Bank BJB

Bank BJB

Bandung Punya Produk Sepeda Kreuz, Pesanannya Sampai Antre Hingga 2023






sepeda kreuz bandung

Di era pandemi Covid-19 kegiatan bersepeda menjadi tren masyarakat. Dan terutama di masa relaksasi, kegiatan ngagowes tersebut makin terlihat di mana-mana. Tak heran bila toko-toko sepeda pun laris manis oleh pembeli. Ada beragam jenis sepeda yang banyak digunakan masyarakat, yaitu sepeda lipat, sepeda gunung, sepeda fixie, dan sepeda balap. Beberapa merek yang sudah dikenal di pasaran seperti Polygon, United Bike, dan Pacific kecipratan meramaikan pasar sepeda lipat di Tanah Air melalui jajaran produknya. Misalnya, Polygon dengan seri Urbano, Pacific dengan model Splendid, dan United dengan Roar-nya.

Dan berhubungan dengan sepeda ini, Bandung pun mengukir kebanggaan tersendiri dengan hadirnya sepeda Kreuz. Nama Kreuz semakin terangkat manakala Presiden Joko Widodo memesan sepeda lipat handmade asal Bandung, Kreuz. Dan orang nomor 1 RI tersebut mengunggahnya di akun medsos miliknya. Tak pelak, promosi langsung oleh Presiden tersebut bikin penasaran para netizen. Imbasnya, pemesanan pun melonjak drastis sampai harus memesan sepeda Kreuz sangat jauh-jauh hari.

Kreuz sendiri merupakan sepeda lipat merek lokal yang terinspirasi dari Brompton. Sepeda ini merupakan karya dari sejumlah pemuda Bandung. Workshop UMKM sepeda lipat Kreuz tersebut mampu memproduksi frameset sebanyak 10-15 buah per bulannya dengan harga jual Rp3,5 juta dan antrean pemesanan hingga 2023. Mantap banget kan?

Kreuz menerima lonjakan permintaan setelah muncul tren bersepeda saat pandemi. Pemilik usaha sepeda Kreuz, Yudi Yudiantara mengatakan hingga kini sudah ada pemesanan sepeda lipat yang akan diproduksi hingga tahun 2023.  Adapun bagi yang penasaran di mana tokonya, Toko Sepeda Kreuz, berada di daerah Bandung Utara tepatnya di Kelurahan Sadang Serang, Kecamatan Coblong. Sepeda Kreuz ini mirip Brompton (merek sepeda terkenal di dunia).

Sepeda lipat Kreuz ini, mulai diproduksi pada Maret 2020. Awalnya merek Kreuz ini bergerak di bidang Pannier (tas untuk sepeda).  Lalu, berkembang membuat sepeda lipat. Sebagai informasi, harga rangka sepeda Kreuz itu Rp3,5 juta dan bila sudah jadi dibanderol di kisaran harga Rp8-10 juta (tergantung bahannya). Dan produksi Kreuz sendiri tengah membuat izin untuk melabeli produknya hingga sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

Buat yang penasaran dengan sepeda Kreuz made in Bandung ini bisa dipantau di akun instagram @kreuz.indonesia.