Review

Menikmati Kuliner Khas India di Kota Bandung




Hubungan India dengan Indonesia tak bisa dilepaskan dari faktor sejarah. Banyak pengaruh-pengaruh India yang ada di Indonesia. Dari mulai agama dan kepercayaan, musik, hingga film. Seperti sekarang ini banyak artis India yang sedang trend jadi celebritas di negeri kita. 

Hal tersebut karena faktor hiburan di salah satu televisi yang booming sekarang ini. Sebut saja aktor Shaheer Seikh yang kini tengah digandrungi para penggemar sinetron India. Bukan itu saja, nama lainnya seperti Amitabh Bachchan, Shahrukh Khan, Kajol, Salman Khan, dan lain-lain mungkin akrab di telinga kita.

Bukan hanya film, urusan makanan pun ternyata produk kuliner India merambah juga di negara kita.  Beberapa jenis makanan khas India yang biasa ada di restoran-restoran India di negara kita, misalnya:
- Chapati, terbuat dari tepung gandum dan garam dengan minyak dipanggang dengan panggangan dari tanah liat. Setelah matang biasanya di santap dengan kari daging, ayam atau kari sayuran.
- Kaju Katli. Makanan ini adalah semacam makanan manis khas India yang dibuat dari kacang mete, gula, mentega, dan semacam rempah khas India. Dibentuk seperti wajik dan disajikan dalam bentuk bunga.
- Brad pacori (roti tawar dan kentang yang direbus kemudian digoreng), Momo (semacam siomay) dengan isian sayuran dan bawang merah tanpa ayam.
- Nasi briyani adalah makanan berbahan dasar beras dicampur dengan rempah rempah, sayuran dan daging
- Aneka jenis Kari, mulai dari kari ayam, daging hingga sayuran.

Nah, bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner khas India di Kota Bandung, ada di daerah Jalan Pasirkaliki no. 44. Nama rumah makannya Taste of India. Lokasinya dekat dengan Stasiun Bandung. Dari Jalan Kebon Kawung belok kanan, beberapa meter lihat di sebelah kanan (seberang belokan ke Jln. Kesatriaan). Di tempat ini ruangannya memang tidak terlalu besar, namun penataannya membuat banyak pengunjungnya betah: rapi dan bersih. Di dalamnya serba India. Di sini ada pernak-pernik yang serba India hingga tayangan film India yang diputar di televisi.

Di rumah makan Taste of India ini tersedia pilihan menu chicken pakora, chicken shaslik, palak paneer, daal tarka, kashmir polau, dan sajian menu lainnya. Masakan yang dihidangkan dimasak oleh para koki dari India. Sebagai sajian penutup, Anda bisa memesan varian minuman menyegarkan yang tersedia mulai dari yogurt mangga, mango lasie, dan lainnya. 

Di rumah makan ini tersedia juga masakan Eropa, Chinese, dan kuliner ala  Thailand. Untuk kehalalannya, dijamin 100% halal. Menu yang disediakan lumayan banyak. Ada pula booklet berisi daftar menu khusus untuk Chef Specialties. Daftar menu tersebut menggunakan bahasa India dan bahasa Inggris. Namun, tenang ada ada juga penjelasannya dalam bahasa Indonesia.

Bila Anda ingin mencoba menjajal kuliner India lainnya, bisa ke daerah lebih atas lagi. Ada  K99 Curry House yang terletak di Jalan Radjiman No. 29 Bandung. Sementara jika Anda ingin menikmati sajian khas India sekaligus belanja pakaian di Pasar Baru Bandung, bisa mengunjungi rumah makan Curry Corner yang terletak di Foodcourt Pasar Baru Bandung.

Peta Rumah Makan Taste of India: Lihat di Sini