Mau Wisata ke Bandung? Pantau Situasi Lalu Lintas Kota Bandung Kini Lebih Mudah




Salah satu keluh kesah para pelancong yang berkunjung ke Bandung adalah terkait urusan lalu lintas. Apalagi jika akhir pekan, kemacetan kerap terjadi di mana-mana. Dari keluar gate tol pun biasanya wisatawan sudah harap-harap cemas takut terjebak macet. Memang, untuk memantau titik kemacetan di Kota Bandung kini bisa lebih mudah, baik dengan Google Maps,Waze, dan aplikasi lainnya.

Namun kini, Pemkot Bandung mengeluarkan jurus baru bernama "Pelindung" atau "Pemantauan Lalu Lintas Kota Bandung" adalah aplikasi yang menampilkan pantauan CCTV yang tersebar di banyak titik di Kota Bandung dan terkoneksi ke Bandung Command Center (BCC). Dengan terkoneksinya banyak CCTV akan memudahkan Pemkot dalam memonitor keadaan kota. Pelindung dapat diakses secara bebas di https://pelindung.bandung.go.id/. Anda secara real time dapat melihat kondisi lalu lintas di stopan di kawasan wisata seperti Jln. Pasteur, Jln. Buah Batu, Jln. Riau, Jln. Cihampelas, Jln. Merdeka, kawasan Dago, dll.

User bisa membuka situs tersebut kapan dan di mana saja menggunakan gadget masing-masing, namun pastikan koneksi internet Anda stabil. Setelah terbuka, Anda klik ‘Start’ hingga muncul laman yang menampilkan peta dan pilihan 105 titik CCTV online Kota Bandung. Anda cukup memilih titik CCTV mana yang ingin diketahui, kemudian akan muncul video yang memperlihatkan kondisi di sekitar area pantauan.

Bandung Smart City

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung masuk dalam jajaran 50 pemerintahan kota pintar dunia. Penilaian tersebut berdasarkan hasil studi dari Eden Strategy Institute,  firma konsultan strategi yang berkantor di Singapura.

Top 50 Smart City Government rankings tersebut baru saja dirilis oleh Eden Strategy Institute, Rabu (31 Maret 2021). Kota Bandung menjadi satu-satunya daerah di Indonesia yang masuk dalam jajaran 50 besar.

Kota Bandung menempati peringkat 28, diapit oleh Kota Oslo Swedia (peringkat 27) dan Kota Hangzhou Cina (peringkat 29).

Kota Bandung mengungguli sejumlah kota besar dunia seperti Adelaide Australia (peringkat 31), Boston Amerika Serikat (peringkat 32), Dubai Uni Emirat Arab (peringkat 34), Frankfurt Jerman (peringkat 38), dan bahkan Los Angeles Amerika Serikat (peringkat 40).

Eden Strategy Institute merupakan firma yang berkedudukan di Singapura yang mengkhususkan diri dalam inovasi sistem bisnis berkelanjutan. Khususnya dalam pengembangan kota pintar yang menekankan pada peran pemerintah kota sebagai pendorong utama pengembangan konsep smart city.

Di luar keberhasilan penerapan solusi teknologi, studi ini menjelaskan pentingnya strategi, kepemimpinan, fokus SDM, kebijakan, ekosistem, insentif, dan bakat dalam menentukan keberhasilan dan efektivitas teknologi yang diterapkan di kota pintar.