Review

Agar Tak Terfokus di Lembang, Pemkab Bandung Barat Kembangkan Tempat Wisata Lain

share to whatsapp



Tempat wisata baru di Kabupaten Bandung Barat

Bagi para pelancong, kawasan Lembang menjadi destinasi favorit hingga kini. Daerah yang berada di wilayah Kabupaten Bandung Barat tersebut memang menyajikan wisata alam memesona. Kebanyakan tempat-tempat wisata di kawasan tersebut dikelola oleh swasta. Semakin terfokusnya Lembang jadi kawasan wisata menimbulkan dampak lain. Diantaranya kemacetan lalu lintas yang terjadi setiap akhir pekan maupun musim liburan.

Selain itu, pembangunan di kawasan ini semakin sporadis. Pemkab Bandung Barat pun terus melakukan penertiban bangunan-bangunan yang tidak memiliki IMB. Tentunya kawasan Bandung Utara ini pun jadi wilayah resapan air yang harus dijaga kelestariannya. Patut diingat pula kawasan ini jadi jalur gempa yang disebut "sesar Lembang" dimana keadaanya kini masih "tidur". Tak dipungkiri hingga kini kawasan Lembang merupakan penyumbang terbesar pendapatan asli daerah (PAD) KBB.

Obyek wisata baru di Kabupaten Bandung Barat
Namun demikian, untuk mendorong daerah lainnya maju dicanangkan pada tahun 2020 Pemkab Bandung Barat akan membuka obyek wisata baru.  Sekitar 10 objek wisata alam baru akan dibuka oleh Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB). Pemkab Bandung Barat tengah menggarap beberapa objek wisata lain selain di Lembang, yakni di kawasan Cikalong, Cipeundeuy, Cipatat, Cipongkor, Rongga, dan Gunung Halu.

Salah satu obyek wisata yang akan dibenahi adalah Curug Malela di Kec. Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Tempat wisata yang dikenal dengan "Niagara Mini" versi Indonesia ini akan diperbaiki 2019 ini. Total dana perbaikan tersebut, yaitu Rp 3 miliar berasal dari bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Perbaikan fasilitas tersebut diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisata ke Curug Malela. Curug Malela sendiri sebenarnya punya eksotisme tersendiri sebagai destinasi wisata alam. Namun untuk aksesibilitas dan fasilitas kerap jadi keluhan para wisatawan yang akan berkunjung ke sana. Selain aksesnya butut, dari Padalarang saja, perjalanan menuju Curug Malela membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dengan menggunakan kendaraan.

Maka, pihak Pemkab Bandung Barat pun akan memperbaiki fasilitas, diantaranya jalan setapak sepanjang 200 meter menuju curug. Selain itu, juga akan dibangun plasa yang memiliki spot untuk pengunjung berselfie dengan latar belakang Curug Malela. Pembenahan Curug Malela ini akan mulai digarap pada bulan Juli 2019. Pembenahannya bersamaan dengan penataan Situ Ciburuy di Padalarang. Selain itu, pembenahan pun akan dilakukan di Guha Pawon.