Selesai Flyover Jalan Jakarta dan Jalan Laswi, Bakal Menyusul Flyover Kopo




Pemkot Bandung resmi menerima dua flyover, yakni di Jalan Jakarta dan Jalan Laswi dari Pemprov Jawa Barat, Kamis (22 April 2021). Penyerahan kedua flyover dilakukan secara simbolis dengan penandatanganan prasati peresmian oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil disaksikan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial serta Forkopimda Jabar dan dinas di Provinsi Jabar terkait pembangunan flyover tersebut.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, fasilitas flyover tersebut resmi diserahkan setelah dilakukan soft opening untuk diujicoba dan dievaluasi dengan hasil sangat baik. "Ini menandakan apa yang diaspirasikan oleh Kota Bandung kita penuhi. Ada dua ruas jalan, Jalan Jakarta dan Pelajar Pejuang, mudah-mudahan diperlancar," katanya saat peresmian.

Flyover Jalan Jakarta memiliki bentang jembatan 40,8 meter dengan panjang keseluruhan kurang lebih 480 meter. Jembatan ini dibangun dengan anggaran sebesar Rp 34 miliar. Sedangkan flyover Jalan Laswi memiliki bentang jembatan 35,8 meter dengan panjang keseluruhan 480 meter. Untuk biaya pembangunannya mencapai Rp29 miliar.

Menurut Ridwan Kamil, seiring waktu dan bertambahnya jumlah penduduk di Kota Bandung, maka lalu lintas semakin padat. Untuk itu, jalan layang dapat membantu mengurangi beban kemacetan.

"Mari terus membangun Kota Bandung, membangun Jawa Barat setiap harinya untuk perubahan kemajuan menuju kebaikan dan kesejahteraan," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Jawa Barat yang telah membantu infrastruktur Kota Bandung. "Alhamdulillah Kota Bandung sebagai penerima manfaat dari pembangunan dua flyover ini, yang dibiayai oleh APBD Provinsi Jawa Barat," katanya.

"Atas nama warga, masyarakat Kota Bandung mengucapkan terima kasih. Saya mengimbau kepada seluruh warga Kota Bandung mari manfaatkan sebaik-baiknya dan kita rawat bersama-sama," lanjutnya.

Wali kota pun menyampaikan, saat ini Pemkot Bandung masih terus berkoordinasi dengan Pemprov Jabar, Kementrian PUPR, dan Kementrian ATR/BPN, serta pihak lainnya dalam pembangunan infrastruktur di Kota Bandung, terutama flyover.

"Sekarang sedang dibangun flyover Kopo. Mudah-mudahan segera selesai. Kita juga sedang bahas flyover Samsat-Buahbatu yang turunnya di Batununggal," katanya.

Sedangkan Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, A. Koswara mengatakan, tujuan pembangunan dua flyover tersebut untuk mengurangi kemacetan lau lintas yang terjadi dan meningkatkan aksesibilitas wilayah.

"Pada 2021 ini dua flyover tersebut akan dilakukan pekerjaan beautifikasi sehingga dapat memberikan nilai estetika bagi Kota Bandung, tentunya yang selaras dengan Jawa Barat," katanya.

"Pembangunan ini merupakan upaya pembangunan strategis yang dipersembahkan oleh Pemprov Jawa Barat untuk masyarakat dan mewujudkan percepatan pemulihan ekonomi daerah," ungkapnya.