Review

Profil Nining Yuningsih Pemeran Ceu Edoh di Sinetron Preman Pensiun




"Mau kemana Icih?"
"Saya Edoh, Mak!" 

Itulah dialog rutin saat Ceu Edoh melintas di depan rumah Kang Mus. Raut muka Ceu Edoh langsung kesal jika sudah dipanggil oleh Emak, mertua Kang Mus. Maklum saja Emak pasti sok kumaha aing memanggil dirinya dengan seenaknya mengganti nama dirinya: Edoh menjadi Icih. Belum lagi jika Emak sudah "membajak" dirinya untuk beli es krim dan tentunya Ceu Edoh yang kerap nombokin. 

Beda halnya jika ia dipanggil Ceu Esih, Istri Kang Mus:
"Duuuh... Syahrini meni cantik."
"Iih, Ceu Esih mah suka begitu..."
"Mau kemana atuh Syahrini teh?"
"Aaaah Ceu Esih mah pengen tahu aja. Pokoknya sesuatu..."

Demikian dialog yang kerap dilontarkan Ceu Edoh sambil kékélémésan alias tersipu malu merasa dirinya ada yang memuji dengan panggilan Syahrini. 

Profil Pemeran Ceu Edoh, Si Cantik Otodidak
Siapakah sosok Ceu Edoh, perempuan dengan penampilan lugu dan kental dengan logat Sunda-nya tersebut? Nama aslinya Nining Yuningsih. Profesinya sehari-hari adalah pekerja seni dan seorang ibu rumah tangga. Wanita yang tinggal di kawasan Jln. Terusan Buah Batu ini aktif di bidang pertunjukan seni tradisi. Ia dulu kerap tampil di program "Longser Plus" yang disiarkan TVRI Jabar-Banten. Ia biasa bermain peran dengan Kang Jaenal, Mr. Jun, dalang wayang golek Riswa, dkk.

Bukan hanya di pertunjukan seni tradisi Sunda, ia pun lama bermain di seni tradisi Betawi. Ia pernah bergabung dan kerap manggung bersama pertunjukan Lenong pimpinan Mat Licin serta teater Bang Opie Kumis. Ia ngumbara di Jakarta sejak 2006 dan kini kembali ke kampung halamannya di Bandung dengan bermain di sinetron "Preman Pensiun". 

Ceu Edoh alias Teh Nining ini dari kecil senang seni. Ia mengaku kerap ikut manggung, dari pertunjukan tingkat kampung hingga tingkat provinsi. Ia juga pernah mengisi acara di berbagai program TV lokal seperti di stasiun PJTV Bandung dalam acara acara "Beranda" juga di IMTV Bandung di acara "Lolongseran". Aktivitas dalam dunia hiburan juga ia lakoni dengan manggung di beberapa acara off air.

"Ah, Euceu si cantik otodidak ini ahirna mah balik ke Bandung lagi we dengan ikut casting di Ully Agency. Alhamdulilah Euceu bisa keterima main di Preman Pensiun. Euceu mulai maen teh di episode 4. Animo masyarakat ternyata luar biasa... edun pokona mah lah. Euceu mah reueus (bangga) bisa main di sinetron garapan Kang Aris Nugraha ini," demikian kata Ceu Edoh alias Ceu Nining saat ditanya awal keterlibatannya main di sinetron "Preman Pensiun"

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa ia pun bukan hanya sibuk di dunia entertainment. Ia juga mengembangkan bakat usahanya dengan berdagang. Ia punya usaha membuka kantin makanan yang letaknya di basement Pasar Baru Bandung dengan nama "Kantin Ceu Edoh". Ibu satu anak ini juga membuka usaha warung kecil-kecilan di kawasan Jalan Buah Batu.

"Harapan ke depannya mudah-mudahan Euceu jangan sampai dipangsiunkeun karena cerita berubah di season II. Ya, penonton kan tahu keluarga Kang Mus ada rencana mau pindah. Panan Euceu yang suka ngaliwat depan rumah Kang Mus teh? Nanti kalau mereka pindah, atuh Euceu jadi ngobrol sama siapa di depan pagar rumah Kang Mus? Ya, kalau nggak mah, Euceu ge rido berperan jadi pembantu di rumah Kang Mus atau biarin Euceu jadi istrinya Kang Bahar juga. Asal jangan sama Kang Pipit we. Suka inget sama Leonardo DiCaprio dari Rancaekek lihat Kang Pipit teh, " kata Ceu Edoh sambil tertawa, tetap dengan gaya banyol plus wajah polos yang jadi ciri khasnya. *(Abah)

♦ Akun Twitter Yuyun Yuningsih: https://twitter.com/edohsyahrini88
Video sambutan masyarakat ke Ceu Edoh di Parahyangan Plaza tonton di sini
♦ Info lainnya seputar sinetron "Preman Pensiun" RCTI Klik di Sini