Review

BJB Tradisional Fair Sukses Memecahkan Rekor MURI Bermain Karinding





Bertempat di Kantor Utama Bank BJB, Jalan Naripan Bandung, Serikat Karyawan (Sekar) BJB menggelar event Bank BJB Tradisional Fair 2014 dengan tema " Hayu Urang Jaga Lembur" di halaman parkir Kantor Pusat Bank BJBJ (Menara Bank BJB) Jalan Naripan, Sabtu (18/10).Kegiatan ini diikuti oleh anggota Sekar Bank BJB dari seluruh cabang Bank BJB termasuk dari luar pulau Jawa seperti Medan, Bali, Makasar, Pekanbaru, dan lain-lain.

Adapun tema yang diusung Hayu Urang Jaga Lembur, artinya BJB punya komitmen untuk menjaga potensi yang ada di Jawa Barat. BJB mengajak dan menjadi contoh kepada bank lain agar peduli terhadap budaya dan kesenian tradisional Jawa Barat.

Pada event kali ini digelar aneka perlombaan tradisional yang diikuti oleh para karyawan dari berbagai cabang. Selain itu, digelar pula pertunjukan di panggung utama yang ada di sebelah timur lapang parkir Bank BJB dengan menyajikan aneka sajian seni tradisional dari kacapian, debus, hingga pertunjukan dari artis Sunda Bungsu Bandung. 

Acara  Sekar BJB ini diisi dengan berbagai kegiatan yang membawakan para peserta bisa menikmati pengalaman dan mendalami aneka kebudayaan yang saat ini sudah hampir punah khususnya di perkotaan. Sejumlah kesenian yang ditampilkan antara lain Jaipongan, tari betawi, tari merak, debus, reak, karinding, sisingaan, tari topeng serta aneka tampilan seni lainnya sesuai dengan kekhasan di kabupaten/kota masing-masing. Acara itu diawali dengan karnaval dengan pakaian tradisinal, lomba egrang, balap karung,'aakodan'.

Sementara Pemecahan rekor memainkan karinding yang ditargetkan oleh 1.500 karyawan Bank Jabar Banten (BJB) mewarnai ajang Bank BJB Traditional Fair 2014 ini, Sayangnya, MURI mencatat hanya 1060, namun tetap masuk rekor terbaru ke- MURI.  Pemecahan rekor memainkan karinding secara serentak ini merupakan bagian dari pewarisan budaya dan melestarikan alat musik tradisional itu. Karinding merupakan alat musik dari bambu, tidak banyak yang bisa memainkannya dengan baik, namun di sini kami edukasi peserta sehingga bisa membunyikan dan memainkannya pada level dasar.

Sementara itu suasana area parkir Menara Bank BJB di Jalan Naripan Kota Bandung sejak Sabtu pagi lain dari biasanya. Para karyawan perwakilan dari seluruh kantor cabang dan perwakilan hadir dengan pakaian tradisional Sunda yakni baju pangsi dan kebaya. Pada helatan ini, digelar juga stand-stand dari mitra binaan BJB dari berbagai daerah.