Bank BJB

Bank BJB

Cikoneng Bojongsoang, Tempat Asyik Buat Bersepeda dan Motret Pemandangan Persawahan







Akhir-akhir ini nama Cikoneng di Kec. Bojongsoang, Kab. Bandung mulai ramai di instagram. Hal ini karena banyaknya netizen yang mengunggah foto-foto pemandangan di kawasan yang masih banyak lahan persawahan tersebut. Mungkin kamu juga penasaran? Keindahan bentangan hamparan sawah berpadu dengan warna langit di pagi dan sore hari menghasilkan jepretan yang instagramable banget. Tak jarang, beberapa foto dari netizen pun menghadirkan foto-foto selfie yang mantap banget.

Jalur bersepeda dan spot memotret
Kebanyakan yang menyusuri rute jalan di kawasan ini menggunakan motor dan sepeda. Apalagi saat trend ngegowes di era pandemi terus meningkat. Bila hari Sabtu atau Minggu, terutama di pagi hari, banyak pesepeda yang sengaja mengayuh sepedanya menyusuri Jln. Cikoneng, Kab. Bandung sampai terus ke daerah Tegalluar menuju Stadion GBLA.

Kembali ke spot-spot memotret, beberapa titik di kawasan Cikoneng menjadi pilihan bagi mereka yang hobi fotografi. Salah satuny di kawasan Bojongsari (dekat Cigebar), Cibabi, sampai ke arah Tegalluar. Hamparan sawah yang membentang menciptakan hasil foto yang mantap banget. Apalagi jika saat matahari mulai terbit. Juga sore hari bila sedang pemandangan bagus, paduan semburat lembayung sore hari bikin hasil foto indah banget.

Bagi yang hobi motret, selain bentangan sawah juga di kejauhan ada bukit-bukit dan gunung yang mengelilingi Bandung bisa jadi background yang ciamik. Apalagi bila terus ke arah Tegalluar dimana hamparan lahan sawahnya terbilang masih luas banget. Beda yang di daerah di kawasan Cikoneng - Ciganitri yang sudah banyak dibangun perumahan-perumahan.

Habitat burung kuntul dan burung belekok
Namun, bila jeli mencari lokasi motret di galengan (pematang) sawah, banyak spot-spot menarik buat dipotret. Dan bila kebetulan, kadang ada juga "pasukan" burung kuntul yang lagi berada di persawahan "menemani" para petani. Kehadiran rombongan burung kuntul ini karena memang habitatnya di sana. Selain burung kuntul, juga biasanya banyak burung belekok. Sayangnya, sekarang terus berkurang karena habitat hewan liar tersebut yaitu lahan sawah banyak disulap jadi kawasan perumahan. Buat yang penasaran lihat kehadiran burung-burung tersebut di area persawahan Cikoneng, bisa lihat di video di atas.

Lokasi dan rute ke Cikoneng, Bojongsoang
Buat kamu yang penasaran pengen bersepeda atau memotret di kawasan Cikoneng, Bojongsoang, bisa dijangkau dari arah Jln. Buah Batu - Jln. Terusan Buah Batu - sebelum pertigaan Bojongsoang  ada pertigaan (dekat bank bjb Bojongsoang), ambil arah kiri ke Cikoneng. Untuk jalan rayanya memang terbilang ramai kendaraan, namun saat menyusuri jalan yang melintasi persawahan, kendaraan bermotor kurang.

Bisa juga dijangkau dari arah Ciwastra atau sekitaran Bojongsoang - Baleendah. Karena Jln. Cikoneng sendiri biasa jadi jalur alternatif bagi pengendara yang akan ke Ciwastra, Sapan, Tegalluar, ataupun Gedebage. Di sepanjang jalan pun banyak tukang dagang makanan. Buat lokasi tepatnya, cek aja di Google Maps.