Bila lagi cari tempat kuliner yang bernuansa romantis, inilah tempatnya. Live music setiap jumat dan sabtu. Photo spotnya juga keren banget. Cocorico Fantasy Garden, Jln. Bukit Pakar Timur No.19, Ciburial, Cimenyan, Bandung. Booking/reservation ke (022) 250 3262 atau 0819-1046-4900 Instagram @cocoricofantasygarden.

20. Baso Mang Ja'i
Bila ke Bandung, rasanya belum jajal kuliner Baso Mang Ja'i terasa kurang lengkap. Tempat ngebaso dengan tampilan sederhana ini selalu ramai oleh pengunjung. Lokasi Baso Mang Ja'i ini ada di Jl. Gudang Selatan (seberang rel kereta Kosambi), belokan Jln. Gandapura ke arah kiri yang ada pangkalan becak.

21. Roti Gempol
Pengen nyoba roti bakar gandum manis dan asin buat sarapan? Bisa kamu temukan di Roti Gempol, salah satu kuliner legendaris di Bandung. Buka dari pagi dan harganya bersahabat, mulai dari Rp16.000 per porsi per-orangan / Rp 46.000 untuk porsi sharing Lokasinya di Jln. Gempol Wetan No.14, Bandung.

22. Bubur Ayam Palaguna
Bagi yang lagi nyari buat sarapan bisa menjajal bubur legendaris di kawasan Alun-alun Bandung ini. Lokasinya di Jl. Dalem Kaum (dekat Restoran Queen.ada di sebelah kiri jalan). Buka dari pukul 06.00 s.d. 09.00 Harga Rp18.000/porsi. Ciri khas bubur di sini tekstur buburnya sedikit encer dan toppingnya bejibun.

23. D'Pakar Cafe
Ini nih tempat kuliner dan nongkrong favorit wisatawan yang berlokasi di Jln. Dago Pakar Utara. Di sini banyak spot  kece buat foto-foto dan pastinya adem banget karena ada di kawasan Dago Atas. Cafe ini Senin tutup, dan bukanya Selasa-Jumat: 11.00-18.00 serta Sabtu-minggu: 09.00-18.00. WA: 0851 0267 7787. Instagram @dpakarbandung.

24. Mie Ayam Cipaganti
Lokasinya di kiri jalan, depan Masjid Cipaganti. Selain rasanya enak, tekstur mienya kenyal, potongan ayamnya juga banyak. Tentunya harganya yang sangat terjangkau hanya sekitar Rp17.000an bisa jadi pilihan Anda.

25. Kedai Sadudulur
Pengen nyobain nasi tutug oncom, makanan khas Sunda yang gurih dengan sambal yang pedas? Datang saja ke Kedai Sadudulur yang berlokasi di Jl. Lodaya no 20 (depan AIA, samping kios pulsa)
Jam buka: Senin-Jumat 09-19.00, Sabtu 09.00-15.00, (Minggu libur). WhatsApp: 08122 0803 390 (WA). Instagram @sadudulurkedai.




share to whatsapp