Review

Pasar Barang Antik Cikapundung, Potensi Wisata Belanja di Bandung




Pasar Barang Antik Cikapundung Bandung

Bagi Anda yang ingin memutar waktu kembali ke memori  zaman dulu, bisa menjelajah pasar di Kota Bandung ini. Inilah sentra tempat jualan barang antik yang ada di tengah kota Bandung, yakni Pasar Cikapundung. Lokasinya di arah utara Jln. Ir. Sukarno (Cikapundung Timur), atau sebelah barat Jln. Braga. Dari kedua jalan tersebut, Anda tinggal jalan kaki ke Pasar Elektronik Cikapundung. Letaknya ada di lantai 3. Di sini, Anda bisa mengenang masa lalu dengan melihat barang-barang jaman baheula alias barang lawas yang dipajang di setiap jongko.

Seni Berburu Barang Antik
Di tempat ini, Anda bisa berwisata ke masa lalu dengan membeli aneka barang antik yang serba jadoel. Barang-barang antik di sini mempunyai nilai historis plus mempunyai estetika yang masih terjaga. Para penjual pun akan menjelaskan kondisi barang sesuai dengan kondisi barang tersebut. Misalnya kalau ada TV jadoel terlihat bagus namun kondisinya mati, maka si pedagang pun menjelaskan apa adanya.

Di sinilah, seni mendapatkan barang antik yakni selain bisa memiliki barang namun ada kepuasan batin tersendiri. Hal ini pun berlaku bagi para pedagang. Mereka adalah pemburu barang antik sejati yang rela berkeliling berbagai wilayah demi mencari barang antik. Mereka bukan sekadar berjualan, namun sudah menjadi jiwa sekaligus hobi. Jadi, Anda tak perlu sungkan untuk diskusi tentang barang antik yang tengah Anda incar.

Pasar yang tak pernah sepi pengunjung ini terdiri dari kios-kios yang tertata rapi. Di sini berjejar aneka barang dari lampu-lampu antik, tv dan radio jadoel, peralatan dapur, kursi-kursi bekas, piringan hitam, dan lainnya. Selain bisa membeli, Anda pun bisa menyewa barang-barang. Untuk harga sewa barang, silakan sesuaikan dengan kesepakatan antara Anda dan penjual. 

Barang Dalam dan Luar Negeri
Anda bisa mendapatkan barang-barang vintage buatan dalam maupun luar negeri, seperti Jerman, Belanda, dan Inggris. Di sinilah, dituntut untuk mengeluarkan pengetahuan Anda seputar barang yang akan dibeli. Selain itu, urusan nego dan ngobrol dengan penjual pun menjadi seni tersendiri. Apalagi jika Anda tahu kondisi barang. Misalnya, Anda bisa membeli radio jadoel yang tidak berfungsi namun nantinya Anda bisa memperbaikinya. Anda bisa memilih dan memilih barang antik yang diburu dari barang mainan jadoel, alat elektronik, peralatan dapur/rumah tangga, fotograri, hingga barang-barang yang berhubungan dengan musik.

Untuk dijelaskan secara deskriptif di sini rasanya sulit, mending Anda langsung mendatangi tempat ini. Soalnya, urusan barang antik bukan hanya sekadar ceuk beja (alias 'katanya') lebih baik lihat langsung. Anda bisa menikmati kepuasan tersendiri berkeliling melihat-lihat barang Antik yang ada di sini. Hanya sayangnya, pasar antik ini belum digarap maksimal sebagai salah satu potensi wisata belanja di Kota Bandung. Namun, siapa tahu ke depannya tempat ini mendapat perhatian lebih.

Dengan demikian, mungkin ke depannya pasar antik ini bisa menjadi magnet baru bagi lokasi wisata belanja unggulan di Bandung. Hal ini menyangkut bantuan pembenahan tata kelola, perbaikan fasilitas, juga upaya promosi dari pihak Pemkot maupun pihak lainnya. Untuk saat ini, para pedagang baru sebatas berkutat dalam komunitas antarpedagang, media jaringan hobbies/kolektor, juga berjualan secara militan, baik konvensional maupun via media online.

Nah, selepas dari tempat ini pun Anda bisa berwisata lainnya yakni ke: Gedung Merdeka, Cikapundung Riverspot, Kuliner Malam di Cikapundung Barat, nongkrong di Jln. Braga dan Jln. Asia Afrika, atau sekadar santai sejenak di Taman Alun-Alun depan Masjid Raya Jabar.

Pasar Barang Antik Cikapundung
Cikapundung Elektronic Center (CEC) Lt. 3
Jln. Pasar Cikapundung, Sumur Bandung

Kontak pedagang barang antik Cikapundung
Akun Instagram, telepon, dan PIN BBM:
- @vintagehomesolution (081222823378)
- @the_barangjadoel (081224281408 / BBM: 5859AC8E)
- @vintage_bandung (082310869965 / BBM: 51F498AB)

Dokumentasi Pasar Antik Cikapundung:
- Foto-foto lihat di sini
- Video tonton di sini