Bebek Asap Balcon, Kuliner Pilihan di Jalan Lodaya Bandung




Bebek Asap Balcon Jln Lodaya

Gerimis mengguyur sekitar Jln. Lodaya pada suatu malam di pertengahan Februari 2019. Cocok banget nih cari makan di kawasan ini buat mengusir lapar di perut. Dan kali ini, tim wisatabdg.com mencoba menjajal satu tempat makan baru di seberang Bank BJB Jln. Lodaya. Namanya Bebek Asap yang alamatnya di Jln. Lodaya 19 Bandung. Rasanya admin lumayan kenal dengan bangunan yang kini jadi tempat kuliner tersebut. Rupanya bangunan ini dulunya adalah kantor redaksi Majalah Sunda Mangle.

Lokasi Bebek Asap Balcon mudah dijangkau dari berbagai arah. Anda bisa masuk dari arah Jln. BKR atau dari arah Jln. Burangrang. Mudahnya, liat aja di Google Maps dengan kata kunci "Bebek Asap Balcon". Buat area parkirannya lumayan muat beberapa mobil.

Dan saat masuk ke Bebek Asap ini, Kedai Bebek Asap ini  Pada bagian atas kedainya terdapat plang  berwarna merah yang bertuliskan "Bebek Asap" beserta ikon tulisan Balcon di bagian tengahnya. Saat memasuki bagian dalamnya, terdapat sejumlah kursi dan meja kayu yang tersusun rapi. Terdapat pula pernak pernik piring keramik dan pajangan jendela jadul yang terpajang di beberap dindingnya.

Suasana di dalamnya begitu terasa layaknya rumah makan tempo dulu namun tidak berkesan kuno. Hal ini terlihat dari adanya kaca-kaca besar yang terpasang di bagian depannya. Dan yang pasti sajian khas olah bebek di sini harus dicoba. Sajian bebek asap memiliki cita rasa yang berbeda ketimbang yang digoreng, bahkan disebut lebih terhindar dari lemak kolestrol. Banyak orang yang menyukai hidangan yang satu ini.

Sambal pedas khas Bebek Asap Balcon
Seporsinya disajikan secara komplit yang terdiri dari nasi putih, bebek yang telah diasap, tahu, tempe, serta tambahan garnis yang terdiri dari timun, tomat, selada, dan sambal asap judes sebagai pelengkap. Dan yang pasti, gak lengkap rasanya bila menjajal olah bebek tanpa sambal. Di sini ada pilihan sambal sambal asap, sambal judes, sambal matah, dan sambal hijau. Dan, bagi penyuka sambal pedas cobain deh sambal judesnya. Edun, nendang banget! Ya, walaupun sambal lainnya pun masuk kategori pedas.

Untuk sajian bebek asapnya berukuran cukup jumbo dengan corak warna coklat tua karena proses masak dengan cara diasap. Untuk daging bebek yang digunakan adalah daging bebek hybrid dan bebek jumbo yang rendah kolesterol. Saat mencicipinya, terasa tekstur daging bebeknya yang empuk dan gurih dengan paduan bumbu nan nikmat. Bumbunya itu lho yang punya cita rasa tersendiri.

Pilihan menu lainnya
Menu lainnya yang ada di sini ada ayam asap, ayam original, ayam kremes, lele asap, ikan nila asap, bawal bakar, aneka menu sayuran, dan lainnya. Adapun yang membedakan sajian khas Bebek Asap Balcon dengan lainnya adalah sajian bumbu asapnya. Untuk bumbunya ada rasa-rasa ketumbar, lengkuas, bawang putih, bawang merah, daun salam, dan sereh.

Untuk makin memanjakan pengunjung, Kedai Bebek Asap Balcon juga menyediakan fasilitas penunjang lainnya di antaranya adalah WiFi, parkiran, serta mushola dan toilet yang ada di bagian belakang. Untuk jam operasional Bebek Asap Balcon dibuka setiap hari pada pukul 11.00 WIB-21.30 WIB.

Berikut ini pilihan dan harga menu bebek di Bebek Asap:

Bebek Asap Original
- Dada/paha: Rp29.000
- Paket: Rp36.000
- 1/2 ekor: Rp49.000
- Paket 1/2 ekor: Rp56.000
- 1 ekor: Rp95.000

Bebek Asap Judes
- Dada/paha: Rp29.000
- Paket: Rp36.000
- 1/2 ekor: Rp49.000
- Paket 1/2 ekor: Rp56.000
- 1 ekor: Rp95.000

Bebek Asap Goreng
- Dada/paha: Rp29.000
- Paket: Rp36.000
- 1/2 ekor: Rp49.000
- Paket 1/2 ekor: Rp56.000
- 1 ekor: Rp95.000

Pilihan menu pelengkap lainnya selain bebek ada, bawal, tempe goreng (Rp3.000), kremes, sayur asem (Rp10.000), tumis kangkung (Rp10.000), ayam goreng (Rp22.000), ayam asap judes (Rp22.000), ayam bakar (Rp22.000) dll. Untuk minuman ada piliah aneka bubble drink (avocado, matcha green tea, melon tea, blueberry tea, dll) dengan bandrol Rp12.000. Juga ada orange juice (Rp15.000), teh tawar (Rp4.000), teh manis (Rp6.000), lemon tea (Rp10.000), dll.

Bebek Asap Balcon
 Jl. Lodaya No.19, Malabar, Lengkong, Kota Bandung (seberang Bank BJB Lodaya)
Telepon: 0877-7888-7444

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS