Review

Ingin Menikmati Lotek dan Cendol Khas Bandung? Datang Saja ke Jalan Alkateri




Lotek legendaris lainnya bisa ditemui di salah satu jalan yang menembus Jalan ABC Bandung, yaitu Jalan Alkateri. Berbeda dengan di dua tempat sebelumnya, Lotek Alkateri tidak terletak di dalam rumah makan atau kios, tetapi di pinggir jalan di atas trotoar dan ditutupi tenda.

Oom meneruskan usaha keluarganya yang berdiri sejak 1984 itu untuk berjualan lotek di atas trotoar tersebut. Bersama anak, adik, dan keponakannya, Oom setiap hari, kecuali Senin, membanting tulang untuk berjualan lotek. Usaha itu dirintis oleh ibu Oom kemudian diteruskan olehnya. Setahap demi setahap usaha loteknya terus meningkat dan menambah jumlah pelanggan.

Meski dari dulu sampai sekarang tempat yang dipilih adalah trotoar. Tapi hal itu tidak membuat pelancong Jakarta sungkan untuk datang. Malah merekalah yang berjubel di tempat ini ketika akhir pekan.

Keunikan Lotek Alkateri adalah cara penyajiannya. Bila di tempat yang lain penyajiannya dengan piring, Lotek Alkateri disajikan dengan kertas nasi yang dibuat kerucut dan disajikan dengan taburan bawang goreng lalu diselipkan kerupuk. Pilihan rasa Lotek Alkateri ada dua macam, pahit dan biasa. Bila Anda menyukai lotek pahit, maka Oom akan menambahkan buah paria atau daun pepaya ke dalam adonan sayur. Maka bersiaplah, ketika Anda memesan lotek maka Oom terlebih dahulu akan bertanya 'pait'(pahit)'? Artinya apakah loteknya akan menggunakan buah pare atau daun pepaya yang memang rasanya pahit. Setelah itu barulah Oom bertanya tingkat kepedasannya.

Proses meracik lotek ala Oom terbilang cepat sebab Oom memakai bumbu kacang instan. Sebelumnya bumbu kacang yang sudah berbumbu di racik di rumah. Proses pemblenderan kacang membuat tekstur bumbu tampak halus sehingga mudah menyatu dengan sayuran.

Uniknya, kerupuk yang biasanya dimakan terpisah juga dicampurkan dengan adonan lotek saat dalam ulekan. Alhasil, renyahnya kerupuk akan berbaur dengan suap demi suap lotek.

Lotek tidak disajikan dalam piring tapi dalam kertas nasi yang dibuat kerucut mirip seperti es krim. Disajikan dengan taburan bawang goreng lalu diselipkan kerupuk. Dari tampilan saja sudah membuat penasaran.

Kelezatan Lotek Alkateri akan semakin nikmat ditambah minuman segar yang dijual Asep. Ia berjualan cendol putih di depan lapak Oom.  Cendol yang disajikan juga unik, tidak seperti cendol lainnya yang berwarna hijau, Cendol Alkateri ini berwarna putih, bahan bakunya menggunakan aci kawung seperti yang digunakan untuk membuat goyobod. Cendol ini juga disimpan dalam gentong tanah liat, ini agar suhu cendol ini tetap dingin. Cendol yang sudah dicampur santan ini tinggal diguyur gula aren.

Peta Jalan Alkateri, Bandung
[Klik gambar untuk memperbesar]