Review

Danau Alam Lestari, Kesejukan Wisata Alam Hulu Sungai Citarum

share to whatsapp



Danau Alam Lestari Pacet

Bicara Sungai Citarum memang agak sih risih apalagi bila melihatnya sebagai sungai paling tercemar di dunia. Upaya pun terus dilakukan untuk membersihkan sungai ini. Namun bila melihat keadaan jalur hulu sungai tersebut, keindahanlah yang didapat. Seperti sumber Situ (Danau) Cisanti yang menjadi awal perjalanan aliran Sungai Citarum. Selain nama Situ Cisanti yang kini jadi obyek wisata, ada pula Danau Alam Lestari.

Danau Alam Lestari ini merupakan salah satu sumber mata air yang mengalir ke Sungai Citarum. Sama seperti "saudaranya" Situ Cisanti, Danau Alam Lestari pun dibenahi oleh para prajurit Kodam III/Siliwangi Satgas Citarum Harum dan para penggiat lingkungan. Bersama masyarakat Desa Pangauban dan Pihak Perhutani mereka bahu membahu merawat dan membenahi serta menata dengan baik agar Danau Lestari ini bisa dijadikan sarana obyek wisata alam yang sejuk dan indah.

Sumber mata air
Danau Alam Lestari salah satu sumber mata air yang berada di Desa Pangauban, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Melalui tangan-tangan emas Prajurit Maung Siliwangi yang tergabung pada Satgas Citarum Harum Wilayah Sektor II, dibawah Komando Kolonel Inf. Mulyono selaku Dansektor II, Danau Alam Lestari kini telah ditata sehingga lingkungannya lebih sedap dipandang mata, terlebih sumber mata air danau lestari airnya jernih dan bersih.

 Sebelumnya, Danau Alam Lestari ini tidak terawat dengan baik dan terkesan kumuh serta tidak punya nilai jual obyek tempat wisata. Kini, semua berubah Danau Alam Lestari menjadi salah satu tujuan obyek wisata daerah yang menyajikan pemandangan alam nan asri dan instagramable.

Rute ke Danau Alam Lestari
Untuk menambah daya tarik wisatawan, di area danau sudah dilengkapi aneka fasilitas seperti aneka arena permainan dan spot-spot foto selfie. Bila Anda penasaran ingin mengunjungi Danau Alam Lestari, aksesnya dari arah keluar tol Buah Batu - belok kanan ke Bojongsoang - Baleendah - Jelekong - Terminal Ciparay - ambil kanan ke arah Pacet yang menuju Situ Cisanti.

Lokasinya tak jauh dari Kolam Renang AW Strawberry. Bila masih bingung silakan ketik di Google Maps "Danau Alam Lestari". Lokasi wisata alam ini cocok buat yang hobi touring maupun ngagowes sepeda.




share to whatsapp