Review

Bajigur Durian Asoy: Nikmat dan Sehat





Jika Anda pemburu wisata kuliner Bandung, cobalah datang ke daerah Bandung selatan. Tepatnya di daerah alan Kopo Katapang Km. 11,5 kabupaten Bandung. Dari arah keluar Tol Kopo, Anda tinggal belok kanan ke arah Sayati kemudian tidak jauh dari sana ke arah Katapang (dekat pabrik tas Eiger). Di sana, Anda akan menemukan penjual bajigur durian dengan sajian panas-dingin Selain dikenal oleh wisatawan lokal, bajigur ini banyak diburu oleh wisatawan Malaysia dan Singapura. 

Lokasinya bajigur durian ini ditandai oleh spanduk, tumpukan buah kelapa dan puluhan buah durian yang digantung. Di kedai berukuran kurang lebih 40 meter persegi yang dibuat dari bambu dan beratap rumbia itu hanya menyajikan minuman. Beberapa kudapan yang biasa menemani minuman bajigur, seperti bala-bala/bakwan goreng, comro, kacang rebus, kedelai rebus, singkong, dan ubi bisa Anda santap sambil menyeruput bajigur.

Bajigur merupakan minuman panas dari santan dengan sedikit rasa jahe dan dimaniskan dengan gula merah. Kadang-kadang dicampur dengan sedikit kopi. Tetapi, bajigur tidak diisi serutan kelapa atau kolang-kaling. Di warung bajigur ini ini, tersedia bandrek dan bajigur durian, dengan menambahkan dua butir durian ke dalam gelas yang kemudian dituangi bandrek atau bajigur. Sajian istimewa lainnya adalah durian bakar yang disajikan dengan ketan kukus.
Selain disajikan hangat atau panas, bajigur ini akan terasa segar bila dihidangkan dingin. Makanya, bajigur ini cocok dijadikan juga santapan ta'jil buat berbuka puasa. Lokasinya ditandai oleh spanduk, tumpukan buah kelapa, dan puluhan buah durian yang digantung. Di kedai berukuran sekitar 40 meter persegi yang dibuat dari bambu dan beratap rumbia itu hanya menyajikan minuman. Beberapa kudapan yang biasa menemani minuman bajigur, seperti bakwan goreng, comro, kacang rebus, kedelai rebus, singkong, dan ubi, terhidang di meja depan. Rata-rata dalam sekali berjualan bisa mencapai 100 - 200 porsi laku terjual. 

Adapun selama Bulan Ramadhan, tempat ini berjualan mulai dari jam 4 sore hingga 7 malam.  Selain bajigur durian, ada pula kudapan lainnya yang bisa menjadi hidangan buka puasa, seperti bajigur durian panas, kopi durian, bandrek durian, es kalapa durian, durian bakar, Sumadurjana (susu madu durian jahe nikmat) dan ada sajian Kala Bendu (Kalapa bakar nganggo kadu/kelapa bakar pakai madu).

Saat Anda menikmati bajgiur ini, kenikmatannya menimbulkan sensasi kesegaran. Rempah-rempah yang terkandung dalam bajigur adalah rempah-rempah aprodesia aromatik. Rempah-rempah inilah yang membuat tubuh segar dengan cepat. Adapun durian sudah pasti membuat lidah merasakan kelembutan dan legitnya tekstur durian saat dikunyah. (Tim Liputan wisatabdg.com)