Review

Komunitas Creavill Bandung Gelar Wisata Jelajah Sudut Kota di Braga

share to whatsapp



Komunitas Creavill Bandung

Komunitas pemberdayaan masyarakat Creavill Bandung mengadakan kegiatan “The Real Braga Tour” di salah satu desa binaan Creavill di Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung pada Minggu (13/01/2019).

The Real Braga Tour mengajak masyarakat khusunya dari luar Braga untuk mengenal potensi serta sisi lain Braga melalui wisata sejarah serta slum tour. Braga ditunjuk sebagai distrik wisata Bandung oleh pemerintah Kota Bandung karena lokasinya yang strategis dan memiliki potensi wisata, seperti ragam kuliner lokal yang tersedia di sana, bangunan bersejarah peninggalan masa penjajahan Belanda dan bebagai acara hiburan yang sering diadakan di sekitar Braga. Keunikan tersebut  menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun internasional.

Namun di samping lokasi strategis serta potensi yang dimilikinya, Braga menyimpan  sisi tersembunyi yang belum banyak diketahui masyarakat luas. Rendahnya tingkat pendidikan, mata pencaharian warga setempat yang tidak menentu, ketergantungan akan rentenir, hingga masalah ketersediaan septictank merupakan realita dibalik keelokan Braga.

Melalui kegiatan ini, peserta berkesempatan untuk mengunjungi, merasakan, dan mengalami kondisi nyata yang dialami oleh warga Kelurahan Braga. Dengan biaya sebesar Rp35.000,- , peserta mendapat perlengkapan untuk tur dan donasi yang terkumpul menjadi dana operasional pemberdayaan masyarakat Braga oleh Creavill Bandung.

Bekerja sama dengan warga setempat, the Real Braga Tour terlaksana untuk pertama kalinya dan berhasil mengajak sebanyak 67 peserta untuk menikmati perjalanan yang menyuguhkan sisi lain Braga sebagai pusat wisata di tengah Kota Bandung. Jumlah peserta ini melebihi target awal 50 peserta.

Pada pelaksanaanya, Creavill Bandung memfasilitasi kader lokal dari RW 3 Braga dibantu oleh Klab Edukator SMKAA untuk berpartisipasi sebagai tour guide. Para pemuda yang merupakan penduduk asli Braga diharapkan dapat ikut memberdayakan potensi Braga dengan cara mengenalkannya kepada publik.

Kegiatan ini menjadi sarana belajar serta langkah awal agar kedepannya mereka dapat mengelola tur Braga secara mandiri, dan pada akhirnya menjadi agen perubahan bagi tempat tinggal mereka sendiri.Kedepannya, Creavill Bandung berencana mengadakan kegiatan tur serupa yang cakupannya lebih besar melalui kegiatan “Journey from Pasirlangu to Braga” yang akan memperkenalkan dan menyatukan potensi dua desa binaan Creavill Bandung, yaitu Braga, Kota Bandung, dan Pasirlangu, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. *(CM)

CREAVILL BANDUNG
Email: creavill.bdg@gmail.com
IG: @creavill.bdg




share to whatsapp