Review

25 Tempat Wisata Keluarga di Bandung Selatan Buat Libur Lebaran

share to whatsapp



Tempat Wisata Bandung Saat Lebaran

Berikut ini rekomendasi tempat wisata di Bandung Selatan bagi Anda keluarga saat libur Lebaran:

1. Palalangon Park
Tempat wisata ini mengusung konsep terpadu, dimana pengunjung bisa berenang, berfoto selfie dengan aneka background yang cantik, sampai penginapan pun tersedia di sini.  Lokasinya di daerah Gambung, Ciwidey dekat Barusen Hills.

Bagi yang hobi renang di Palalangon Park ada tiga kolam renang, yang satu buat dewasa dan dua lagi buat anak-anak yang dilengkapi dengan mini waterboom. Untuk renang di sini cukup bayar tiket masuk saat masuk ke Palalangon Park, dimana tiketnya saat bukan musim liburan Rp 10.000 buat pengunjuang anak-anak dan Rp20.000 untuk dewasa. Ada juga kolam renang air panasnya. Di spot danau ini, pengunjung bisa berfoto-foto ria, naik rakit, atau mengayuh perahu bebek. Untuk sewa perahunya dikenakan biaya Rp 10.000.

2. Wisata Alam Gunung Puntang
Wisata alam Gunung Puntang sekarang selalu ramai pengunjung. Dari yang camping, gathering, atau wisata keluarga. Sensasi camping di sini akan merasakan suasana lain saat berkemah di dekat bekas stasiun Radio Malabar peninggalan zaman Belanda yang kini tinggal puingnya saja.

Bagi yang wisata keluarga, bisa main bawa anak-anak di sungai yang mengalir dari pegunungan. Atau bagi para remaja bisa menjajal trek ke air terjun yang ada di sini. Bila ingin ngadem sambil berenang atau sewa villa, bisa juga mencoba menyambangi Taman Wisata Bougenville. Dimana wisata ini agak tersembunyi, namun keheningan suasana alam di sini bikin rileks.

3. Happy Farm Ciwidey
Berdiri di area seluas tempat kurang lebih empat hektare. Dengan mengusung konsep wisata untuk anak-anak, Happy Farm mempunyai area-area, di antaranya Taman Kelinci, Kandang Domba, Kuda Poni Tunggang, Menyusui Anak Sapi, hingga Petting Zoo yang berisi berbagai satwa yakni iguana, sugar glider, kelinci, landak, serta burung hantu.

Selain area wisata anak-anak dan taman bunga, di sini puna ada area Candy House. Ini merupakan tempat wisata dengan konsep permen yang disetiap sudutnya terasa menggemaskan dengan dikemas warna-warni. Lokasi wisata selfie ini ada di depan tempat parkir.

4. Tektona Waterpark - Kampung Batu Malaksari
Kampung Batu Malakasari atau bisa dikenal dengan Tektona Waterpark. Lokasinya berada di Jalan Raya Banjaran (Rencong), Desa Malakasari, Kec. Baleendah, Kab. Bandung. Dengan lokasi wisata seluas 50.000 meter persegi ini, pengunjung bisa wisata berenang, naik perahu, outbond, fun games, hingga mencicipi kuliner. Kawasan ini mempunyai ragam fasilitas yang bisa digunakan pengunjung. Di sini ada kolam renang, danau, aula, area food court, masjid, hingga area parkir yang luas.

5. Pesona Nirwana Waterpark
Pesona Nirwana Waterpark berlokasi di Kampung Legok Jeungjing di Desa Panyirapan, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. Untuk menuju lokasi ini ke arah Soreang, Kab. Bandung lalu dari Kantor Pemda arahkan kendaraan ke kiri menuju Desa Panyirapan.

6. Kampoeng Tulip
Kampoeng Tulip yang berada di Jl. Pasir Pogor, Ciwastra.  Area di dalam perumahan dengan luas sekitar 800 meter persegi ini menjadi sebuah kampung wisata berupa taman bunga lengkap dengan fasilitas kolam-kolam. Maskot kincir angin pun menjadi ikon di Kampoeng Tulip ini.

Kampoeng Tulip menyajikan aneka objek yang cocok buat selfie atau wefie. Di sini, pengunjung bisa berfoto dengan view kolam, bunga, rumah gaya Belanda, atau sepeda. Tampilan objek dan pernak-pernik di area wisata ini pun warna-warna sehingga memancing keceriaan para pengunjungnya. Di sini pun ada area untuk naik perahu, belajar panahan, terapi ikan, dan lainnya.

7. Ciwidey Valley Resort
Berlokasi di Barutunggul KM 17, Alamendah, Rancabali, Ciwidey. Jaraknya beberapa ratus meter sebelum kawasan wisata Kawah Putih. Ciwidey Valley Resort menjadi tempat wisata favorit baru di Bandung selatan. Banyak wisatawan yang kini mencantumkan Ciwidey Valley Resort sebagai tujuan berwisata di Bandung.

8. Barusen Hills
Tempat ini kini menjadi hits di media sosial, terutama instagram. Banyak netizen terutama kawula muda yang mengunggah foto-foto keindahan di Barusen Hills. Spot berfoto di antara bunga-bunga di Barusen Garden atau di depan kincir angin sangat indah dan memesona. Belum lagi foto kawasan Barusen Hills yang dipotret dari ketinggian. Bagi yang ingin memotret dengan sisi romantisme, ada taman berupa paduan bunga-bunga membentuk simbol love. Fasilitas di Barusen Hills: kolam renang, taman bunga, area parkir yang luas, saung-saung, tempat bilas, kantin, villa-villa, dll.

9. Villa Kancil Kampoeng Sunda
berlokasi di Jln. Raya Desa Padamukti, Kecamatan Solokan Jeruk, Kab. Bandung. Tersedia fasilitas kolam renang untuk Anda dan keluarga, yaitu : waterboom, kolam renang prestasi, jacuzzi (kolam rendam hangat), kolam pelangi, dan kolam anak. Buat Anda sekeluarga pun tidak perlu repot lagi membawa makanan dari rumah.

10. Tamada All Age Adventure
Bagi Anda yang tengah mencari tempat wisata berkonsep petualangan keluarga, tempat ini bisa menjadi pilihan. Untuk menjangkau tempat wisata Tamada All Age Adventure, dari arah Terminal/Alun-Alun Ciparay terus ke atas ke arah Cikoneng (SPBU Cikoneng ke arah atas). Lokasi tempat wisata ini tepatnya berada di Kampung Babakan Cilandak RT 02 RW 07, Desa. Cipeujeuh, Kec. Pacet, Kab. Bandung.

11. Kawah Putih
Kini di tengah danau vulkanik dengan lanskap Gunung Patuha, hadir dermaga apung yang melintang sepanjang 50 meter dan lebar 2 merer. Menjorok dari pinggir danau ke pulau kecil yang menyembul di tengah permukaan danau. Dermaga apung atau Dermaga Ponton menjadi wahana baru di objek geo wisata Kawah Putih yang dibangun padapertengahan bulan Agustus 2017 lalu. Dibangunnya dermaga ponton merupakan inovasi pengelola Kawah Putih untuk menghadapi persaingan wisata di Wilayah Bandung Selatan.

12. KidCity Transmart Buah Batu Square
Salah satu lokasi favorit yang ada di TransMart Buah Batu buat wisata anak adalah KidCity. KidCity adalah arena bermain keluarga yang dilengkapi dengan berbagai wahana menarik. KidsKidCity hadir di lantai paling atas Transmart Buah Batu. KidsCity menjadi ajang rekreasi keluarga di mana orang tua bisa bersantai sementara anak-anak bermain dalam suasana yang aman.

13. Wisata Alam Yasmin Kartika Suri.
Berlokasi di Kp. Citiis, Desa Mekarjaya, Kecamatan Arjasari, Banjaran Kab Bandung. Telepon: 0812-1431-4835. Wisata Alam Yasmin Kartika Suri. Tempat wisata berkonsep ekowisata ini berdiri di atas lahan seluas 2 hektare.

Dari luas tersebut, 2 hektare dikembangkan untuk kolam renang dan waterboom dengan berbagai fasilitas pendukungnya seperti gazebo, aula, rumah makan, tempat istirahat, air panas dan mushola.Sementara lahan sisa 6 ha tetap menjadi kawasan hutan konservasi yang hijau dan rindang penuh dengan pepohonan kayu dan buah-buahan.

14. Kolam Renang Alhayu Baleendah
Inilah salah satu alternatif destinasi rekreasi air yang sangat cocok untuk keluarga, terutama yang bawa anak-anak. Kolam renang ini pun biasa jadi wahana berenang anak-anak. Namanya kolam renang Alhayu yang berlokasi di Jln. Siliwangi, Baleendah, telepon:  (022) 8888-2316. Wisata rekreasi air dengan konsep waterboom ini terus dipoles oleh pengelola sehingga tambah nyaman dan sangat pas untuk wisata keluarga. Harga tiket masuknya pun terbilang murah hanya Rp20.000.

15. Lakeside Glamping Rancabali
Lokasinya persis di pinggir Situ Patenggang (Patengan). Ciri khasnya adalah fasilitas tempat makan berbentuk perahu pinisi dan tempat berkemah ekslusif di area Situ Patenggang. Selama ini Situ Patenggang menjadi tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi.

Selain menyajikan pemandangan keindahan alam, di sini pun ada fasilitas naik perahu, kuliner khas Ciwidey aneka tempat souvenir, atau berkunjung ke Batu Cinta yang ada di pulau di tengah-tengah danau yang memiliki luas sekitar 45.000 hektare ini. 

16. Penangkaran Rusa di Kampung Cai Rancaupas
Tempat wisata yang kini lebih dikenal dengan Kampung Cai Rancaupas tersebut menyediakan arena camping ground, kolam renang, hingga wisata interaksi dengan rusa. Di tempat inilah habitat rusa-rusa yang sangat alami. Katanya, rusa-rusa tersebut dulunya didatangkan dari Kebun Binatang Ragunan, Jakarta. Beda halnya dengan memberi makan rusa seperti di Kebun Raya/Istana Bogor, di tempat konservasi fauna ini pengunjung berhadapan langsung dengan rusa tanpa terhalang pagar.

17. Ciwidey Valley Resort
Berlokasi di Barutunggul KM 17, Alamendah, Rancabali, Ciwidey. Jaraknya beberapa ratus meter sebelum kawasan wisata Kawah Putih. Ciwidey Valley Resort menjadi tempat wisata favorit baru di Bandung selatan. Banyak wisatawan yang kini mencantumkan Ciwidey Valley Resort sebagai tujuan berwisata di Bandung.

18. Pemandian Air Panas Ciwidey
Ada banyak pilihan tempat pemandian air panas di Ciwidey yang cocok buat anak-anak. Anda bisa membawa anak-anak ke Ciwalini ataupun Cimanggu.

19. Taman Kota Soreang
Ini yang paling dekat bila Anda menggunakan tol Soroja keluar Soreang. Tak jauh dari keluar tol ini, Anda bisa menyambangi wisata taman kota yang persis ada di area Gedung Budaya Sabilulungan. Taman di seberang Masjid Al Fathu ini bisa jadi tempat rehat sejenak atau selfie-selfie sebelum melanjutkan perjalanan ke arah Ciwidey.

20. Wisata Mini 3D Art Jelekong
Selain dikenal sebagai padepokan wayang golek, di Jelekong pula dikenal sebagai kampung kreatif tempat pembuatan wayang golek dan sentra lukisan. Wisata Mini 3D Art Jelekong ini, dibuat oleh para pelukis lokal yang tergabung dalam Komunitas Pelukis Gurat Art. Terdapat 30 lukisan 3D yang ada di tiga sudut ruangan yang berada di Wisata Mini 3D Art Jelekong.

Untuk harga tiketnya hanya Rp10.000. Untuk harga paket, Rp 20.000 plus softdrink plus lukisan kecil. Kemudian paket Rp 25.000, free softdrink plus alat lukis. Pengunjung akan diajarkan melukis oleh tutorial langsung oleh para pelukis di sana.

21. Driam Riverside
Bila Anda ke Ciwidey dan mencari tempat wisata alam kekinian, di sinilah tempatnya. Driam River yang berlokasi di Jln. Soreang-Ciwidey KM 25 memiliki fasilitas yang siap memanjakan para wisatawan yang melancong ke Ciwidey, di antaranya ada wisata alam, food market, dan resort. Belum lagi konsep wisata selfie yang ditawarkan di sini.

22. Kolam Renang AW Strawberry
Objek wisata AW Strawberry di daerah Pacet, Kab. Bandung. Lokasinya lumayan mudah dijangkau dari Kota Bandung. Tinggal mengarahkan kendaraan ke arah Ciparay, dari Terminal Ciparay naik terus hingga ke Jln. Raya Pacet KM 15, Pacet, Kertasari, Kab. Bandung. Jalan yang dilalui dari Ciparay hingga ke tempat wisata ini lumayan mulus. Menjelang objek wisata memang jalannya menanjak. Di sinilah kita bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian. Tempat wisata ini cocok buat mengasuh anak-anak.

23. EmTe Highland Resort Ciwidey
Lokasi EmTe Highland Resort Ciwidey yakni di Jln. Raya Ciwidey - Rancabali KM 11, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Ini merupakan tempat wisata terpadu yang menyajikan tempat penginapan, kolam air panas, wahana outbond, perkemahan, hingga wisata untuk anak-anak. Inilah tempat yang sangat pas untuk wisata bareng keluarga atau teman-teman.

24. Situ Cileunca Pangalengan
Inilah tempat wisata di Pangalengan yang biasa jadi destinasi wisata keluarga. Tempatnya sangat adem plus pemandangannya alami banget. Di sini banyak wahana dan area wisata, dari selfie sampai arung jeram. Untuk dapat memasuki kawasan Wisata Situ Cileunca Pangalengan, anda bisa datang kapanpun/ buka 24 jam. Sebaiknya anda datang pada pagi hari agar anda bisa menikmati banyaknya wahana di wisata ini dengan leluasa.

25. Situ Cisanti
Inilah danau yang sangat resik, sebagai titik 0 KM Sungai Citarum. Sumber aliran air Sungai Citarum adalah Situ Cisanti, mata air yang terletak di kaki Gunung Wayang, Pangalengan. Secara administratif berada di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 

Tempat ini cocok bagi Anda yang memang benar-benar ingin berwisata alam yang penuh tantangan. Anda dapat bersantai di pinggir danau, memasang tenda sambil menikmati pemandangan di kesejukan hawa pegunungan plus beningnya air di kawasan Situ Cisanti.




share to whatsapp