Review

Dekranasda Jawa Barat Gelar Pameran Karya Kreatif Jawa Barat 2019

share to whatsapp



Pameran Karya Kreatif Jawa Barat 2019

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat bekerja sama dengan Bank Indonesia menggelar pameran kain dan kerajinan UMKM unggulan Jawa Barat dalam "Karya Kreatif Jawa Barat 2019 - Legacy of West Java". Event pameran produk kreatif ini diadakan di Atrium 23 Paskal Shopping Center Bandung, mulai tanggal 28 Juni s.d. 30 Juni 2019.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di KKJ 2019 ini antara lain Talk Show, Fashion Show, Lomba Angklung, Pameran, Hiburan dengan mengusung tema “Sinergitas Merajut Karya Menuju Jabar Juara Lahir Batin Menembus Pasar Global”.

Dalam kegiatan pameran, ditampilkan sebanyak total 19 UMKM di bidang Fashion, Kerajinan/Craft yang merupakan Wirausaha Bank Indonesia (WUBI) binaan BI Jawa Barat, BI Cirebon dan BI Tasikmalaya dan UMKM binaan Dekranasda Provinsi Jawa Barat.

Event pameran produk kreatif Jawa Barat ini dibuka langsung oleh  Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Dalam sambutannya, Kang Emil menuturkan bawah ekonomi kreatif terbukti memegang peranan yang besar bagi perekonomian Jawa Barat, bahkan nasional. Banyak produk ekonomi kreatif Jawa Barat telah diekspor ke banyak negara.

Sebagai informasi, Kang Emil memberikan gambaran pada 2016 saja Jawa Barat menjadi provinsi pengekspor ekonomi kreatif terbesar yakni mencapai 33,56 persen terhadap total ekspor ekonomi kreatif nasional.

Untuk mendukung sektor ekonomi kreatif, diperlukan sebuah daya ungkit. Oleh karena itu, Pemprov Jabar mengapresiasi langkah Bank Indonesia yang menyediakan kredit untuk UKM ekonomi kreatif sekitar Rp2,3 triliun. Kekuatan ekonomi masyarakat tersebut akan lebih nyata dengan dikombinasikan dengan ekonomi pariwisata.




share to whatsapp