Ini Tempat-Tempat Wisata di Bandung yang Sudah Buka dalam Masa Uji Coba




Seiring perpanjangan masa PPKM Level 3 di Bandung Raya (8-12 September 2021), beberapa kebijakan pun dilakukan. Salah satunya dengan relaksasi pembukaan tempat wisata di Kab. Bandung, Kota Bandung, dan Kab. Bandung Barat. Dan mungkin ke depannya, beberapa tempat wisata lainnya pun akan dibuka.


Berikut ini informasinya:

Wisata Kab. Bandung (Ciwidey)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyampaikan ada dua lokasi wisata di wilayah Kabupaten Bandung telah dapat melaksanakan uji coba pembukaan tempat wisatanya. Kedua tempat wisata tersebut diantaranya terdapat di Glamping Lakeside kawasan Rancabali dan Kawah Putih.

Untuk wisata Kawah Putih, pengelola menerapkan syarat anak usia dibawah 12 tahun tidak boleh masuk. Juga mewajibkan pengunjung untuk menggunakan Aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk tempat wisata Kawah Putih.

Wisata Kab. Bandung Barat
Objek wisata The Lodge Maribaya yang ada di Cibodas, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjadi satu dari 20 objek wisata yang diizinkan melakukan uji coba operasional di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Ujicoba pembukaan objek wisata tersebut bakal berlangsung selama satu minggu.


Untuk teknis kunjungan ke tempat wisata alam ini, pengunjung wajib mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kemenparekraf dan Kementerian Kesehatan. Lalu wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan screening terhadap semua pengunjung dan pegawai objek wisata. Serta anak di bawah usia 12 tahun dilarang untuk masuk.

Wisata Kota Bandung
Tempat wisata yang sudah bisa dibuka di Kota Bandung, di antaranya:

1. Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoological)
Dilansir dari PRFM News, pengelola Kebun Binatang Bandung memilih untuk tidak langsung beroperasi meski telah mendapat izin dari Pemkot Bandung. Pihak Kebun Binatang Bandung masih menutup tempat wisatanya sampai 13 September 2021 dan tidak bisa membuka langsung untuk wisatawan dalam waktu dekat. Alasan pengelola, banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum kembali beroperasi sebagai tempat wisata terbuka (outdoor).

2. Kiara Artha Park
3. Trans Studio Bandung
4. Saung Angklung Udjo

Juga, wisata kolam renang Karangsetra Waterland pun rencana akan dibuka kembali mulai Sabtu, 11 September 2021. Untuk jam operasional pkl. 10.00 - 16.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan,

Selain itu, Lapangan Gasibu dan Lapangan Saparua di Kota Bandung kembali dibuka oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) selaku pihak pengelola. Pembukaan kembali Lapangan Gasibu dan Lapangan Saparua merupakan program ujicoba dibukanya lagi ruang publik. Ujicoba pembukaan Lapangan Gasibu dan Lapangan Saparua hanya dilakukan pada hari Senin hingga Sabtu dan hanya diperuntukan bagi warga yang berolahraga. Pengunjung dibatasi 150 orang saja.