Review

Inilah Rute Pawai Obor Peringatan Bandung Lautan Api 2019

share to whatsapp



Rute Pawai Obor Bandung Lautan Api 2019.jpg

Sebagai bentuk penghormatan kepada sejarah, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung setiap tahun memperingati peristiwa Bandung Lautan Api. Peristiwa yang terjadi pada 24 Maret 1946 itu merupakan tonggak sejarah yang dibangun oleh warga Bandung demi membela tanah air.

Pemkot Bandung telah menyiapkan serangkaian acara untuk memperingati Bandung Lautan Api (BLA) 2019. Rangkaian dimulai dengan ziarah ke makam pahlawan. Wali I Kota Bandung, Oded M. Danial berziarah ke makam para pahlawan, Jumat (22/3/2019). Ziarah bertujuan untuk mendoakan arwah pahlawan dan mengenang jasa mereka untuk kemerdekaan bangsa.

Sejak pukul 07.00 WIB, Wali Kota didampingi istri tiba di Taman Makam Pahlawan Cikutra. Dengan berpakaian jas lengkap, turut hadir Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana beserta istri, dan para pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD).

Ziarah diawali dengan upacara penghormatan yang dipimpin wali kota selaku pimpinan ziarah. Usai mengheningkan cipta, peserta ziarah melanjutkan dengan prosesi tabur bunga. Wali kota menaburkan bunga di pusara Laksamana Muda Udara Nurtanio Pringgoadisurjo yang merupakan perintis industri penerbangan Indonesia.

Jadwal dan rute pawai obor peringatan Bandung Lautan Api 2019
Tak hanya itu, setiap tahun juga digelar pawai obor untuk memperingati pembumihangusan Bandung kala itu. Api yang diarak dari Tegallega ke Balai Kota Bandung menyimbolkan perjuangan dan api yang meluluhlantakkan Kota Bandung.

Rute-rute yang akan dilalui pada pawai obor peringatan BLA 2019 antara lain: Lapangan Tegallega, Jalan Moh. Toha, Jalan Dewi Sartika, Jalan Dalem Kaum, Jalan Asia Afrika, Jalan ABC (Banceuy), Jalan Cikapundung, Jalan Braga, Jalan Viaduct, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Wastukancana, dan berakhir di Plaza Balai Kota Bandung.




share to whatsapp