Review

Inilah 3 Flyover yang Akan Dibangun di Kota Bandung

share to whatsapp



Flyover Leuwipanjang Bandung

Semakin hari, titik-titik kemacetan di Kota Bandung memang membikin kota ini semrawut. Selain bertambahnya jumlah kendaraan, juga arus kunjungan wisatawan yang menyambangi Kota Kembang pada akhir pekan atau musim liburan turut memperparah kemacetan di beberapa ruas jalan. Beragam upaya pun dilakukan oleh pihak Pemerintah Kota Bandung dan pihak terkait, dari rekayasa arus lalu lintas sampai anjuran menggunakan angkutan umum.

Selain itu, untuk menanggulangi kemacetan di beberapa ruas di Kota Bandung, pihak Pemkot Bandung berencana akan membuat jembatan layang (flyover) di tiga ruas. Ketiga ruas jalan layang tersebut rencananya akan dibangun mulai tahun 2020 dan 2021. Berikut ini informasinya:

1. Flyover Leuwipanjang
Flyover pertama akan memanjang di Leuwipanjang/Kopo (Soekarno Hatta) sepanjang 1,3 KM.  Flyover Leuwipanjang-Kopo rencananya akan membentang dari jalan sekitar Bandung Convention Center (BCC) Soekarno Hatta hingga sebelum perempatan Kopo sepanjang 1,3 kilometer.

2. Flyover Kiaracondong - Buahbatu
Flyover ini rencananya akan dibangun dengan panjang 1,9 KM. Flyover Kiaracondong - Buahbatu yang rencananya akan membentang dari jalan sekitar STT Mandala Kiaracondong hingga setelah perempatan Buah Batu.

Dua flyover di Jln. Soekarno-Hatta tersebut akan dibangun dengan biaya dari Pemprov Jabar dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dua flyover ini untuk mengurai kemacetan yang terjadi di Jln. Soekarno-Hatta.

3. Flyover perempatan Dr. Djundjunan - Suryasumantri (Pasteur)
Jalan layang ini akan dibangun dengan bentang sekitar 800 meter. Jembatan layang tersebut rencananya akan mulai naik sekitar 300 meter sebelum perempatan Jalan Surya Sumantri-Jalan Gunung Batu. Lalu akan turun kembali sekitar 500 meter setelah persimpangan. Rencananya jalan akan dibuat untuk dua lajur dari masing-masing arah. Ini nanti tetap 4 lajur dan di bawahnya, pas sampingnya, juga tetap dua.

Pembangunan flyover di Pasteur dilakukan sebagai bagian proyek tol dalam kota Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR). Secara bertahap nantinya akan tersambung ke Flyover Pasupati, Jalan PHH Mustopha, Jalan AH Nasution sampai ke Ujungberung. Kemudian berbelok tersambung interchange Tol Cileunyi KM 149 di Gedebage.