Review

Cafe dan Galeri Seni Lawangwangi: Menikmati Bandung dari Ketinggian Kawasan Dago




Cafe dan Galeri Seni Lawangwangi Dagor Giri Bandung.jpg

Dago, kawasan di Bandung utara yang tetap menjadi primadona bagi para wisatawan dari luar Bandung. Udaranya yang sejuk dan menyajikan pemandangan alam yang indah kerap menyimpan memori tersendiri bagi yang berwisata ke Bandung. Di kawasan ini, pengunjung bisa ngadaweung alias duduk bersantai sambil menikmati alam yang dipenuhi pepohonan hijau. Jika ingin lari sejenak dari ingar bingar perkotaan atau ruwetnya pekerjaan, di sini akan berganti dengan suasana penuh ketenangan yang berpadu dengan alam khas Kota Kembang.

Salah satu kawasan yang kini menjadi favorit wisatawan adalah daerah Dago Giri.  Kawasan ini terletak sebelah utara Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda yang biasa menjadi jalur alternatif ke Lembang. Walaupun kawasan ini kini sebagian berubah jadi perumahan mewah, namun pesona alam Bandung utara tetap menggoda untuk didatangi. Salah satunya ada sebuah galeri sekaligus cafe yang bernama Lawangwangi Creative Space Café. Tempat yang dulunya bernama Art and Science Estate ini cocok buat nongkrong sambil menyantap kuliner sekaligus mengapresiasi karya-karya seni.

Menikmati Indahnya Kawasan Bandung Utara
Kawasan tempat berdirinya Lawangwangi ini termasuk memiliki kontur ala Bandung utara yang berbukit-bukit. Namun inilah salah satu tempat yang cocok untuk melihat lanskap Bandung dari ketinggian. Cafe dan galeri ini memiliki nuansa yang eksklusif namun bisa dikunjungi beragam kalangan. Bangunan Lawangwangi terdiri dari dua lantai. Dimana lantai Lantai dasar digunakan untuk pameran karya-karya seni (fotografi, sinematografi, lukisan, alat musik tradisional, produk-produk handcraft, dan lain-lain). Sementara lantai dua/atas merupakan tempat makan.

Di lantai atas pula, pengunjung bisa menyantap hidangan sekaligus menikmati indahnya view kawasan Bandung. Bagi Anda yang ingin mengabadikan keindahan Bandung utara sekaligus ber-selfie ria, bagian luar merupakan spot yang sangat cocok untuk juprat-jepret. Anda bisa berfoto dengan pemandangan alam sekitar Bandung utara dan tentunya sambil menikmati hawa Bandung yang tiris (dingin) namun menyejukkan. Pilihlah waktu yang tepat saat ke sini, misalnya hindari saat langit mendung. Atau Anda pun bisa memilih datang setelah magrib untuk lebih merasakan sensasi melihat kawasan Bandung di malam hari.

Bagi Anda kaum muda-mudi yang ingin menikmati indahnya malam, tempat di luar ini bisa menjadi objek untuk mengambil foto pemandangan plus menikmati suasana romantis. Dari atas ini, Anda bisa melihat lampu kota yang patingbaranang (bersinar memancar) ditambah lilin di meja yang menjadikan malam makin romantis. Bagian ruangan ada satu jembatan yang biasa digunakan untuk pengunjung nongkrong dan foto-fotoan.

Aneka Sajian Menu di Lawangwangi
Di Lawangwangi, Anda bisa memesan aneka makanan dan minuman, seperti BBQ chicken wing,  sop buntut bakar taliwang, calamari, fish and chips, salad, squash, softdrink, milkshake, cappucino, fruit tea, dan lainnya. Untuk harganya lumayan terjangkau. Siapkan saja budget Anda di kisaran harga per menu makanan Rp. 30.000 - Rp. 50.000. Sedangkan harga minuman, siapkan saja kisaran harga Rp. 15.000 - Rp. 25.000.

Inilah yang menjadikan tempat ini banyak dikunjungi wisatawan, terutama dari luar Bandung. Walaupun tempatnya eksklusif namun sajian menu terjangkau dan tentunya yang tak bisa dibeli adalah pengalaman menikmati keindahan Bandung utara dari ketinggian. Cafe ini buka dari Selasa sampai Minggu dari pukul 11.00 sampai pukul 22.00. Untuk hari Sabtu buka lebih awal dari pukul 10.00 sampai pukul 23.00.

Rute Menuju Lawangwangi
Tempat ini memang paling ujung utara Kota Bandung dimana angkot hanya sampai Terminal Dago. Jadi, untuk ke tempat ini lebih baik menggunakan kendaraan pribadi atau sewa kendaraan. Rutenya dari arah Jembatan Pasupati keluar Jln. Ir. H. Juanda (Dago) terus saja sampai melewati Taman Hutan Raya Ir. H. Juandar (Tahura). Di sana jalan mentok ada dua jalan (sama-sama jalur ke Lembang), ambil jalan yang kiri.

Anda terus saja ikut jalan, lokasi Lawangwangi ada di sebelah kanan. Jalan yang Anda lewati adalah jalur alternatif ke Lembang via Punclut. Jadi, bagi Anda yang mau ke Lembang/Ciater dan tak ingin terjebak kemacetan, bisa memilih jalur ini. Nanti keluarnya di Pasar Panorama Lembang.

Lawangwangi Creative Space Café
Art Gallery, Design Space and Cafe
Jln. Dago Giri No.99A, Mekarwangi, Bandung
[lihat peta lokasi di sini]
Kontak (reservasi):
Telepon:
- (022) 2504065
- (022) 2504105
PIN BBM: 229344F7
Akun Twitter: @lawangwangibdg