Review

19 Tempat Kuliner Tradisional Legendaris di Bandung

share to whatsapp



Kuliner Legendaris Bandung

Jalan-jalan di Bandung rasanya belum lengkap bila belum hunting kuliner. Selain banyak pilihan menu kuliner modern, di Bandung pun banyak tempat kuliner legendaris yang telah ada sejak puluhan tahun lalu. Berikut ini rekomendasi tempat kuliner tradisional legendaris di Bandung yang bisa Anda coba nikmati.

1. Kue Balok Nusasari
Terletak di Jalan Moh.Toha Bandung. Bila dari arah keluar tol Moh. Toha terus saja ke arah stopan dan luru arah ke PT Inti. Lokasinya sebelum Polsek Regol.

2. Es Lilin Bandung Aneka Rasa
Es lilin ini bisa Anda  nikmati dengan pilihan rasanya yang beragam. Sebutlah rasa cokelat, durian, anggur, alpukat, vanilla, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh karena daya bekunya cukup lama. Lokasinya di Jl. Cikawao No.39, Paledang, Bandung

3. Surabi Cihapit
Lokasinya di Jl. Cihapit, Bandung. Cukup merogoh kocek Rp2.000-Rp10.000 per porsi, Anda bisa puas menikmati camilan ini dengan pilihan aneka topping yang disediakan.

4. Kue Balok Kang Didin
Jika hampir setiap sore menjelang malam kedai kue balok yang berada di jalan Abdul Rahman Saleh atau sekitar Bandara Husain Sastranegara ini selalu ramai. Kedai lainnya berada di kawasan Dago. Buka sejak 1960, kue balok yang dulunya hanya memiliki rasa manis original kini sudah memiliki banyak rasa seperti, coklat, keju, green tea, red velvat, strawbery dan lainnya. Harga untuk setiap kue balok berkisar antara Rp.2000-3000 saja, jika tidak mau lama mengantre anda harus datang sejak pukul 17.00 saat kedai baru saja buka.

5. Batagor Haji Isan
Batagor Haji Isan terletak di Jl. Bojongloa No.38, Panjunan, Bandung adalah pelopor makanan khas Kota Kembang ini lho. Dirintis pada tahun 1970-an, kini Batagor Haji Isan telah memiliki gerai di berbagai pelosok kota Bandung. Tekstur batagornya kering di luar, namun lembut dan gurih di dalam. Kamu bisa memilih mau menikmati batagor ini dengan saus kacang pedas atau disiram dengan kuah panas yang segar.

6. Bandros Cowboy Cisangkuy
Loksinya di Jl. Cisangkuy No.56, Citarum, Bandung. Bandros di sini menjadi familier karena penjualnya selalu memakai topi cowboy saat berdagang, pun karena menu yang disediakan punya varian rasa yang beragam. Sebutlah rasa green tea, coklat, keju, tobleron, kitkat, oreo, dan susu.

7. Kue Balok Mang Udju
Kedainya berlokasi di Jln. Cihapit atau Pasar Cihapit. Cabangnya ada di Jln. Purwakarta, Antapani, bersebelahan dengan Pizza Hut Delivery Antapani. Kue balok Mang Udju ini terkenal dengan adonannya yang kental dan teksturnya yang selalu lembut seperti spons cake. Rasa dasar dari kue baloknya terdiri dari, Vanila, Browenis/brokal, Green Tea, dan Red Velvet, adapun topping tambahan bisa menggunakan choco chips, keju, kacang, kismis dan lainnya. Harga dibanderol Rp2000-3000 atau bisa juga membeli dengan harga Rp20.000 untuk 1 dus berisi 10 picis kue balok aneka rasa.

8. Kupat Tahu Gempol
Berlokasi di Jl. Gempol Kulon No.53, Citarum, Bandung. Kupat tahu ini menjadi sedikit berbeda karena kerupuk yang dipakai adalah kerupuk terasi yang berwarna merah. Anda harus datang pagi-pagi karena Kupat Tahu Gempol selalu ramai pengunjung meski lokasi jualannya agak terpencil dari jalan besar.

9. Surabi Sukur
Kedai Surabi Sukur yang berlokasi di Jalan Bagusrangin No 7, Coblong, Kota Bandung, menghadirkan menu surabi dengan beragam tampilan yang kekinian. Konsumen dapat memilih berbagai varian rasa dan toping, baik manis atau asin. Mulai dari topping keju, pisang, blueberry, green tea, ayam suir, sosis, dan lainnya.

10. Surabi Imut
Dikenal juga dengan sebutan Surabi Enhaii karena terletak di depan Kampus NHI (National Hotel Institute) yang kini telah berubah menjadi Sekolah Tinggi Pariwisara Bandung (STPB). Disebut-sebut sebagai pelopor dalam memodifikasi jajanan tradisional khas Kota Kembang tersebut. Di kedai ini sendiri tersedia sedikitnya 23 varian rasa dengan topping yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yaitu, serabi oncom keju special, coklat susu, ayam telor keju spesial, dan masih banyak lagi.

11. Tenda Surabi Durian
Lokasinya depan IGD Rumah Sakit Hasan Sadikiin (RSHS), Pasteur, Sukajadi, Kota Bandung. Sesuai namanya, yang jadi andalan di sini adalah surabi dengan topping saus durian. Bayangkan saja, surabi yang kenyal dan lembut dengan siraman saus durian melimpah yang legit dan kental. Jangan lupa taburan keju yang banyak diatasnya. Sempurna! Khususnya buat Dolaners yang doyan banget sama durian.

12. Goyobod Kiliningan (Gokil)
Berlokasi di daerah Buah Batu, Goyobod Kliningan, lokasinya memang di Jalan Kliningan no B9, Bandung. Warung goyobod yang buka sejak tahun 2000 ini,  berjualan antara  pukul 09.00-17.30.

13. Lotek Alkateri
Lokasinya tak jauh dari Taman Alun-Alun Bandung ke arah barat sedikit melewati Kantor Pos Besar. Di Jln. Alkateri ini ada lotek legendaris yang dikenal dengan nama jalannya tersebut. Lotek ini telah hadir sejak puluhan tahun silam. Lokasinya beberapa meter menuju persimpangan Jalan ABC. Sebagai patokan, ada gerobak es cendol dekat kedai ini.

Sekarang, Lotek Alkateri telah dipegang oleh generasi keduanya, Oom. Dia meneruskan usaha sang ibu sejak tahun 1988. Ciri khas dari lotek ini adalah pembungkusannya yang digulung kerucut bak es krim cone yang dikenal dengan cangkedong. Kerupuk berwarna merah terasi diaduk dengan adonan lotek. Biasanya buka dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB, tergantung ludesnya lotek.

14. Lotek Macan
Warung Lotek Macan Tidak hanya lotek, di Warung makan yang terletak di Jalan Macan, Burangrang, Lengkong ini juga bila Ramadhan ada aneka hidangan yang cocok untuk takjil buka puasa. Baca juga: 6 Takjil yang Paling Dicari untuk Buka Puasa Seperti aneka kolak, bubur lemu, dan aneka rujak. Warung Lotek Macan sudah ada sejak 1956 dan awalnya memang berjualan rujak.

15. Perkedel Bondon
Lokasinya sebelah selatan Stasiun Bandung di Jln. Kebun Jati Nomor 42. Ada warung perkedel legendaris yakni Perkedel Bondon. Warung ini buka dari pukul 23.00. Satu perkedel dihargai Rp 2.000. Rasa perkedel yang gurih dengan kulit garing membuat orang jadi sulit berhenti mengemil perkedel apalagi saat cuaca Bandung sedang dingin.

16. Lotek Ciateul
Salah satu lotek yang sudah sangat legendaris berusia puluhan tahun adalah Lotek Ciateul di Jalan Ibu Inggit Garanasih Nomor 92 Kota Bandung. Selain bisa menyantap lotek, kita pun bisa menikmati kesegaran dan dinginnya es lilin. Es lilin itu memang bukan produk Laniwati, tetapi bisa dinikmati sambil menunggu antrean pembeli lotek yang tersedia dalam aneka rasa seperti mangga, durian, sirsak, ketan hitam, kacang ijo, kacang merah, dan lainnya.

17. Rujak Ciherang
Bila Anda telah berwisata dari Ciwidey, coba ambil jalan ke arah Soreang menuju Banjaran. Sebelum Alun-Alun Banjaran ada Rujak Ciherang. Tak hanya usia yang membuat rujak ini terkenal, tapi juga kekhasan kecombrang atau buah honje dalam menunya. Tak hanya kecombrang, rujak ini berisi buah-buahan lain, seperti nanas, kedondong, bengkoang, jambu air, mangga muda, mentimun, ubi merah, dan buah-buahan lain yang lagi musim. Anda pun bisa beli bumbu rujaknya yang sudah dikemas.

18. Rujak Banci
Maksudnya banci ini adalah kombinasi rujak buah tradisional dengan tauge dan pisang batu. Beberapa buah-buahan, seperti jambu air, bengkoang, dan lain-lain, sudah dalam bentuk asinan sebelum dicampur jadi satu ke dalam sajian rujak dan kemudian disiram bumbu. Dengan adanya tambahan bahan asinan buah, street food yang ada di Jl. Durman ini tak kalah segar sama asinan Bogor. Tak heran, pembeli bisa sampai rela berlama-lama ngantri di kedainya. Lokasiny di Jl. Durman No.17, Kebon Jeruk, Andir, Kota Bandung jam buka dari pukul 10.00 – 13.00 WIB. Harganya Rp8000 per porsi.

19. Rujak Cingur Lotek Bu Azis
Lokasinya di Jl. Parakan Indah, Batununggal, Bandung Kidul, Kota Bandung. Ada karedok lontong, rujak serut, rujak cuka, batagor bumbu kacang, batagor kuah, dan street food lain-lain yang tak kalah sedapnya.




share to whatsapp