Review

Bursa Mobil Bekas di Lapangan TVRI Jabar, Jln. Cibaduyut, Bandung





Jika Anda ingin membeli mobil bekas di Kota Bandung, cobalah untuk mengunjungi Oto Bursa yang ada di Lapangan TVRI Jawa Barat, Jln. Cibaduyut. Di sana Anda bisa melihat-lihat ragam merek dan jenis mobil yang dipajang oleh para penjual mobil bekas ataupun mereka yang dijual secara pribadi. Lapangan yang luas ini setiap hari Minggu dari pagi hingga sore hari selalu dipenuhi oleh para penjual mobil. Anda bisa berkeliling dari ujung ke ujung melihat mobil-mobil yang berjejer.

Layaknya sebuah "pameran" mobil, di sini Anda bisa mengecek satu-satu mobil yang menjadi incaran Anda untuk dibeli. Para penjual di sini akan bersedia menjelaskan sedetail mungkin kondisi mobil plus juga harga. Anda pun bisa melakukan negosiasi hingga transaksi.

Sebagai tips untuk membeli mobil bekas di sini, Anda bisa membawa kendaraan pribadi, baik motor ataupun mobil. Termpat parkir yang luas memberikan kenyamanan tersendiri bagi Anda yang ingin lama melihat-lihat atau sekadar membandingkan satu mobil dengan mobil lainnya. Untuk memarkir mobil, biasanya Anda bisa "bergabung" dengan mobil yang dijual. Jadi, kalau Anda membawa mobil pribadi harap maklum saja jika ada yang tiba-tiba menanyakan harga mobil, padahal Anda hanya numpang parkir. Tapi, untuk pembeda antara mobil yang parkir dan yang memang dijual ada identitas di mobil berupa kertas yang berisi spesifikasi mobil: tahun pembuat, harga, hingga nomor sang penjual.

Jika Anda ingin melihat-lihat mobil bekas yang lengkap, bisa datang lebih pagi. Walaupun para penjual biasanya menongkrongkan mobilnya sampai magrib ke sana, namun semakin sore biasanya mobil yang terpajang semakin sedikit. Di sini Anda bisa melihat-lihat mobil dari ragam merek, tahun pembuatan, hingga jenis mobil. Adapun para penjualnya biasanya akan ikut nongkrong bareng mobil yang akan dijualnya. Namun, kadang sang penunggu sedang pergi dulu atau sedang makan. Anda bisa meminta bantuan para pedagang lain. Jika pun tidak, Anda bisa melihat nomor kontak yang dipajang di mobil. Anda tinggal menelepon sang penjual untuk datang. 

Di sini pun, Anda bisa sejenak beristirahat sambil makan atau minum. Ada sebagian pedagang yang menjajakan dagangnnya secara berkeliling, dari tukang cendol hingga tukang suuk (kacang tanah). Bagi Anda yang ingin istirahat dan sekalian sembahyang sholat, bisa ke masjid TVRI yang ada di sebelah utara. Anda bisa melanjutkan kembali hunting mobil bekas. Cara terbaik salah satunya Anda bisa meminta nomor telepon para penjual mobil.

Mereka biasanya siap melakukan kerja sama di luar kegiatan yang dilakukan saban hari Minggu. Untuk pengecekan mobil sendiri, silakan Anda lihat-lihat body, mesin, daleman mobil, cek rangka mesin, atau Anda bisa test drive sendiri di lapangan atau jalan di seputaran depan TVRI.  *(Tim liputan wisatabdg.com)